9. strategi

3.8K 670 44
                                    

Aroma lavender kini menjadi teman mereka berdiskusi mengenai kasus sekolah yang masih hangat-hangatnya sampai saat ini.

Haechan, Renjun, dan Jeno kini tengah duduk nyaman di ruang keluarga rumah Jaemin. Sedangkan lelaki bernama Jaemin itu sendiri sibuk dengan beberapa minuman yang saat ini ia bawa untuk ketiga temannya.

Setelah dua puluh menit mereka berbincang di depan maretmart tadi, akhirnya Jaemin memutuskan untuk melanjutkan diskusi di rumahnya. Mengingat rumahnya-lah yang paling dekat, dan sekalian juga menjaga sang adik yang sendiri di rumah karena Ayah Leeteuk dan Bunda Hyoyeon pergi ke rumah nenek.

"Nih slurr sirop buat lo pada, kalo mau nambah lagi, buat sendiri," ujar Jaemin sembari meletakkan nampan ber-isikan empat gelas sirup marj*n di dalamnya plus es batu yang dengan susah payah Jaemin pukul di wastafel tadi, oh jangan lupa camilan biskuit r*ma kelapa yang selalu Bunda Hyoyeon belikan untuk disajikan kepada tamu yang datang.

"Mantap bosq, minum dulu lah. Anggep aja rumah sendiri," ujar Haechan yang lalu mengambil satu gelas di antaranya dan meneguknya pelan.

"Gak pulang aja lo Chan?" tanya Jaemin dengan tatapan kesal.

Jeno dan Renjun pun melakukan yang Haechan lakukan. Meneguk sirup yang sudah Jaemin buat.

"Naah... ini enak nih, kagak asrep kagak manis banget juga." Sindir Haechan.

Tentu saja menyindir siapa lagi kalo bukan Jeno. Memang tak tau diuntung lelaki berkulit tan itu. Untung Jeno sabar, tadinya ada niatan ingin menyemburkan sirup yang sudah ia teguk ke wajah Haechan. Tapi kasihan Jaemin, yang ada Jaemin ikut kerepotan.

"Lo gak mati aja Chan?" ujar Jeno dengan tatapan sinisnya.

Haechan sendiri malah sibuk mengambil biskuit yang sudah Jaemin sajikan.

Renjun terkekeh pelan, "emang kagak ada akhlak lo jadi temen."

Jaemin menggeleng pelan.

"Udah skuy mulai dari pendapat gue, kalo dari yang gue denger ya dari anak-anak yang lain. Gue rasa sih Pak Taeyang sama Pak Yesung di adu domba, karena walaupun sebutuhnya Pak Taeyang gak mungkin juga ampe ambil duit sekolah. Sekalipun dia tau kode buat ambil duit di bank, dia juga katanya temen deket Pak Yesungㅡsecara kalo gue jadi Pak Taeyang, gue bisalah minjem duit ke Pak Yesung," ujar Jaemin meluapkan apa yang ia pikirkan.

Renjun sendiri menggeleng, "berarti kita gak sependapat Jaem. Kalo gue sendiri mikir bisa aja Pak Taeyang, dari banyaknya sudut pandang aja udah keliatan. Pertama, katanya Pak Taeyang lagi butuh duit buat istrinya hamil ye kan, kedua yang tau kode bank begituan udah pasti orang-orang penting dan gak sembarang orang, dan posisinya Pak Taeyang tuh di sini adalah komite sekolah yang malah paling gede kekuatannya dan lebih gampang lagi buat ngambil tuh duit."

Jeno mengangguk setuju.

"Gue mikir hal yang sama, yang punya akses buat tau kode bank begituan tuh bisa itung jari. Gak banyak yang tau dari pihak TU sendiri, feeling gue sih Pak Taeyang yang ambil apalagi biaya persalinan macem gitu tuh gede bor jaman sekarang, nah terus soal kata lo yang dia bisa minjem ke Pak Yesungㅡkalo dari sudut pandang Pak Taeyang yang bisa aja punya sifat gengsi, gue sih mikirnya mending ngambil duit sekolah daripada malu-maluin diri sendiri minjem duit," jelas Jeno menyetujuin pendapat Renjun.

"Urang mah bego gak bisa kasih pendapat saha yang ngambilㅡtapi aing teh aya sedikitlah tiba-tiba kepikiran. Kan tuh bank cuman dikit ya sabaraha kitu yang tau, dan yang abdi tau juga biasana ketauan gak sih waktos ngambil jam berapa, nah dari situ kita bisa liat di jam pengambilan itu Pak Taeyang ini ada di mana. Kalo bisa kita cari tau dah siapa aja yang ke bank dijam itu, tapi masalahna lurㅡkita nyari taunya begimana ini?" Haechan menggaruk kepalanya bingung.

