22 | Kids Zaman Now

7.4K 631 55
                                    

22 | Kids Zaman Now

xxx

Kalau bicara soal judul... gue merasa cerita gue kali ini bakal cocok. Karena gue akan membahas soal perilaku anak-anak angkatan '17 yang masuk kampus sekaligus nulis pengalaman gue sebagai mentor. 

Jadi mentor itu bukan pengalaman yang mudah, bukan juga tingkat paling sulit dalam kepanitiaan acara. Pertama gue melihat anak-anak (degem) yang umurnya muda-muda, gue jadi keinget lagi sama saat pertama kali gue menginjakkan kaki di kampus. Masih berasa bloon-nya, dan nggak nyangka kalau tahun ini gue udah berdiri di semester 3. 

Gue berusaha membuat kesan baik, nyapa dan bersikap ramah. Bahkan dalam waktu kurang dari 2 jam, gue jadi hafal sekitar 24 anak maba. Sebenarnya, gue itu paling ga bisa ngapalin nama orang. Teman seangkatan gue aja baru gue apal mukanya pas udah 2-3 bulan kuliah. HAHA.

Alasannya bukan gue sombong ya, tapi lebih ke arah... gue emang pelupa. Apalagi kalau jarang ngobrol. 

Jadi, gue itu deket banget sama kelompok gue. Hanya aja, kids-kids ini beberapa banyak yang suka dibilangin ga denger. Bahkan ada yang menyindir gue pas gue marahin besok paginya harus kumpul jam 5 pagi. Nyindirnya gini: "Ya gak usah jadi mentor kalau capek." Padahal itu juga gara-gara gue membalas keluhan dia capek.

Kata gue: "Sama, gue juga capek. Kalian besok kumpul jam 5, gue kumpul jam 4 subuh."

Ya... gitu deh. 

Skip ke hari berikutnya, yaitu hari H outbond. Kebetulan, outbond ini gue di gunung Puntang (buat yang tinggal di Bandung mestinya tau sih), dan pertama kalinya gue memegang 24 kepala, bertanggung jawab selama 2 hari outbond. 

Jujur aja, gue terharu. Menjadi sosok yang bertanggung jawab bukan hal yang mudah, karena ada suatu harga yang harus dibayar; Lelah. 

Tetapi, semuanya masih aman terkendali. Masih standar seperti outbond lainnya, ospek dll. Buat yel-yel, games, makan, dijemur, dll. Hanya aja, panitia membuat anak 17 itu biar bikin flashmob. Tau kan flashmob itu apa? wkwkkw itu loh, yang sapu tapi dipake sama flash. Eh, bukan yak? KWwkwkwk ini kayak yang di luar negeri, satu nari, semua tar ikutan nari. 

Tiba saatnya game, jujur aja itu kan jalan ke pos-pos gamenya nanjak gunung gitu lahhh. Gue buta arah wkkwkwkkw dan gak apal jalan. Udah bagus gue merhatiin batu sama jalanan yang kecil itu. Tetapi sekarang, gue harus memimpin 24 orang, menyusuri jalan-jalan unfamiliar dan menjaga mereka biar nggak tersesat, nggak kepeleset atau luka. 

DAN HUJAN BESAR TIBA-TIBA DONG, PAS SETELAH KELOMPOK GUE KELUAR DARI POS LUMPUR. Di pos itu, kelompok gue teh dimasukin ke dalam kolam lumpur tanah rumput hinyai gitu :v

Dan, gue makin kelabakan. Hujan itu membuat kacamata gue basah, berembun. Nggak keliatan. Pake kacamata aja gue itu susah ngenalin jalan, apalagi ini wkkw. Akhirnya gue buru-buru nyuruh mereka turun ke kemah, supaya mereka nggak masuk angin. Sedangkan gue sendiri? Basah kuyub kok tenang aja. wkkwkw

Meski gue basah kuyub, tugas gue nggak cuma menggiring mereka masuk tenda. Gue harus memastikan nggak ada lagi anak maba yang di luar tenda, setelah itu, memastikan mereka harus makan pop mie, dan mendapat tolak angin  bagi yang udah ngerasa nggak enak badan. Di sana ada 3 lantai gitu lah, dan banyak tenda kan. Jadi gue muter-muter terus, bodo amat sama badan yang udah basah kuyubb. 

Terus, gue ceritain aja bagian yang membuat gue naik darah yak. wkwkkw karena cerita dllnya kurang gitu menarik. 

Pas gue ke tenda cowok, mereka kan habis makan pop mie, dengan santai bilang gini, "Teh (panggilan sopan buat kakak dengan bahasa Sunda), ambilin trash bag. Hujan." 

Terus ada lagi, "Teh, saya capek. Acaranya ngapain sih kayak gini? Bikin susah."

"Teh, ambilin saya pop mie. Saya capek."

OHEMJI KIDS ZAMAN NOW :'''''''''''''

Kalau kalian jadi gue, coba komen apa yang kalian rasain. Bayangin aja, kalian capek naik turun dan masuk ke tenda-tenda (sekitar 8-10 tenda) yang letaknya 3 lantai, kalian basah kuyub, lapar dan dingin. Apa yang ingin kalian ucapkan? 

Jujur aja, gue ingin berkata kasar. 

Hanya aja, mentor itu dilarang berkata kasar. 

Gue udah mengelus dada dengan tingkah kurang ajar kayak gitu. Gue akhirnya hanya memastikan semua tenda baik-baik aja. Semua anak udah makan pop mie dan udah kebagi tolak angin. Setelah itu gue balik ke tenda panitia. 

Pas gue mau cerita soal maba yang membuat gue naik darah... gue nangis. Mungkin efek dingin, capek dan makan hati. 4 mentor cewek lainnya juga ikutan nangis, karena mereka menghadapi hal-hal yang kurang lebih sama kayak gue. Ada yang disuruh-suruh, ada yang dilawan sama cowok, ada yang dibilang jadi mentor nyusahin maba (padahal gak make sense gitu yah) dan... kita berpelukan sambil nangis. 

Gue malu sebenarnya, gue nggak pernah nangis gara-gara hal remeh gitu deh kayaknya wkwkkw. Dan, kami dipanggil panitia 3 teratas untuk melapor masalah (panitia 3 teratas: ketua, koordinator lapangan, koordinator pendukung)

Pas itu, ada panitia cowok yang suruh gue ganti baju. Sayangnya, semua baju yang gue bawa ada di tas serut yang gue bawa kemana-mana, dan otomatis ikut kebasahan. Jaket gue emang di tas terpisah, hanya aja... tas itu nggak ada yang naruh ke tenda. Jadi kehujanan juga :(

Jadi, gue basah kuyub dari atas kepala, sampai ke dalam jari kaki dari sepatu gue yang basah :(

xxx

[KAYAKNYA UDAH KEBANYAKAN, JADI GUE PISAH JADI 2 PART YAK]

Diary Anak KuliahanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang