65 | Pra-Kerja Praktik

1.2K 86 7
                                    

65 | Pra-Kerja Praktik

xxx

Sumpah ya, entah kenapa kuliah itu terasa sangat cepat wkkwk perasaan baru-baru ini gue curhat kalau gue udah duduk di semester 6, dan sekarang? bahkan kuliah gue sisa 4 pertemuan lagi dan awal Mei nanti gue akan UAS. 

P.S: 4 minggu sebelum UAS biasanya itu puncak kesibukan kalian, tubes (tugas besar) numpuk semua dan berteriak minta dikerjain (tapi males lol) wkkw

Nah, sebelum gue kembali nugas dan bergelut dengan jam tidur yang semakin sedikit, gue akan bahas tentang Kerja Praktik. 

Apakah kalian tahu apa itu Kerja Praktik?

Kerja Praktik atau Magang ini biasanya diwajibkan di universitas-universitas dimana mahasiswa disuruh "terjun" ke dunia kerja yang asli dan melihat gimana sih kerja itu. Biasanya sih, yang diwajibkan oleh sekolah atau universitas itu 240 jam (sekitar 2 bulan). 

Nah, ternyata di setiap universitas itu berbeda loh. Di universitas temen gue yang negeri mereka malah kayak bisa milih mau kerja praktik atau kayak kerja ke desa-desa gitu. Apa ya namanya? Gue lupa.. mungkin yang tahu bisa bantu jelasin lagi di kolom komentar :)

Nah, tapi... kalau di B*IN*S, temen gue kerja praktiknya setahun. Lama bet dahh wkkw tapi enaknya udah bisa jadi kayak pegawai tetap. Bahkan temen gue digaji loh :) lumayan gajinya wkkw di atas 5 jt (dia posisi di Jakarta)

Kalau gue sendiri... dulu pernah magang soalnya gue kan SMK, dan dulu gue disuruh magang lebih banyak waktunya (280 jam). Jadi, setidaknya ada gambaran lah kalau KP nanti mirip gimana. 

Buat kalian yang mau Kerja Praktik, saran aku coba lamar magang di perusahaan impian kalian. Seperti contoh, kalian pengin banget nih kerja di Shop**, kalian coba daftar magang di sana, cari informasi gitu. Siapa tahu, kalau kalian tembus perusahaan besar gitu dan kinerja magang kalian memuaskan, kalian jadi bisa ditarik sebagai pegawai tetap. 

Tapi gais, aku ingetin dulu ya... perusahaan besar itu juga menetapkan magang yang cukup lama. Pertama, mereka itu minimal 3 bulan (ini juga jarang, biasanya suka 6 bulan gitu). Kedua, seleksi mereka sangat ketat (dan biasanya mereka mengincar mahasiswa dari universitas bereputasi wkkw ini yang sedih mah). Ketiga, banyak perusahaan besar itu di Jakarta, kalian mau nggak kalau mesti ke Jakarta magang tapi gak digaji sama perusahaannya?

Nah, sebelum masuk ke part cerita-cerita gue soal kerja praktik.. gue mau sharing nih dokumen apa aja yang kalian perlu buat untuk daftar magang :)

1. CV

Curicullum Vitae (CV) ini udah pernah gue bahas di part 41 | "Gue Pengin Cepat Lulus"mungkin kalian bisa lagi liat panduannya di sana :) tapi, karena ini buat magang, gue sedikit memodifikasi CV gue seperti saran temen gue. Yaitu dengan Canva. 

Nah, sekedar tips aja nih mungkin kalian bisa masukin di CV (yang didesain) kalian:

1. Foto Wajah yang profesional dan bukan selfie WAJIB

2. Nama jelas dan kontak (biasa isinya alamat, no tlp, email) WAJIB

3. Sekilas tentang edukasi kalian (kuliah dimana, jurusan apa, dan nanti penjurusan mau ambil apa) WAJIB

4. Achievement kalian selama kuliah (atau dari luar kuliah boleh) OPSIONAL

5. Pengalaman kalian (organisasi atau kerja boleh masukin) OPSIONAL 

6. Skills kalian (kalian bisa searching di Google kira-kira skills yang perlu dicantumin di CV tuh apa aja, soalnya pemilihan skills tiap orang berbeda) kalau gue isi skills gue itu: leadership, communication, time management, team work, creativity, critical thinking (jumlah si skills yang kalian mau cantumin pun bebas) OPSIONAL RASA WAJIB

7. Program yang kalian kuasai (misalnya photoshop atau office) OPSIONAL

2. Cover Letter

Nah, kalau cover letter ini kalian bisa 2 opsi: 

- Dari kampus, biasanya kampus juga nyediain surat pengantar begitu

- Diri sendiri. Kalau soal ini sebenarnya aku juga nggak pernah buat dan baru kemarin juga buat sendiri nyontek di google (cara membuat cover letter yang baik) 

.

.

.

Nah, sebelum semuanya, saran aku cari dulu perusahaan yang kalian incar ya. Coba cari informasi apa perusahaan itu menerima magang atau nggak. Nah, berhubung gue nggak bisa keluar Bandung dan nggak dibolehin mama juga, gue pun mencari 3 alternatif (disuruh kampus 3 alternatif ini mah) tempat magang.

Karena gue pengin nanti kerja di digital marketing, otomatis gue mau cari pengalaman di digital agencies begitu. Awalnya, gue sempet bingung banget nyari tempat KP. Bahkan gue nyari ada deh dari semester kemarin wkkwkw bahkan pas orang lain udah dapet tempat KP, gue masih galau mau KP dimana. 

Nah, kemarin gue menetapkan 3 perusahaan yang mau gue masuki. 

1. A

Mungkin kalian bisa search di Google, kalau perusahaan ini tuh digital strategy gitu. Nah gue berminat banget sama tempat ini soalnya gue liat kayak teman kerjanya tuh pada kompak, dan kayaknya enak gitu nyari pengalaman di perusahaan yang relate sama penjurusan gue nanti. Nah, sayangnya... jarak rumah gue ke kantor dia itu 12 KM wkkwkwk jauh juga :) 

2. B

Masih sama, ini perusahaan mirip-mirip sama yang A tadi. Nah, bedanya kalau perusahaan ini dekat sama kampus gue. Kalau gue mau bimbingan pun bisa jalan kaki (sekitar 15-20 menit) atau naik gojek grab (sekitar Rp 4-5K)

3. C

Nah, berhubung banyak anak Bandung yang mau di Y supermarket, gue menjadikan perusahaan ini di list terakhir. Mama gue sih suruhnya bukan di Ynya wkkw tapi di perusahaan C mereka. Karena emang jaraknya tuh deket dari rumah gue. Paling kalau naik motor 5 menit sampe. 

Menurut kalian, gue bakal kerja praktik dimana? wkkwkw sebelum gue cerita versi lengkapnya nih :)

Diary Anak KuliahanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang