41 | "Gue Pengin Cepet Lulus."
xxx
Kayaknya kata-kata di atas itu benar-benar sering kita dengar. Mau di tingkat SMP atau SMA dan bahkan kuliah. Yap, gue juga pengin cepet lulus. Kerja, nyari duit dan hidup kaya. WKkwk
Tapi, nggak semua hal akan berjalan mudah.
Kalau pada tingkat SMP dan SMA, gue ngerasa kayaknya jadi anak kuliahan itu enak. Widih, keren gitu. Bisa pake baju bebas bukan seragam, terus rambutnya bebas dicat. Terus bisa dibilang "mahasiswa" dan "dewasa".
Tapi, setelah mencicipi bangku kuliah, hem...
Gue malah pikir kalau menjadi anak sekolah itu enak. Di kuliah, gue berasa jadi... "harus" dewasa, mandiri dan cerdas supaya bisa masuk ke dunia kerja. Karena hidup nggak se-simple itu. Setelah kuliah... inilah pertempuran yang sesungguhnya.
Kali ini, gue bakal bahas tentang soft skills yang gue dapat semasa kuliah untuk bekal memasuki dunia kerja.
1. CV
CV atau Curriculum Vitae itu dokumen yang menggambarkan pengalaman yang kita miliki. Biasanya, CV digunakan para calon pelamar kerja. Tapi, apa aja sih konten CV?
Kalau yang diajarin sama bagian career planning di kampus gue, ada:
A. Head
Di bagian head itu ada: Nama kamu, Foto pas kamu (di bagian kiri), alamat tempat tinggal + nomer telepon, alamat email. Untuk ukuran pas foto itu kalau nggak salah ukuran 3x4, harus memakai kemeja dan rapi gitu keliatan muka heheheh jangan pakai topeng Scream ya tar HRDnya jantungan.
*) Maaf ya nggak dicontohin fotonya. Hehehe
B. Employeement Objective
Kalau di sini, kalian menjelaskan tentang peminatan kalian saat sekolah atau kuliah. Misalnya, si A dia dari jurusan Manajemen dan pendalaman di bidang Marketing. Khususnya bidang digital marketing.
Jadi dia bisa nulis:
A career in Management, specifically in the areas of Marketing Business Management that will optimally utilize strong analytical skills as well as digital marketing skills.
KAMU SEDANG MEMBACA
Diary Anak Kuliahan
Non-FictionBuat kalian-kalian yang merasa kalau dunia kuliah itu enak dibanding sekolah ... kalian butuh banyak baca buku ini! Di sini semua ilmu perihal dunia kuliah yang gue alami, akan gue bagikan cuma-cuma untuk kalian. Happy reading! (asal jangan ikut j...