1.1 Pedang Qi Sungai Yangtze

348 22 4
                                    


Prolog


Di pinggiran barat Chengdu, kau dapat pergi ke hulu dari Baihuatan ke Pondok Jerami Du Fu. Pemandangan di sepanjang jalan sangat hijau dan terjal, mengelilingi Sungai Jinjiang di Chengdu.

Selama ribuan tahun, Aliran Jinjiang Huanhua telah menarik banyak penyair untuk singgah dan bernyanyi dengan pemandangannya yang indah. Penyair wanita terkenal Xue Tao dari Dinasti Tang pernah tinggal di Baihuatan dan menggunakan air bersih Aliran Huanhua untuk menciptakan berbagai warna yang indah pada catatan puisi yang disebut Catatan Xue Tao.

Hingga saat ini, terdapat bekas kediaman Xue Tao, Paviliun Chongli dan Menara Nyanyian Puisi di tepi kanan Sungai Jinjiang, yang telah menjadi tempat pemandangan terkenal di Chengdu. Selain itu, Kuil Zhuge Wuhou dan Makam Liu Bei di pinggiran selatan juga menjadi tempat wisata atraksi Du Fu berkata dalam puisinya tentang Kuil Zhuge Wuhou:

"Di manakah aku dapat menemukan aula leluhur Perdana Menteri? Di luar Kota Jinguan, terdapat banyak pepohonan. Rerumputan hijau memantulkan warna musim semi, dan suara oriole terdengar di langit melalui dedaunan. Tiga kunjungan sering kali mengganggu rencana dunia, dua dinasti membuka hati para veteran. Dia meninggal sebelum meninggalkan tentara, yang membuat sang pahlawan menangis."

Puisi ini ditulis oleh Du Fu saat berperahu di Sungai Huanhua. Sebelum Zhuge Liang meninggalkan Longzhong, dia membangun sebuah pondok jerami di Wolonggang, 20 mil sebelah barat Kota Xiangyang, untuk hidup dalam pengasingan dinamai Du Fu di Lapangan Longzhong. Dua baris puisi: "Tiga kunjungan untuk menyusahkan dunia, dua dinasti untuk membuka hati para menteri lama" tergantung di atasnya."

Orang lain mungkin tidak berpikir apa-apa, tetapi bagi Xiao Qiushui, putra ketiga Xiao Xilou, pemimpin Sekte Pedang Huanhua di Chengdu, Sichuan, secara khusus membawakan tiga puisi karena kedua baris ini ditulis dalam bahasa Jinjiang dan diukir dalam bahasa Longzhong, datang ke Hubei dari Sichuan hanya untuk melihat puisi penyair besar, serta bekas kediaman Zhuge Wuhou yang terkenal!

Xiao Xilou, kepala Sekte Pedang Huanhua, memiliki tiga putra dan satu putri. Putra tertua, Xiao Yiren, terkenal di dunia. Mungkin tidak ada pemuda yang lebih banyak akal dan cerdas daripada Xiao Yiren; putra kedua, Xiao Kaiyan, tenang dan terampil serta dikenal sebagai santo pelindung Sekte Pedang Huanhua; putra ketiga, adalah Xiao Qiushui. Dia belum terkenal di Jianghu, tidak memiliki kekuatan di dunia seni bela diri, tetapi dia adalah satu-satunya di keluarga Xiao yang telah melakukan perjalanan ratusan mil hanya untuk membaca dua baris puisi.

Tanpa diduga, ketika Xiao Qiushui melihatnya, dia melihat kisah tragis dan berapi-api tentang manusia yang maha kuasa dan ahli dalam seni bela diri.

Mereka yang menyukai kesatria dan keadilan menyesal karena mereka tidak bisa bahagia dengan dendam seperti para pahlawan itu. Mereka mencintai Wen Da, dunianya yang kesatria, perbuatan dan jiwa kesatrianya!

Fu Shan Hai (Goes to the Mountain and Sea) by Wen Rui'anTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang