🦋Note🦋

146K 4.1K 54
                                    

Aku bingung mau nyimpen part ini dimana. Soalnya kalo nyimpen ditengah-tengah asa ga estetik. Sebenernya kalo ga dibaca juga gapapa. Ini sedikit tambahan aja takutnya ada yang ga ngerti.

By the way, rai ngambil sumber ini dari Wikipedia. Tapi sama rai dirangkum lagi. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya teman-teman🤗

•••••

1. EMPEROR

Emperor adalah tingkat kebangsawanan dan penguasa monarki tertinggi dalam tingkatan kebangsawanan Eropa. Dalam bahasa Indonesia, gelar yang dapat disepadankan dengan emperor adalah kaisar dan maharaja. Dalam penggunaannya, kaisar lebih bersifat umum, sedangkan maharaja lebih berkonotasi pada kaisar Hindu. Wilayah kekuasaan emperor disebut empire yang dapat disejajarkan dengan "kekaisaran" atau "kemaharajaan" dalam bahasa Indonesia.

Bentuk wanita dari gelar ini adalah empress dan dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni empress regnant yang merupakan seorang wanita yang memerintah empire atas namanya sendiri atau empress consort yang merupakan istri dari emperor.

••••

2. KING

Gelar yang sepadan dalam bahasa Indonesia untuk king adalah raja dan wilayah kekuasaan king disebut kingdom, dapat disejajarkan dengan "kerajaan" dalam bahasa Indonesia. Kedudukan king (raja) secara umum berada di bawah emperor (kaisar atau maharaja). Bentuk wanita dari gelar ini adalah queen (ratu).

Ada pula sebutan High king, yaitu gelar yang digunakan oleh raja yang memiliki senioritas di atas raja yang lain.

•••••

3. DUKE

Duke adalah gelar kebangsawanan Eropa yang kedudukannya di bawah king. Penganugerahan gelar duke seringnya sangat terbatas pada keluarga kerajaan atau pada mereka yang dipandang memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan layak di mata keluarga kerajaan. Gelar di Indonesia yang dapat disepadankan dengan duke adalah adipati.

Bentuk wanita dari gelar ini adalah Duchess yang dapat mengindikasikan seorang wanita yang menyandang gelar tersebut atas namanya sendiri, atau hanya sebatas istri dari duke.

Wilayah kekuasaan duke atau duchess disebut duchy atau dukedom. Status duchy dapat berupa negara berdaulat ataupun wilayah bagian dari sebuah kerajaan (kingdom) atau kekaisaran (empire). Duchy dapat disepadankan dengan kadipaten di Indonesia.

••••

4. PRINCE

Prince adalah salah satu gelar kebangsawanan Eropa dalam bahasa Inggris dan disepadankan dengan "pangeran" dalam bahasa Indonesia. Bentuk wanita dari gelar ini adalah princess yang disepadankan dengan "putri" dalam bahasa Indonesia.

Meskipun sering diidentikan dengan gelar untuk keturunan raja atau kaisar, prince sebenarnya juga merupakan gelar untuk kepala monarki yang tingkatannya di bawah raja.

•••••

5. MARQUESS

Tanah kepemimpinan marquess disebut march atau mark, berada di tanah perbatasan negara. Hal ini menjadikan seorang marquess dipercaya untuk melindungi negara dari potensi serangan negara tetangga.

Wanita yang berada pada tingkatan ini, baik atas namanya sendiri maupun sebagai istri dari marquess, menyandang gelar marchioness.

•••••

6. COUNT

Count dapat diserupakan dengan gubernur yang memimpin sebuah provinsi atau wilayah lain yang lebih kecil. Wanita yang berada pada tingkatan ini baik atas namanya sendiri maupun istri dari Count, menyandang gelar Countess. Wilayah kekuasaannya disebut county.

•••••

7. EARL

Gelar Earl kedudukannya disamakan dengan Count. Tidak ada bentuk wanita dari kata earl, sehingga gelar countess menjadi sebutan bagi wanitanya.

Earl memiliki kewenangan terhadap wilayah mereka dan hak untuk pengadilan pada mahkamah provinsi sebagai duta raja. Mereka juga dapat menarik denda dan pajak.

•••••

8. VISCOUNT

Viscount adalah gelar kebangsawanan Eropa yang memiliki beberapa macam status, tetapi secara historis berada pada peringkat menengah bawah. Viscount ditugaskan sebagai wakil count dalam mengurus provinsi, dan sering bertanggung jawab atas masalah kehakiman.

Bentuk wanita dalam gelar ini adalah Viscountess.

•••••

9. BARON

Baron adalah gelar kehormatan yang kerap dapat diwariskan. Bentuk wanita dari gelar ini adalah baroness

•••••

10. BARONET

Baronet adalah gelar kehormatan turun-temurun yang tidak termasuk ke dalam peerage. Baronet tidak dipandang sebagai kelas bangsawan, atau termasuk bangsawan rendah. Bentuk wanitanya adalah baronetess.

•••••

11. KNIGHT (KSATRIA)

Gelar kehormatan yang dianugerahkan oleh pemimpin monarki atau pemimpin politik lain kepada mereka yang telah berjasa terhadap monarki atau negara, biasanya dalam bidang ketentaraan

•••••

Tambahan:

• PUTRA MAHKOTA atau pangeran turun-temurun adalah pewaris tahta kerajaan atau kekaisaran. Bentuk perempuan dari gelar ini adalah putri mahkota yang dapat merujuk pada pewaris tahta atau, khususnya pada masa lampau, kepada istri dari orang yang bergelar putra mahkota.

PEERAGE adalah sistem hukum yang secara historis tersusun dari beberapa gelar kebangsawanan (biasanya turun-temurun).

DÉBUTANTE adalah suatu peristiwa saat seorang perempuan atau laki-laki bangsawan muda pada umur tertentu pertama kali mengikuti pesta secara formal. Débutante juga dapat dikatakan sebagai awal mula seorang bangsawan masuk ke dalam lingkungan pergaulan sosial bangsawan

Lady adalah panggilan untuk wanita bangsawan. Biasanya diikuti oleh marganya. Tapi aku diikuti pake namanya biar kau orang tak pusing.

🔥🔥🔥

WELCOME TO THE KINGDOM OF DISTOPIA!!!

Distopia in the Moonlight (TAMAT)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang