9 | Another Fact

13.9K 1.1K 81
                                    

9 |Another Fact

×××

A. Tidak ada tanggal merah yang benar-benar libur

Nah, kalau dulu pas sekolah pasti kalian berharap tanggal merah karena pelajaran kalian hari itu bakal hilang. Tapi, ini nggak berlaku buat kalian yang udah kuliah.

Setiap tanggal merah, pelajaran di hari tersebut akan digeserkan menjadi jadwal pengganti. So, mau gimana juga nggak berguna amat tanggal merah.

Begitu juga dengan Haripitnas (Hari Kejepit Nasional) yang nggak berlaku lagi di jadwal kuliah kalian.

B. Satu semester bukanlah enam bulan

Kalau sekolah itu satu semester, biasanya kalau kuliah itu hanya sekitar tiga sampai empat bulan. Nah, di setiap universitas itu berbeda ya sistem pembagian semesternya.

Kalau di universitas gue sih, per semester itu 14 kali pertemuan. Nah biasanya beda-beda, ada yang 21 SKS (21 jam pelajaran ya, bukan 21 mata pelajaran)

Tapi, sistem pembayaran kuliah itu biasanya per semester. Nah ada biaya pengembangan, biaya SKS, biaya inggris gitu juga (TOEFL)  dll lah.

C. Sistem rapor bukan lagi angka 10-100

Nah, ini nih yang bikin banyak anak sekolah bingung.

Sebenarnya input nilai itu masih normal, cuma pas akhirnya bakal dikonversi jadi angka 1-4

Kalau Ipk kalian dapat 4 artinya kalian jenius, kalau 3/ 3 lewat kalian udah dianggap pinter.

Nah kalau 2/1 gitu kalian dianggap kurang menguasai pelajaran.

Kalau bisa nih ya masukan buat kalian ... terus jaga Ipk kalian stabil, soalnya ngaruh ke rata-rata Ipk di akhir kelulusan.

D. Nggak ada lagi yang marah

Ini true banget. Kalau kalian mau bolos kuliah, nggak dicariin kok apalagi sampai didatengin ke warnet terdekat /eh/

Terus kalau nggak kerjain tugas, ya sisa siap-siap nilai akhirnya jelek atau bahkan gak lulus mata kuliah.

Sayangnya, setelah masuk kuliah sering kali nggak ada yang marahin kalau pergi sama cewek/cowok lain. Doinya sendiri juga udah kepincut sama yang lain, #ups #maafkanmuluthinaini #muluthina #akupenuhdosa

E. Spare time yang sebenarnya membuang waktu

Kalau ini ... cukup lapang dada aja ya :)

Jam kuliah itu nggak sama kayak jam sekolah yang padat. Jam kuliah itu ... bisa full dari pagi sampai sore, tapi bisa juga satu hari cuma satu pelajaran yang isinya 2-3 SKS.

Kalau rumahnya deket sama kampus sih oke aja, lah kalau kayak gue?

Dari kampus ke rumah aja butuh waktu dua jam (terhitung macet dan jauhnya ya)

Berasa kuliyah di Jakarta.

Belum lagi sayang ongkos kalau cuma satu pelajaran. Hem, sakitnya tuh di kantong.

×××

Sekiyan,

Met cuci mata sama pelajaran ya :(

Di kampus belum tentu ada cogan yang bisa dijadiin obyek cuci mata kok. Kalau di kampus ada? HAHA, ITU REZEKI.

Fala.

Diary Anak KuliahanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang