90 | Penelitian

648 51 5
                                    

90 | Penelitian

xxx

Buat yang udah pernah skripsi pasti tau ini sih heheheh tapi berhubung ada yang nanya... aku sekalian jelasin lagi ya :) Jadi, secara umum penelitian itu ada 2 jenis: 

1. Kuantitatif

Penelitian kuantitatif itu menemukan ilmu menggunakan data, angka dan studi literatur. Nah, biasanya kalau penelitian kuantitatif tuh ditandai dengan "hipotesis". 

Kalau misalnya kalian lagi di lab biologi, kan suka ada hipotesis kayak: kalau saya menaruh biji kacang hijau di bawah sinar matahari, kualitas pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik dan daunnya lebih hijau. 

Nah, kalau kuantitatif tuh ada dugaan awalnya dulu. Berangkat dari dugaan sementara itu, penelitian ini menggunakan pengumpulan data seperti: 

- Kuisioner

- Wawancara

- Observasi objek

Nah, kalau kebanyakan skripsi sih nyebarin kuisioner ya :) contohnya kayak aku sekarang ini ehheheh

2. Kualitatif

Nah, bedanya kalau kualitatif itu berangkatnya dari data, tapi dia lebih banyak pakai teori-teori untuk mengimplementasikan hasilnya gitu. Kalau kuantitatif kan mencari pembuktian, kalau kualitatif lebih mencari cara untuk implementasi 

Nah, kalau lebih mudah.. biasanya tuh kualitatif kayak mencari cara biar si perusahaannya makin berkembang. Si kualitatif ini nggak ada hipotesisnya, cuma serangkaian gambaran gitu kayak strategi, analisa. 

xxx

Kira-kira kalian udah paham belum dengan penjelasan singkat gini? Sejujurnya, aku kurang paham sama kualitatif wkkwkwk tapi anehnya, pas dulu masuk kuliah aku ini bermimpi skripsi pakai metode kualitatif. Soalnya, denger-denger lebih gampang gitu. wkwkkwkw

Terus katanya modal bisa ngebacot aja gitu (ini info yang sesat juga sih wkwk) 

Tapi, begitu di pelajaran metode penelitian, aku malah sadar, sepertinya kualitatif tidak cocok untukku. Aku kan butuh yang pasti, seperti ketampanan oppa yang pasti wkwkkw aku ingin membuktikan sih daripada analisa wkkwkw. Kan lebih baik membuktikan apakah oppa cinta padaku juga, daripada analisa seberapa banyak oppa dicintai masyarakat Indonesia wkkwkwkwkkwkw yaampun, ga jelas banget gue. 

Nah, kalau gue denger dari dosen gue, katanya penelitian dari luar negeri itu sangat amat jarang menggunakan metode kualitatif. Mereka lebih suka pakai yang kuantitatif. Jadi, kalau kalian pengin jurnal penelitian kalian bisa tembus ke internasional, pakailah metode kuantitatif (plus bahasa inggris yang nggak berantakan) 

Tapi juga, ada yang namanya mix method. Kalau denger-denger sih ini metode buat S3 gitu. Jadi sambil bagi kuisioner, ada wawancaranya juga gitu. Cuma, temen aku ada yang disuruh pakai metode ini buat skripsi sih (balik lagi tergantung dosen pembimbing dan penguji ya heheh) 

xxx

Nah, selain itu, ada beberapa metode lagi buat menghitung jumlah sample, terus kayak kriteria, kayak indikator pernyataannya gimana. Cuma, buat yang jumlah sampel dan populasi aku nggak bisa jelasin ya, maaf banget. Soalnya aku kurang paham juga, takutnya malah sesat gitu pas gue jelasinw kwkwkwk Jadi, lebih baik kalian nunggu dosen menjelaskan aja, atau baca di google :) 

xxx

Nah, ini juga ada penjelasan mengenai beberapa jenis penelitian (nyolong dari PPT dosen hehehehheheheh) 

Nah, ini juga ada penjelasan mengenai beberapa jenis penelitian (nyolong dari PPT dosen hehehehheheheh) 

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Heehhehe, semoga membantu.. 

Adakah yang mau ditanyakan lagi? ehhehe boleh komen di sini, siapa tau aku bisa menjawab :)))

Diary Anak KuliahanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang