87 | Akhirnya Kelar (Sidang 1)
×××
AAAAAAÀAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
AKHIRNYA GUE UDAH SIDANG KEMAJUAN 1! YEAY
Kali ini, gue mau cerita tentang sidang gue wkwkkwkwkkwkw sidang yang mungkin paling membuat gue lemes. Jadi, gue sidang jam 12. Kebetulan jam 11.20 udah sampai di ruangannya. Seperti biasa: deg-degan wkkwkwkkwwk gue mulai joget joget, nyanyi nyanyi kayak orang gila. Kata temen gue, gue keliatan happy banget hari ini wkwkkw padahal gue sangat tegang dan berbuat spt itu buat menenangkan diri gue.
Kebetulan gue mendapatkan urutan pertama. Ehe.
Kemudian 11.55, dosen penguji 1 gue masuk ketika gue lagi boomerang maju mundur sambil jempolnya muter (kayak lagi dangdutan gitu) wkwkkwkwk beberapa waktu sblmnya, gue udah bilang jangan sampe dosen masuk gue malah aneh-aneh gitu.
Eh, malah kejadian wkwk.
Dosennya masuk dan mundur lagi sambil bilang "gapapa kalau mau dilakuin,saya keluar dulu"
Ya malu lah gue. Terus langsung jaim gitu kayak putri kerajaan (yang suaranya halus terus tangannya diem) padahal biasanya bringas kayak orangutan. EH. Wkkwkw
Kemudian jam 12 dimulai, dosen pembimbing dan dosen penguji 2 gue belom masuk. Jadinya, doi malah nanya2 gue dulu sebelum gue presentasi.
Katanya "Sociolla itu MLM?"
WKWKKWKWK gue kaget sih. Dosen penguji gue emang cowok, tp gaada kelintas sekalipun di benak gue kalau di bakal ngira Sociolla sbg bisnis MLM.
Note: Maaf ya Sociolla, ini ga menghina. Ini cuma curhatan gue biar di masa depan gue bisa baca cerita ini.
Akhirnya, gue ngeceritain singkat ttg Sociolla sblm sidang gue wkkwkw bahkan, dia udah bilang banyak loh yang perlu gue revisi. Yaah, dosen ini emang ngambil semua bab 1-3 anak yang bakal diuji sehari sebelumnya. Jadi pas masuk ruangan, doi udah ngelipet buku (rata2 kertas yang dilipet itu 3/4 dari keseluruhan btw 🙃🙃)
Nah, gak lama kemudian dospem dan dosen penguji 2 gue masuk. Dan gue mulai presentasi.
Sebenarnya, presentasinya cukup lancar. Pertama kalinya, gue bikin cheatsheet di PPT (di bagian notes gue nulis catetan) padahal biasanya nggak pernah. Temen gue sampe bilang: "Ini pertama kalinya lo pake catetan di PPT dan itu aneh. Lo keliatan ngebaca gitu."
Tapi, iya sih. Gue takut banget salah ngejelasin. Bab 2 gue itu ada 28 halaman teori dan harus gue ringkas jadi 1 slide. Jadinya gue cuma nyantumin judul2 teori yang gue ambil sbg landasan teori 🙃🙃🙃. Belum cukup sampai di situ, ketika gue mengucapkan "sekian presentasi saya, terima kasih." dosen penguji langsung bertanya panjang x lembar x tinggi x dalem.
Yaampun, serem wkwkkwkw.
Gue dari yang suaranya semangat, sampai penutupan sidang jadi lemes banget (bahkan temen gue juga mengakuinya wkwkkw)
Pertanyaannya unik dan membuat gue seketika blank (sekarang gue merasa menyesal kenapa gak argumen lebih semangat dan malah iya iya) di satu sisi gue nggak boleh terlalu keukeuh (bahasa indo: keras kepala) tapi nggak boleh terlalu letoy kayak nggak menguasai materi.
Pertanyaan gue yang paling membuat sedih itu:
Gimana caranya produk di Sociolla bisa meningkatkan image orangnya? Padahal si orang itu kan kosmetiknya juga nggak merek Sociolla dan pas dipake juga di pipinya atau di jidatnya gak bertuliskan "saya beli di sociolla"
Gue berharap kalau ini cuma acara dunia lain. Wkwkkw kalau gak kuat gue bisa lambaiin tangan ke kamera. Tapi nyatanya, gue malah lemes sumpah wkekkw gue jadi gatau mesti jawab apa.
Jujur aja, revisi gue banyakan mengenai typo, penulisan dan kutipan gitu. Tapi, pertanyaan dr dosen2 penguji itu juga harus bs diberikan argumen dengan jurnal.
Hem.
Revisi lagi
Revisi lagi
Revisi lagiSingkatnya, gue lemes banget. Sampe dosen pembimbing gue bilang kalau gue nggak presentasi kayak biasanya dan wanti wanti gue kalau nanti sidang akhir gue kayak gini, nilai gue nggak akan dpt A. Artinya gue kan nggak menguasai materi gue.
ARGHHHHHHAGQGGRBWM.ZJXIW ZG7QKQBDUWIQMZKXCUDUEKE.
Gue pengin ilang ke Antartika aja. Ketemu pinguin.
Untungnya, sidang 1 ini gak ada nilai. Atau nggak gue jamin gue dapet jelek wkwkkww
Di satu sisi, revisi ini cuma berjangka seminggu dan tanggal 17 nanti udah harus nyebarin kuisioner. Kemudian, tgl 13 November udah ngumpulin bab 4-5. Berarti gue cuma punya waktu ngumpulin data + ngolah data: 27 hari.
HAHAHAHHAHA 🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃HAHAHHAHAHA
Pengen nangis atau pengen ketawa gitu ya?
Tapi di sisi lain, gue mau bilang kepada diri gue sendiri wkwkkw "Makasih ya, Pabiony. Kamu sudah berjuang sejauh ini. Jangan nyerah, oke?"
Gue buat satu quotes baru hehe
Semua orang yang berhasil itu bukan karena mereka "mampu" ataupun "hebat". Tetapi, mereka bernapas dengan ketakutan. Menjadikan ketakutan sebagai alasan untuk tetap kuat, tetap berjuang dan tetap melakukan yang terbaik.
Ehe, bagus ga ya? WKWKKW
Boleh dong share juga yang udah pernah sidang sarjana atau sidang kayak gue~~~
Gue pengin baca cerita-cerita kalian lohhh 😘 untuk menghibur diri sebelum tenggelam bersama revisi-revisi 🙃🙃🙃🙃
Buat sidang selanjutnya...
Pabiony, 加油!!!
KAMU SEDANG MEMBACA
Diary Anak Kuliahan
Non-FictionBuat kalian-kalian yang merasa kalau dunia kuliah itu enak dibanding sekolah ... kalian butuh banyak baca buku ini! Di sini semua ilmu perihal dunia kuliah yang gue alami, akan gue bagikan cuma-cuma untuk kalian. Happy reading! (asal jangan ikut j...