79 | Don't Use To Do List

1K 87 8
                                    

79 | Don't Use To Do List

×××

Masih ingat dengan cerita gue tentang "breathtaking information"? Sekarang gue akan lanjut pembahasan itu dengan informasi tambahan.

Jadi teman-teman, gue mendapatkan deadline bab 1 skripsi, TOEFL, laporan ppt KP (mencari masalah dan solusi di tempat KP) dan masih ada beberapa kesibukan gue seperti: pekerjaan magang, kesibukan organisasi ospek (yap, taun ini gue masih megang ospek tapi tahun terakhir ehhehehheheh)

Pusing? Kepala aku mau pecah rasanyaaa wkwkkwkw gatau mesti ngerjain yang mana duluan.

Terus, aku mulai menuliskan list pekerjaan yang harus aku selesaikan. Yang biasa kita sebut sebagai "To Do List".

Tapi ternyata, 5 hari kemudian tugas gue makin bertumpuk dan gue makin nggak bisa manajemen waktu. Satu pertanyaan gue: "WHAIIII?"

Tapi, gue akhirnya stop pakelai To do list dan 5 hari kemudian? Pekerjaan gue selesai.

Lalu? Apa yang berubah?

DON'T USE TO DO LIST

Mungkin kalian pernah membaca artikel kalau orang sukses nggak pakai to do list. Atau mungkin kalian yang kepo, bisa baca di link ini:

https://www.jotform.com/blog/to-do-list-alternative/

Dulu itu gue malah ngetawain. Wkwkwkwk durhaka emang, kualat gue. Dulu gue bilang si penulis artikelnya sok tau banget.

Dan ternyata mereka benar.

Kalau dari rata2 artikel, gue menangkap to do list ini hanya berisi kerjaan apa aja yang perlu kita selesaikan. Tapi, kita nggak ada settingan waktu, deadline dll. Dan itu, adalah kunci kejatuhan manusia manusia hinyai kayak gue wkwkkwkwkkwkw

gue jadi ngerasa "masih ada hari esok" atau "ah tar dulu deh, gue nonton 1 eps drama aja dulu baru kerjain deh" atau "ih gila gue bucinin oppa dulu dah. Kesempatan live tuh gak dateng dua kali tau!"

Dan yahhh... alasan-alasan seperti itu membuat kita jadi malas, nggak ada perjuangan dan akhirnya membuat tugas bertumpuk.

LANTAS, KITA HARUS GIMANA?

Ini adalah saran dari guee:

1. Set your own deadline

Di kuliahan gue semakin merasakan sebuah perjuangan "sekolah". Apa kalian juga merasakan yang sama? Kalau dulu gue sekolah, PR itu ditagihin dan sekarang kuliah itu nggak.

Lo nggak ngerjain PR? Waktu sekolah sih pasti ada hukuman, dimarahin guru dlsb. Tapi di kuliah? Ya bodo amat wkwkw kita yang harus ngemis nilai gitu sama dosen broh! Dosen mah bodo amat sisa ngasih D atau E.

Jadi, ketika kalian punya pekerjaan: buat target waktu selesai.

Misalnya:

PROPOSAL BAB 1 (deadline kampus: 7 Agustus) tapi kita bilang ke diri sendiri: deadlinenya minggu depan ya :)

Gak mau tau :)

Kalian ngerasa gak sih kalau orang suka ngasih tugas berat terus deadlinenya ga rasional? Wkwkkww gue suka banget loh memaki hal spt itu. Tapi sekarang, senjata makan tuan. Gue jadi belajar, kalau deadline mepet itu bener2 bikin otak kita encer dan bisa gercep aturin pekerjaan.

2. Daily To Do List

Jujur aja, saran ini nggak pernah gue pake. Tapi, teman gue ada yang make hal ini dan menurut dia tipe daily to do list itu cocok ke doi.

Jadi... dia itu suka menuliskan kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya. Misalnya:

SENIN
- revisi bab 1
- cari bahan TOEFL
- belanja bulanan
- ketemu dosen pembimbing magang

Nah... kalau menurut doi, ketika lo udah ngerjain tugas di to do list versi lo di hari itu, ya udah lo bebas. Bisa main, bisa langsung cabut pas diajak temen, atau main PUBG sampe mampus wkwkkww maafkan gais, aku kasar :(

NAH, KALAU KALIAN ADA SARAN LAIN GAK NIH BUAT DIBAGI KE AKU? Siapa tau kalian ada ide lain yang bagus juga boleh dong bagi di kolom komentar :)

Diary Anak KuliahanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang