Helooowww, kembali lagi dengan Pabiony yang sudah pengangguran saat ini hehhehe. Mari kita mulai pembahasan soft skills series yukkkk. Sebelumnya, gue pernah bahas soft skills tentang manajemen waktu di part 32 dan kebetulan gue melihat banyak banget dari kalian yang request tentang soft skills.
So, here we go.
Soft skills bisa dibilang sebagai kecerdasan secara emosional yang dimiliki seseorang. Bisa dibilang, soft skills itu bukan kemampuan otak (aka kepintaran secara harafiah). Nah, kenapa sih soft skills itu penting? Bisa dibilang soft skills ini sebagai penunjang supaya hard skills kamu semakin kelihatan dan lengkap.
Semakin modern, semakin banyak juga pekerjaan yang tergantikan oleh robot. Nah, apa sih yang bikin kita beda juga sama robot? Bisa dibilang kita itu bisa menciptakan ide-ide baru, sedangkan robot cuma diprogram untuk menjalankannya. Tapi, gimana sih berpikir kreatif?
Di bawah ini adalah beberapa masukan dari gue pribadi, dan ini nggak ada di internet (sepertinya sih ya heheh) dan semoga aja, tips and trick berpikir kreatif ala gue itu bisa dipake juga sama kalian heheh :) Ciao~
1. Melihat Trend Luar Negeri
Cara yang paling mudah itu buat tahu trend ke depannya di Indonesia itu dengan melihat trend di luar negeri. Menurut analisa gue sendiri, ketika suatu trend di luar negeri sedang booming, trend itu baru akan masuk ke kita sekitar 1-3 tahun kemudian. Contohnya aja: Boba.
Sebenarnya, trend boba itu di China udah ada dari tahun 2015. Bahkan, kalau kalian perhatiin di film-film China/Taiwan di tahun segituan, mereka itu udah menyelipkan boba milk tea di film mereka. Gue sempet nonton film Our Times
dan gue nonton ini di tahun 2019 kemarin wkwkkw pas di bagian awal kalau gak salah si tokoh utama minum boba (di meja kerjanya) gitu. Nah, kalau kita lihat, trend Chat*me, Gong Ch* dan lainnya baru masuk booming di tahun 2017-2019 (perbaikin ya kalau aku salah ehhehe) padahal contohnya aja Chat*me itu udah masuk di Indonesia sejak 2011 (dan kata mama gue, dulu Chat*me itu sepi banget gak ada yang beli).
Makin ke sini gue melihat trend luar negeri juga semakin cepat sih masuk ke Indonesia, apalagi dengan banyaknya orang bisnis yang bener-bener pikirannya terbuka. Sebagai contoh lainnya hehehhe:
Di Korea itu lagi booming roti bentuk ubi dan kentang asli. Di sana itu ini sampai ngantri panjang karena bentuk rotinya yang mirip banget sama bentuk aslinya.
Lucu kan? Iya lucu banget wkkwkw dan percayalah... suatu saat ini akan masuk ke Indonesia juga. Cuma mungkin nggak dalam waktu dekat. Nanti kalau misalkan suatu saat roti ini beneran booming, kalian harus promosiin gue pernah bahas ini ya KWKWKKWK canda guys.
2. Melihat Kebutuhan Masyarakat
INI POIN PENTINGG kwkwkwk kalau misalkan kalian lihat orang-orang yang diberi penghargaan karena inovasi mereka, sebenarnya mereka semua didasari dengan kebutuhan masyarakat lohhh. Contohnya:
Pencipta Tipe Ex (Bette Graham) yang kerjanya jadi sekretaris, terus dia lihat kalau misalkan salah ketik itu kan jadi ribet harus ngulang dari awal, apalagi kerjaannya dia itu harus tepat dan cepat gitu.
Terus,
Contoh yang paling dekat sama tempat gue itu adanya website www.covid19.bandung.go.id terus adanya website dan apps pikobar(pikobar.jabarprov.go.id) sebenarnya alasan inovasi ini kenapa? Supaya masyarakat tahu tentang covid dan perkembangan covid udah sejauh mana di Jawa Barat.
***
Menurut gue dua hal yang ada di atas itu adalah dasar untuk berpikir kreatif. Intinya dari berpikir kreatif itu kamu menemukan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi entah masyarakat, entah lingkungan kantor atau apapun pokoknya.
Kalian bisa juga nerapin berpikir kreatif ke doi.
Misalkan wkkwkwk doi kamu tipe yang suka makan. Kamu cari tahu dulu, kira-kira dia suka makan apa sih? Kira-kira dia ada alergi makanan gak? Kira-kira dia tuh paling anti makan apa?
Misalkan kamu udah tahu, oh si doi sukanya dimasakin ikan terus dia gak suka ayam. Ketika kamu masakin dia ikan, dia bahagianya jauhhhhh lebih banyak daripada ayam kan? HAHAHHA Tapi inget, tambahin cinta juga ya pas masak.
WKKWKW WAKTU NGETIK INI GUE GELI SENDIRI
Yah.... intinya seperti itu deh hehehehhe semoga aja ala gue ini bermanfaat buat kalian ya :) heheheheh semangat!
KAMU SEDANG MEMBACA
Diary Anak Kuliahan
Non-FictionBuat kalian-kalian yang merasa kalau dunia kuliah itu enak dibanding sekolah ... kalian butuh banyak baca buku ini! Di sini semua ilmu perihal dunia kuliah yang gue alami, akan gue bagikan cuma-cuma untuk kalian. Happy reading! (asal jangan ikut j...