"Dek! Jaemin bisa disuruh kesini gak? Mama mau ngomong." Teriak mama dari atas.
"Kenapa itu, mama kamu?" Tanya papa yang lagi baca koran di teras. Hhh iya, kedengeran sampe luar. Mungkin papa ngerasa keganggu.
"Gatau dari kemaren maksa jaemin kesini mulu." Kata gue males.
"Pacar kamu?" Tanya papa.
Gue ngangguk. "Gara-gara cincin. Kata mama gaboleh nerima. Padahal ini kado dari jaemin pas aku ulang tahun." Akhirnya gue cerita ke papa.
"Cincin? Coba liat." Kata papa.
Akhirnya gue nunjukin cincinnya ke papa.
"Ini mahal loh, dek. Kamu dikasih ini?" Tanya papa heran.
Gue mah jujur jadi ya ngangguk aja dulu.
"Mama bener, balikin aja dek. Papa gapernah ngasih kayak ginian ke kamu. Tapi pacar kamu udah bisa ngasih ginian?" Tanya papa bingung.
"Keluarga orang kaya pa," akhirnya gue bilang juga kan tuh.
Papa senyum. "Balikinnya baik-baik ya dek. Jangan buat pacar kamu sakit hati." Kata papa.
Heu gimana caranyaaa coba?
Akhirnya, setelah gue cerita ke papa, gue langsung ngehubungin jaemin. Semoga dia ga sibuk deh.
Halo jaeminnn?
Halo? Kenapa Ra?
Nggg itu, bisa ke rumah ga? Katanya mama mau ketemu
Ke rumah kamu? Sekarang? Yaudah aku siap siap dulu ya, tunggu dulu
Okay, maaf ya mendadak
Gapapa kok sayang, yaudah aku tutup ya, love you
Ih apaansih?!
tut.
Gue juga siap siap sih, ya pake baju yang sedikit lebih sopan. Sebenernya mah gapapa baju biasa juga, tapi pasti ntar gue dimarahin mama. Harus cantik lah, apa lah.
Sekitar 2jam-an, akhirnya gue ngedenger suara mobil di depan rumah, dan bener aja, ada jaemin yang masuk ke halaman rumah gue.
Pake kemeja biru yang tangannya lagi lagi digulung + kancing atasnya dibuka jadi keliatan kaosnya. Hng kenapa cowo gue cakep banget si??
Dia kayak senyum lebar pas liat gue. Dan gue langsung lari ke arah dia, mau peluk.
Agak kaget pas ternyata jaemin ngangkat tubuh gue dan peluk gue erat. "Ayo masuk," gue narik tangan dia, ga berenti senyum.
"Ada papa aku," kata gue ke Jaemin.
Dia kayak panik gitu sih gemes. Tapi gue bilang aja kalo papa ga macem macem, malah jauh lebih santai dari mama. Ya kebalikannya lah ya. Papa tipe orang yang nerima apa adanya kok.
"Ma, pa ada jaemin," kata gue ke mama sama papa yang ada di kamar.
"Oh, udah datenggg?"
Gue langsung ngajak jaemin untuk duduk dan buatin jaemin minuman.
Papa sama mama keluar, nemuin jaemin. Dan jaemin langsung salim, bersikap dengan sopan, kayak biasa aja. Apalagi mulutnya manis, pasti papa suka hhhh.
"Om, tante,"
Gue taruh minuman di meja untuk jaemin abis itu duduk di sebelah jaemin.
"Kata Ara tante mau ketemu sama jaemin, ya tante?" Tanya jaemin.
Mama ngangguk dan gue langsung nunduk. Takut diliatin mama soalnya.
"Langsung aja ya. Sebelumnya tante minta maaf, tapi tante rasa Ara ga pantes dapet cincin dari kamu, jaemin." Kata mama.
Jaemin diem sebentar, mungkin dia kaget + bingung atau apa gue juga gangerti.
Gue takut jaemin sakit hati:(
"Tante tau itu hadiah ulangtahun, tapi, kayaknya itu berlebihan," gue udah ngeremes baju gue sendiri.
"Iya tante, maaf." Gue ngedongak pas ngedenger jaemin ngomong gitu.
"Eh? Kok maaf? Harusnya tante yang minta maaf jaemin..." kata mama.
Papa cuma diem, ga nanggepin.
"Jaemin tau hadiahnya mungkin berlebihan. Tapi sebelumnya, jaemin pengen ngasih tau sesuatu tentang cincin itu tante, om." Jaemin diem sebentar tapi abis itu dia senyum ke arah mama dan papa gue.
"Mungkin kalo sekarang kecepetan, jadi jaemin ngasih cincin itu dulu sebagai jaminan. Itu janji jaemin ke Ara. Jaemin belom lulus kuliah, masih harus koas belom terlalu mapan juga. Jaemin mau ngelamar Ara nanti, setelah jaemin mapan." Jaemin belom selesai tapi udah buat mama dan papa gue shock.
"—Itu jaminan, janji jaemin ke Ara kalo nanti jaemin bakalan ngelamar Ara."
Mama dama papa diem, jaemin senyum, tapi gue tau kalo dia gugup. Dia bahkan keringetan, sama kayak gue.
"Maaf tante, om. Kalo emang gasuka, biar Ara gausah pake cincinnya. Tapi jaemin mohon tolong di simpen aja." Kata jaemin.
"Maafin tante ya jaemin, tante bukannya kenapa, tapi cincinnya.." mama diem lagi, dan gue yakin jaemin tau maksudnya.
Jaemin akhirnya diem, gue ngeliat raut mukanya. Agak keliatan walaupun ga terlalu keliatan. Samar samar, gue sadar kalo dia kecewa.
Tapi dia senyum ke arah mama dan papa. "Iya tante, jaemin ngerti. Maaf om, tante." Kata jaemin, tetep senyum.
"Dek, balikin," kata mama.
Gue ga bohong, gue kecewa sih sebenernya. Tapi mau gimana lagi?
Akhirnya, gue ngelepas cincinnya. Gue baru aja mau ngasih ke jaemin. Tapi papa tahan tangan gue.
"Kamu serius sama Ara?" Tanya papa ke jaemin.
Jaemin ngangguk dengan mantap. Papa diem sebentar sebekum akhirnya ngangguk. "Dek kamu pake aja. Itu hadiah dari jaemin. Hargai." Kata papa tegas.
Mama kayaknya udah mau marah, tapi akhirnya pasrah karena keputusan papa gabisa diganggu gugat.
"Jaemin serius sama Ara, om tante." Kata jaemin sambil senyum bahagia.
Gue ga nyangka gue bakalan nemu cowo kayak gini di masa kuliah gue. Cowo yang ngomongnya manis banget sampe bis ngeluluhin papa dan mama. Yang bilang kalo dia serius sama gue.
Gue rela kalo emang harus nunggu jaemin seberapa lama pun.