sambil play mulmed ya gais
"Sumpah gue udah gila kayaknya astaga. Gue mau nangis," kata gue sambil peluk siyeon erat.
"Gue ga nyangka malah ketemu kayak gini." Kata gue sambil ngehela napas kasar.
"Kayaknya dia ga sadar deh ra sama marganya Darrel." Kata jeno. Terus dia ngeliatin gelang pasiennya Darrel yang namanya ada marganya Jaemin.
Darrel lagi asik main sama herin, sengaja supaya ga denger pembicaraan gue sama siyeon dan jeno.
"Katanya dia nanti kesini. Tunggu shiftnya selesai." Kata gue lemes.
Gue ga siap, gue bahkan gatau kapan gue siapnya. Kenapa Darrel ketemu ayahnya disaat yang ga tepat kayak gini?
"Udah mau jam 7, bentar lagi dia selesai. Ya siap siap aja Ra." Kata jeno.
Gue ngatur napas gue. "Kenapa ganteng banget sih aduh hati gue ga sehat kalo diginiin." Kata gue sambil ngusap dada.
Siyeon sama jeno malah ngetawain gue. Emang kurang ajar.
"Kalo dia nanya ayahnya Darrel dimana, gimana?" Tanya gue ke mereka berdua.
"Ya itu—"
Tok tok
Gue langsung nengok ke arah pintu, ada jaemin yang udah ngelepas snellinya. Sekarang dia cuma pake kemeja panjang warna item dan celana bahan abu-abu. Gimana ga degdegan gue ngeliat masa lalu kayak gitu?? Hhhh.
"Eh loh, ada jeno sama siyeon juga?" Tanya jaemin bingung.
Jaemin dateng tapi kayak bingung gitu mau ngapain. Dia kayak canggung sendiri, sama kayak gue.
"Dokter!" Darrel yang sadar dengan kehadiran jaemin pun langsung nyapa. Jaemin senyum dan nyamperin Darrel. Mereka ngobrol beberapa menit. Dan Darrel udah keliatan deket banget sama jaemin.
Hati gue tersentuh, gue langsung ngalihin pandangan gue pas sadar gue udah hampir nangis.
Ini pemandangan yang dari dulu pengen gue liat. Jaemin emang ayahnya Darrel. Itu kenyataannya. Dan gue pengen liat jaemin main sama Darrel, ngedengerin ceritanya Darrel, dan perhatiin Darrel. Itu yang gue mau dari dulu. Sayangnya itu ga sempet terwujud.
Tapi sekarang, gue bisa ngeliat mereka berdua akrab, kayak apa yang gue pengen.
"Dokter, kapan Darrel boleh pulang?" Tanya Darrel.
"Darrel maunya kapan?" Tanya Jaemin sambil senyum.
"Mau lama-lama aja disini. Dokternya baik." Kata Darrel.
Rasanya gue pengen guling-guling pas denger jawaban Darrel. Kenapa anak kecil gabisa bohong? Kenapa mereka terlalu jujur?
"Astaga.." desah gue pelan.
Darrel, andai kamu tau seberapa sakitnya hati bunda pas tau ayahmu itu ngehamilin cewek lain..
"Gue keluar sebentar ya," kata gue pelan.
Gue ngebawa dompet doang terus keluar, berniat nyari angin sebentar abis itu beli minuman.
Gue jadi inget, Darrel sama jaemin itu sama. Mereka berdua samasama alergi susu. Jaemin ngehindarin banget yang namanya susu. Takut alerginya kambuh. Dan Darrel, gue bahkan ga nyangka kalo Darrel bakalan ngedapet alergi yang sama persis kayak jaemin gini.
Setelah keluar sekitar 15 menit, gue balik lagi ke kamar. Darrel langsung ngeliatin gue.
"Bunda abis darimana?" Tanya Darrel.
"Dari jalan-jalan." Kata gue sambil senyum.
"Darrel juga mau jalan-jalan!" Kata Darrel sambil manyun.
"Darrel tidur aja, ayok udah malem. Bunda temenin." Kata gue.
Gue akhirnya duduk di ranjang pasien sedangkan Darrel udah maksain merem, kepalanya nyentuh paha gue. Gue cuma ngusap pelan kepalanya.
"Darrelnya udah bobo, kita balik dulu ya, Ra." Kata jeno tiba-tiba.
Gue langsung ngedongak kaget, mata gue ngekode ke mereka, berharap mereka ga ninggalin gue berdua doang sama jaemin.
"Jaemin, balik dulu ya." Kata siyeon ngedadah.
"Banyak yang harus lo omongin sama jaemin, Ra. Semangat." Herin ngebisik abis itu dia senyum sebelum ninggalin ruangan Darrel.
Gue beneran cuma diem doang setelah itu, nunduk sambil ngusap kepala Darrel. Napasnya udah mulai teratur, dia udah tidur.
"Ara, maaf."
Gue ga nengok ke arah jaemin, tapi gue senyum. "Kenapa minta maaf?" Tanya gue.
"Aku tau kamu kecewa, tapi—" gue langsung potong ucapannya jaemin.
"Udah lama, kayaknya ga perlu dibahas lagi." Kata gue pelan.
"Aku harus ngelurusin ini, Ra. Maafin aku. Aku— gajadi nikah sama hina." Kata jaemin.
Gue ngangguk, gue udah tau kok dia gajadi nikah. Bahkan kayaknya sampe sekarang dia juga belom punya calon.
"Hina bohong. Aku ga ngehamilin dia, Ra. Aku berani sumpah aku gapernah macem macem ke dia." Kata jaemin lembut.
Napas gue lagi lagi ketahan. Kenapa herin, siyeon ataupun jeno ga cerita ini ke gue? Kenapa gue gatau alasan jaemin gajadi nikah?
"Dia hamil anak orang lain, bukan aku."
Dan tiba tiba aja jaemin udah ada di depan gue, ngejatohin lututnya ke lantai. Dia nunduk, pegang tangan gue.
"Aku cari kamu kemana mana. Mereka bilang mereka gatau, tapi mereka bohong. Aku masih pake cincin janji kita berdua ra. Aku masih berharap sama kamu. Tapi ternyata kamu udah punya anak— kamu gatau seberapa kagetnya aku tadi pas kamu dipanggil bunda." Jaemin nunduk, taruh kepalanya di paha gue.
Gue rasanya mau langsung kasih tau jaemin. Darrel anak kamu.
"Jaemin.."
"Biarin aku kayak gini, sebentar aja.."
Gue ngerasa kepalanya jaemin istirahat di paha gue dengan nyaman dan gue bohong kalo gue bilang gue ga kangen dia.
"Maafin aku.." ucap gue sambil nunduk.
Jaemin langsung ngedongak, matanya natap mata gue. Dia berdiri dan langsung peluk gue erat.
Tangan gue langsung ngeraih kemejanya, peluk dia balik.
"Maaf.." kata gue, perlahan air mata gue turun lagi.
"Kenapa kamu minta maaf? Yang selama ini salah itu aku, Ra." Kata jaemin sambil ngusap kedua pipi gue, ngapus air mata yang turun.
"Maaf aku milih untuk ngejauhin kamu. Maaf aku payah karena aku ga berani ketemu sama kamu lagi." Kata gue sambil nangis.
Jaemin senyum dan dan ngusap kepala gue pelan. "Aku mau berterimakasih sama suami kamu. Aku mau ngucapin makasih karena dia udah ngejaga kanu selama ini." Kata jaemin pelan.
Gue semakin nangis. Tangisan gue semakin kejer.
"Aku gapunya suami. Kamu ga sadar marganya Darrel?" Kata gue pelan.
"Na Darrel. Dia anak kamu, Jaemin.."