20 | Pengalaman Pra Ospek

9.3K 721 39
                                    

20 | Pengalaman Pra OSPEK

xxx


Seperti yang pernah gue bilang sebelumnya, kampus gue nggak mengadakan OSPEK. Hanya aja, kami membuat acara outbond buat para mahasiswa baru. Nah, mereka itu membuka penerimaan mentor gitu. 

Awalnya, gue sih nggak yakin. Masih dilema mau ikutan daftar atau nggak, karena mendengar katanya seleksi panitia ini bakal sulit. Dan, berkat mama yang bilang: "Kalau kamu pengin, ya ikut. Jangan tunggu menyesal di kemudian hari." akhirnya gue nekat daftar. 

Ada serangkaian penyisihan. Pertama, sesi pendaftaran aja diseleksi. Terus lanjut ke tes fisik. Jujur aja ya, gue itu nggak pernah olahraga. Pas gue SMK aja, gue sampai dimarahin guru OR gara-gara nggak pernah ikutan OR. Gue bilang kalau gue itu nggak kuat lari, tapi malah gue diketawain sama guru OR gue wkwkw katanya: "Betisnya gede gitu mau bohong nggak kuat lari." 

PELIS, ini diskriminasi wkkwkwkw

Betis gue emang nggak kayak tusuk gigi yang kayaknya ketiup angin aja patah :(

Tapi, gue paling nggak kuat dah lari-lari gitu. 

Akhirnya, gue nekat buat lari di lapangan Saraga Bandung (atau Sabuga gitu ya?) dan hasilnya cuma dapet 4,5 keliling. Itu aja gue bersyukur nggak pingsan lah wkkwkw. Pas denger yang lain bilang rata-rata lari mereka itu 5-6 keliling. Ada yang sampe belasan. Dan, itu membuat gue makin syedih. Udah dapet feeling nggak bakal lolos :(

Yang lucunya, temen gue (cewek) bawain gula merah. Katanya suruh isep pas lari, biar nggak cepet capek. Katanya dia sih, begini cara TNI biar gak capek meski disuruh lari terus. 

Gue akhirnya ngikutin. Ngisep gula merah itu tanpa menggigitnya. 

Masalahnya... tetap aja gue nggak kuat :( gue udah ngos-ngosan pas 2 keliling, mata gue udah berkunang-kunang wkwkkw.

Tapi... gue lolos dong! Suatu mukjizat kqkkwkw

Terus, setelah tes fisik itu, gue disuruh datang wawancara. Pertanyaannya aneh-aneh. Ada:

1. Coba sebutin 5 kegunaan lain dari uang logam 500an, selain fungsi utamanya: menjadi uang (Hayo coba tulis di komentar dalam waktu 10 detik :v)

2. Apa alasan daftar jadi mentor di penerimaan mahasiswa baru? 

BUAT NGECENGIN DEDEQ GEMEZ DONG! WKWKWK

Lol, itu nggak serius. Gue bercanda doang (meski salah satu motif gue emang buat cuci mata :v)

Dan... dari beberapa orang yang lolos di tes fisik juga mendapat pertanyaan yang berbeda. 

Ternyata, gue juga lolos di wawancara!

Gue pikir, akhirnya gue jadi mentor AKHHH, KYAAA, UGHHH, AHHH

Eh, ternyata masih ada penyisihan terakhir. 


Waktu itu hari Sabtu, dan gue mengingat persis gue satu kelompok sama 2 temen sejurusan (sekaligus sekelas), yang satu cewek (sebut saja Ayam) yang satu lagi cowok (sebut saja Bebek)

Ternyata, tes itu adalah tes team work. Kalau nggak salah, satu kelompok itu ber-5. 

Di gue ada anggotanya: gue, ayam, bebek, 2 cowok lagi (sebut saja kambing dan sapi)

Kalau nggak salah, total kelompok itu ada 6, jadi kira-kira ada 30 orang yang ada di penyisihan tingkat akhir itu. Jujur aja, gue gak ada rasa percaya diri, gue melawan 29 orang lainnya untuk merebut posisi 12 mentor. 

Cuma pola pikir gue waktu itu: Kalau lolos ya bersyukur, kalau nggak lolos ya jadiin pengalaman.

Ternyata tes team work itu kayak main game-game gitu. 

Rangkaian game:

1. Disuruh melepaskan diri dari ikatan kusut yang mengikat tangan (iykwim)

2. Disuruh buat bentuk "semut" dari tubuh kita (ber5 jadi binatang semut)

3. Ajak orang boomerang, dan buat kata "REACT"

4. Berjalan dengan kaki yang terikat sama temen samping kanan kiri


Sepanjang game, gue banyak ketawa. Apalagi kita nggak cuma tes di kampus. Kita keliling beberapa taman gitu. Dan waktu itu disuruh kumpulin uang seorang 10k, buat jadi transport dan makan. Jadinya, kita semua irit banget. WKWKW

Dikira bakal ditagih sisa duitnya berapa duit. Jadi kami makan cuma pake tahu kalo ga salah. Kasian banget wkwkkw

Dan terakhir, kami diwawancara lagi.

Jujur aja, itu masa yang deg-degan. Gue menjawab sambil agak sedih. Mungkin gue lolos, dan ada yang nggak atau mungkin gue nggak lolos. Gue sih mikirnya gue nggak akan lolos, mengingat gue introvert dan jarang ngomong.

Setelah sesi wawancara itu, kami disuruh tunggu 30 menit.

ITU DEG-DEGAN BANGET!

Apalagi, setelah 30 menit itu, kita-kita dibagiin amplop dan disuruh pulang :( Katanya, jangan dibuka kalau belom sampai ke rumah :(

Gue inget banget, waktu itu tangan gue tiba-tiba dingin, gue deg-degan!

Tapi... di tengah jalan gue udah nggak sabaran apakah gue lolos atau nggak.

TAUNYA GUE LOLOS!


GUE SENENG MINTA AMPUN EDANNNNN

Tapi, sayangnya, temen sekelompok gue ada dua orang yang tersisih. Si ayam dan kambing. Bebek dan sapi keterima bareng gue :') jujur aja gue nggak enak sama si ayam, gara-gara dia udah banyak bantu gue, belum lagi dia lebih aktif dibandingkan gue. 

To be continue... 

Nb: gue mungkin akan aplot foto isi amplop itu di chapter lanjutannya kalau banyak yang antusias wkkwkw (tapi, gue tetap sensor beberapa hal)

Diary Anak KuliahanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang