95 | Hello, It's A Goodbye Part
xxx
Haloo... maafkan aku nggak bisa menepati janji kemarin langsung upload malem setelah sidang. Karena laptopku dan semua barangku dititip di kos temenku dan aku langsung cabut buat refreshing otak KWKWKKW
Jadi, mari kita mulai dari awal.
Pagi hari, gue bangun jam 7. Baca jurnal lagi, baca file QnA (Question and Answer) yang gue prediksi akan ditanyakan ke gue. Mulai deg-degan dan merasa gugup. Tapi, dari pagi banyak banget chat dan DM instagram gue yang udah menyemangati gue.
Jam 12 gue sidang, tapi jam 10 gue udah berangkat dari rumah. Biar jam 11 gue sampe duluan ke kampus wkkwkw tapi, gue malah ke kosan temen gue dulu makan mujigae promo paket joy 2 jadinya seorang 17 ribu (ditambahin diskon grab food soalnya) terus temen gue ngasih-ngasih kado ke gue (ada 2 orang) dan gue dan kedua teman gue yang ngasih gue hadiah ini sidang di hari yang sama.
Jam 11.30 gue berangkat ke kampus, dan mulai buka laptop, ambil draft TA yang ada di admin departemen dan akhirnya, gue mulai sidang jam 12 pas.
Jujur aja, pas sidang gue deg-degan sampe suara gue bergetar kayak orang mau nangis wkkwkwk gue sidang tanpa ditonton temen gue (katanya sih boleh ditonton tapi gue gamau banget wkkwkw). Awalnya, dosen penguji 1 gue bisik-bisik sama dosen pembimbing, nggak tau ngomongin apa sampe gue mulai kedistract gitu wkkwkwk tapi gue tarik napas dan menyelesaikan presentasi gue dengan cukup baik (menurut gue masih oke soalnya gue nggak banyak "ehm", "hmm" gitu wkwkw)
Dan mulailah sesi tanya jawab.
Pertamanya, dosen penguji gue bilang tolong typo dan daftar pustaka gue diperbaiki (karena emang masih ada salah sih wkwk) terus dia mulai nanya, kira-kira berapa banyak responden yang nggak valid, terus dia nanya gue "Apa kamu yakin penelitian kamu nggak salah? Soalnya ada bagian yang tidak berpengaruh dan hipotesis kamu salah"
Tapi, untungnya, pertanyaannya semua bisa gue jawab dari dosen penguji 1.
JUJUR GAES, DARI AWAL SAMPAI AKHIR SIDANG GUE NYENGIR TERUS BIAR KELIATAN KAYAK CONFIDENCE DAN NGGAK TAKUT DISIDANG WKWK PADAHAL KAKI ANE UDAH KEK JELII
Terus, dosen penguji 2 gue bertanya soal teori. Jujur aja, gue nggak ngerti pertanyaan yang dimaksud dia. Jadinya gue muter-muter. Terus juga, dia kayak kesel gitu pas gue jawabnya "salah" wkwkkw ujungnya gue jawab sih.
Jadi dia tuh nanya, brand love gue itu ada di bagian mana brand equity wkkw (anak manajemen pasti kenal ini) dan gue jadi sedikit berkecil hati wkkwkwk sepertinya nilai gue akan jelek sama dosen penguji 2 gue.
Terus, dosen pembimbing gue juga bertanya apa yang gue dapet dari penelitian ini, apa penelitian gue ini bisa dipakai di penelitian lain kayak e-commerce tokped, shopee dll gitu.
Terus gue disuruh keluar ruangan gitu jadi mereka bisa diskusi nilai dll. Nah, pas gue dipanggil lagi, diumumin lah:
"Selamat, kamu dinyatakan lulus dengan nilai A"
Yammpun itu gue udah bukan nyengir lagi wkkwkw bibir gue udah kayak bisa robek saking lebarnya gue senyum wkkwkw. Dan pas beresin barang2 gue, JADI GAIS AKU MEMBUAT PERMINTAAN SPONTAN WKKWK
"Pak, saya pengin banget foto sama dosen penguji sama dosen pembimbing. Saya tau ini aneh dan random banget tapi saya kepingin banget wkkwkwk"
Terus dosen-dosen gue ketawa dan akhirnya gue narik temen gue buat fotoin gue KWKWKWK
Pas gue keluar pintu, ada segerombolan temen gue yang videoin dan nyorakin gue "cie akhirnya lulus" gitu wkkwkw Sumpah, video gue itu maceuh banget (re: pecicilan)
Nah, sgini cerita gue tentang sidang akhir gue kwkwk kata-kata sulit untuk menggambarkan perasaan senang sekaligus deg-degan gue.
xxx
Hello, it's a goodbye part.
Sesuai judul, yap. Inilah akhir dari cerita gue selama kuliah. Karena gue sebenarnya sudah lulus (sisa wisuda aja biar official sihh wkwkkw) dan terima kasih banyak sudah membaca cerita gue dari awal sampai akhir.
I'm no one.
Jadi, sebenarnya diary anak kuliahan dimulai dengan pikiran
"Kira-kira, kalau gue nulis diary, bakal alay nggak ya?" WKKW tapi karena gue mikir banyak orang pengin kuliah, dan masih buta tentang perkuliahan, jadi gue mulai menulis mengenai perkuliahan gue di wattpad. Awalnya gue mikir bakal dihapus juga gitu, malu ah kayak alay banget (apalagi kalau kalian baca part-part awal gue)
Jadi, sebenarnya perkenalkan...
Nama asli gue bukan Pabiony. Gue berkuliah di ITHB, Bandung. Dimana universitas gue nggak dikenal sama abang gojek sekalipun wkwkkw jadi, kalau orang nanya ITHB itu yang mana, gue selalu bilang: "Itu pak, yang di Dipatiukur dekat UNIKOM." atau orang sering kali salah tanggap dan mengira gue kepinteran dan keterima di ITB.
WKKWKWK iya sih, rektor gue lulusan ITB.
Kalau kalian mau liat tentang kampus gue, boleh dilihat di sini:
www.ithb.ac.id
Atau bisa main ke kampus gue wkkwkkw
Akhirnya, gue menambahkan satu gelar di belakang nama gue.
Sarjana Manajemen.
Bidang konsentrasi: digital marketing :)
Senang akhirnya mengenal kalian semua,
Senang akhirnya gue mencapai satu garis finish.
xxx
Dari kisah gue, gue bukan siapa-siapa. Bukan seperti Thomas Alfa Edison atau siapapun. Gue cuma seorang gadis yang doyan bermimpi. Dan gue selalu bilang, selama mimpi itu baik, oke, gue akan berusaha. Kalau misalnya hasilnya nggak sesuai? Jangan menyerah, cari jalan lain.
Menangis itu boleh, lelah juga boleh. Yang nggak boleh itu menyerah.
Sejak gue bilang itu ke diri gue sendiri, gue mulai berusaha untuk mengisi masa perkuliahan gue dengan penuh memori.
Hey gais, terima kasih sudah membaca diary anak kuliahan sampai akhir. Semoga kita dapat bertemu lagi di lain kesempatan. Terima kasih banyak :)
Yaampun, sedih juga akhirnya masa kuliah gue selesai.
KAMU SEDANG MEMBACA
Diary Anak Kuliahan
Non-FictionBuat kalian-kalian yang merasa kalau dunia kuliah itu enak dibanding sekolah ... kalian butuh banyak baca buku ini! Di sini semua ilmu perihal dunia kuliah yang gue alami, akan gue bagikan cuma-cuma untuk kalian. Happy reading! (asal jangan ikut j...