Jeno kini menatap Haechan dengan tatapan berbinar, lelaki itu lalu menjentikkan jarinya merasa dapat pencerahan.

"Walopun lo bego, tapi gue gak nyangka otak lo bisa dipake Chan," ujar Jeno yang dengan cepat mengambil ponselnya dari saku celana.

"Ai sia belekok! Ya Allah sabar... sabar...," Haechan mengelus dadanya menahan kesal lalu meneguk sirup yang sempat ia hiraukan.

"Belekok apaan Chan?" tanya Jaemin.

"Ganteng," jawab Haechan malas.

Sedangkan Renjun yang mengetahui artinya hanya bisa menahan senyum dengan menggigit bibir.

"Widiih berarti gue belekok yak?" ujar Jaemin dengan wajah tengilnya.

"Bacot, bilangnya kembaran Dilan tapi bahasa sunda kagak tau. Belekek tuh bego," ujar Jeno.

Tentu saja kalimatnya itu membuat Jaemin menatap Haechan nyalang lalu melemparkan lelaki itu remahan roma yang sempat ia kunyah sebelumnya.

"Jwancuk! Bikin emosi mulu nih orang lama-lama," kesal Jaemin.

Haechan sendiri hanya menghindar dengan wajah menyebalkannya yang memang benar-benar ingin sekali dilempari ember oleh ketiganya.

"Udah balik lagi, kalo emang lo semua serius pengen nyelesein ini masalah. Gue punya banyak temen hacker buat minta bantuan mereka atau kalo bisa kita bayar mereka. Tapi kayaknya sih gak bayar juga gak papaㅡseenggaknya mereka bisa lacaklah cctv mana pun, sampe cctv kantor polisi juga bisa. Jadi sekarang yang diutamain, tugas kita aja," jelas Jeno membuat ketiga temannya mengangguk mengerti.

"LoㅡChan, gue rasa sih tugas lo nyari tau siapa aja orang penting yang tau nih kode, lo bisa tanya-tanya anak osis. Biasanya tauㅡatau... lo bisa tanya si Guanlin, anak Pak Yesung, dia anak Ips 'kan? Tanya aja ke dia," ujar Jeno membuat Haechan mengangguk cepat lalu bertepuk tangan merasa misi mereka kali ini begitu menarik.

"Lo 'kan banyak dikenal guru ya Njun, lo bisa nanya-nanya soal masalah ini. Nanya kek sisi pandang mereka, biar nanti kita berdua analisis dah tuh siapa yang lebih masuk akal bisa ngambil duit sekolah," ujar Jeno lagi.

Lalu lelaki bermata bulan sabit itu menatap Jaemin yang sudah menunggu tugasnya, "kalo lo Jaem, gue rasa lo harus bantu bareng gue buat permasalahin jam kapan duit dari tuh simpenan diambil. Masalahnya ya kita sendiri gak tau bank apa yang dipake, lebih fokusnya lagi siapa yang pake dan jam berapa. Ribet juga bor."

Haechan mengangguk setuju, "emang susah. Apalagi ini bukan masalah sesama murid, tapi keuangan sekolah cug, gue bisa aja nanti nanya ke setan penunggu TU. Tapi masalahnya juga penunggu sekolah serem-serem lur gue gak berani kalo mereka sewaktu-waktu minta bantuan buat naik. Makin runyem, belom tentu mereka bisa jawab siapa aja yang tau kode bank."

Renjun sendiri kini nampak menggigit kukunya dan mengernyitkan dahi, seperti sedang berpikir.

"Gue tiba-tiba kek kepikiran aja gitu langsung nanya ke Pak Yesung, kira-kira kalo kata kalian gimana? Perkiraan respon dia begimana?" tanya Renjun meminta pendapat.

Jaemin tampak menaikkan satu alisnya berpikir dugaan-dugaan apa jika mereka langsung bertanya kepada Pak Yesung.

"Chan, lo deket si Guanlin kagak sih?" tanya Jaemin tiba-tiba teringat bahwa Guanlin si anak ips 1 adalah anak Pak Yesung.

"Lumayanlah, lagipula di sini bukan cuman gue yang deket sama Guanlin. Dia anak ekskul gamers bareng Jeno 'kan? Kita bisa minta bantuan bareng-bareng sama tuh tiang kalo emang pengen minta bantu," jawab Haechan.

Jeno sendiri mengangguk, "kalo gitu, besokㅡistirahat ke satu kita ketemuan ye di kantin sekalian samperin si Guanlin."

#
#
#
#
H2J2

Pendek ya? Huwaa maap deh, sebenernya mau dilanjut lagi tapi gak enak aja gitu. Jadi, tunggu chapter selanjutnya aja ya.

detective H2J2⏸NCT DREAM 00 [] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang