15.KELULUSAN.

1.6K 79 0
                                    

pagi telah tiba.saatnya kita mulai kehidupan kita.menjemput riski yang telah di berikan sang maha kuasa.yang tidak ternilai jumlahnya.dengan bersyukurlah kita menikmatinya.

"anak anak ayo keluar kita sholat shubuh berjamaah"kata ayah membangunkan anak yang di lantai atas.

"ayo bangun bangun shubuh ayo bangun"kata abuya membangunkan anak anak yang di lantai bawah.

setelah semua siap hanya ada satu perempuan yaitu bunda disana,karena devi kelihatanya belum siap untuk turun.ketika semua sudah berada di musholla rumah.

"assalamualaikum"kata seseorang dari belakang.

"waalaikumsalam.loh dek kamu mau sholat disini?"kata dino.

"iya bang"kata devi.

"kamu sudah sehat neng?"kata abuya.

"jauh lebih baik abuya"kata devi.

"sekarang jangan panggil abuya"kata ayah.dan devi pun bingung.

"panggil abi saja"kata abuya.

"ohh baik abi"kata devi.

"baik lah rapatkan dan luruskan shaf karena itu merupakan syarat sah sholat.asholatujamiah"kata abuya.

setelah sholat ayah bunda dino devi abuya dan semua tim hadrah sarapan.

"alhamdullilah"kata semua yang telah menyelesaikan makanya.

"yahh hari ini pengumuman kelulusan adek"kata devi.

"waahhh.kalau gitu abang aja yang kesana."kata dino.

"loh kok gitu?"kata devi.

"kamu masih sakit dirumah saja ya biar abang mu yang datang"kata ayah.

"betul itu ning.kamu di rumah saja istirahat biar dino yang datang"kata ahkam.

"bentar kok pada manggil aku ning perasaan di namaku nggak ada kata ning deh?"kata devi

"ning itu panggilan keturunan untuk anak kyai dek.kan kamu cucu dari kyai besar makanya kamu di panggil ning.dan abangmu di panggil gus.sama seperti azmi.dia juga merupakan cucu dari kyai besar maka dari itu kamu sering kan dengar kata 'gus azmi'?"kata ayah.

"tapi adek nggak mau.adek lebih suka di panggil devi atau mmm azma"kata devi sambil menunduk.

"sebenarnya sama mbak.saya juga begitu.saya nggak suka di panggil gus.tapi ya gimana itu sudah tradisi.tapi kalau abuya atau ustadz ustadzah di ponpes manggil saya gus mungkin saya akan menolaknya secara halus.bagaimana pun kan jika seorang yang lebih muda terlihat dihormati kan kayak nggak pantas gitu"kata azmi.

"iya sudah aku mah nurut aja di panggil apa aja.tapi ayah bunda abang tetap panggil aku adek karena aku suka itu.hehehehe"kata devi.

"iya adek"kata semua orang di ruang makan sehingga semua tertawa.sedangkan devi mukanya sudah merah karena menahan malu.

"dek.adek setelah ini mau Ngelanjutin sekolah dimana."kata ayah bertanya pada devi ketika semua sudah ada di ruang keluarga termasuk semua tim hadrah.

"mmmm tapi ayah janji jangan marah"kata devi.

"iya ayah nggak akan marah"kata ayah.

"adek nggak mau sekolah"kata devi sambil menunduk.

"ha"kaget semua orang disana.

"kenapa nggak mau sekolah dek?"kata bunda.

"adek mau mondok"kata devi.

"ohhhhh"kata semua orang disana.

terikat cinta azma azmi❤[tahap Revisi]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang