Katanya, perjuangan jadi dokter itu susah. Katanya, perjuangan jadi dokter itu lama. Katanya, perjuangan jadi dokter itu pengorbanannya besar.
Semuanya itu 'katanya', tidak bisa dibuktikan kebenarannya karena semuanya serba relatif. Yang jelas, perjuangan ini akan sangat menyenangkan jika dihabiskan bersama orang-orang baik yang kebetulan juga dengan baik hatinya mau menemani. Contohnya, adalah orang-orang yang sebentar lagi akan dikenalkan. Mereka disebut sebagai dokter residen, atau dokter umum yang sedang menempuh pendidikan untuk menjadi dokter spesialis.
Pernah dengar legenda the red string of faith? Katanya, ada sebuah benang merah yang mengikat 2 jiwa yang membuat keduanya akan selalu bertemu walau kemanapun mereka berusaha pergi dari satu sama lain. Kalau diliat dari mata batin, mungkin orang-orang di bawah ini punya banyak benang merah yang saling mengikat satu sama lain. Karena kemanapun mereka pergi, sesibuk apapun mereka dengan kegiatannya masing-masing, mereka akan selalu dipertemukan.
DEPARTEMEN ILMU PENYAKIT DALAM
dr. Ayudisha Anjani (dr. Ayu)
- INFJ
- Si junior kesayangan para senior & konsulen karena rajin, supergesit, dan siap disuruh apa aja.
- Sering digodain karena gampang salting.
- Tapi jangan harap bisa ajak omong kalau Ayu lagi fokus ngerjain sesuatu.
- Tanpa sadar, suka nyanyi pelan kalau ngerjain sesuatu.
- Diem-diem seneng kalau jaga bareng Ihsan karena 1) kerjaannya jadi banyak, dan 2) kerja Ihsan sama rapinya sama Ayu.
- Kalau jaga, jarang duduk karena riweuh kesana-kemari, kerjaannya gak selesai-selesai. Bukan karena dia lambat, tapi karena kalau kerjaannya udah selesai, Ayu dengan senang hati ngerjain tugas orang lain."Udah Yu, gak usah lo bantuin.. tidur aja."
"Gapapaaa daripada diem aja bikin ngantuk, mending ngerjain sesuatu."dr. Herjuno Rendra Manalu (dr. Juno)
- ENFP
- Laki-laki bermarwah.
- Pintar. Sapu bersih IPK sempurna sejak masa preklinik. Konon waktu SMA juga juara olimpiade.
- Mantan ketua BEM FK. Nyaris dicalonkan dari ketua BEM universitas kalau Juno gak nolak.
- Kalau ada tindakan yang mau dia kerjain, dia deg-degan, seisi IGD lebih deg-degan.
- Senang berdiskusi dengan koass dan memberi PR.
- Kalau menjelaskan sesuatu semangat banget, ngomongnya cepat dan tangannya ikut gerak.
- Menerima konsul dari berbagai departemen. "Tanya dr. Juno dulu aja deh"
- Kalau ditanya pasien, dijelaskan panjang lebar dari yang tadinya gak ngerti, jadi ngerti sampai gak ngerti lagi.
- Di kantongnya ada aja buku.
DEPARTEMEN ILMU BEDAH
dr. Giovani Hardian (dr. Gio)
- ISTP
- Dateng ke rumah sakit paling pagi, pulang paling pagi juga.
- Pinter tapi gak banyak omong. Kalau diskusi, cuma jawab pertanyaan Konsulen saat temen-temennya gak ada yang bisa jawab atau kalau dia ditunjuk langsung. Dan jawabannya selalu bener.
- Kalau marah diem, kalau gak marah diem,
kalau diemnya kelamaan berarti ketiduran.
- Keliatannya santai, tapi diem-diem setahun bisa beberapa kali publish karya tulis ke jurnal.
- Katanya sih, sebenernya baik.
- Si "hm".
"Bang, maaf ya Bang gue telat"
"Hm"
"Gue traktir makan deh ya Bang sebagai permintaan maaf"
"Hm"
"Gue dimaafin tapi kan Bang?"
"Hm"
"Kok 'hm' doang sih Bang? Bang..?"
"Hm?"dr. Aji Nandana Sendika (dr. Jin)
- INTP
- Suka nyingkat nama belakangnya karena males ditanya-tanya soal keluarganya yang terkenal tajir melintir.
- Suka ngelawak, bahkan di saat yang tidak tepat.
"Sepi banget nih. Tebak-tebakan dulu lah ayo." Jam 3 pagi di IGD.
- Ketawanya nular.
- Sangat tampan. Kalau ronde paling rame yang ikut.
- Gak mau ribet. Dan gak mau ribut.
- Temen dr. Jaka ngemil.
- "Itu si Jaka badannya gede kayak sekarang karena gue yang ngasih makan dari dulu."
- Rela menjadi sumber dana sementara kalau ada acara-acara kepepet.dr. Ihsan Damar (dr. Ihsan)
- INFJ
- Si paling bangga jadi anak Bekasi.
- Kalau jaga malam selalu rame pasiennya.
- Selalu ditunjuk untuk jadi motivator briefing sebelum jaga.
- Suka nyinyir kalau ada yang jahitannya berantakan.
"Berisik banget lu, San, napa lo gak ambil bedah plastik aja sih?"
- Sering dimudahkan jalannya oleh para senior yang berharap dibantuin comblangin sama kakaknya PPDS Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin kembang desa rumah sakit.
- Ke-mana-aja-hayu nomor dua setelah James. Butuh temen kondangan? Temen jalan? Temen saat hidup terasa sepi? Panggil saja Ihsan.
- "Si Ihsan tuh kapan sih abis batrenya? On terus dah."dr. Jaka Dana Abipraya (dr. Jaka)
- INTP
- Sebagai penutur fasih 3 bahasa: bahasa indonesia, inggris, dan sunda, Jejaka yang lahir dan tumbuh di Bandung lalu sekarang di Jakarta ini suka memiliki kendala dalam berkomunikasi,
"Hadeh hareudaaang,"
"Apaan tuh Jak?"
"Hareudang apa tuh bahasa indonesianya... hot, sweaty"
"Gerah?"
"NAH ITU."
- Kalau lagi mikir keras, alis ngerut, telunjuk dibawah idung.
- Kalau gagal infus, intubasi susah, ngangkat pasien susah: "Jakaaa!"
- "Dokter Jaka mana?"
- Idola para senior, perawat, serta pasien karena tampan, baik, dan serba bisa.
- Kalau mau tindakan berdoa dulu.
- Akrab dengan dr. Luthfi dan dr. James karena internship di tempat yang sama.
- Kantong baju jaga isi cemilan, akrab sama penjaga kantin.
DEPARTEMEN ILMU KESEHATAN ANAK
dr. Luthfi Haidar (dr. Luthfi)
- INFP
- Pembawaannya tenang, tapi kalau udah akrab bisa lihat sisi pecicilannya.
- Pemenang PPDS terganteng award.
Hasil yang sempat tidak diterima dr. Jin, "Bayar berapa lu, Fi?"
"Lah yang ada Bang Jin yang bayar, gue mah orang susah"
"Oh iya"
- Pasien anak-anak, fans ibu-ibu.
- Banyakan mainan daripada alat pemeriksaan fisis di tas jaga.
- Teman seperjuangan dr. James dari jaman mahasiswa FK tingkat 1.
- Hobinya main sama pasien, walaupun pasiennya udah ngantuk.
- Apa adanya. Kalau lagi sumpek bilang lagi sumpek, kalau lagi marah keliatan, kalau lagi jatuh cinta juga langsung bilang.
Sayang, jomblo.
Dan, jomblo yang disayang karena temennya banyaaaak, ada di mana-mana.
DEPARTEMEN ILMU OBSTETRI DAN GINEKOLOGI
dr. James Nicholas Singgih (dr. James)
- ESTP
- Jauh-jauh datang dari Kalimantan. "Kalimantan itu udah kota tau, norak lo pada!".
- Baik. Banget.
- Kalau ngomong, senyum sambil liat mata lawan bicaranya. Sudah banyak korban karena baper masalah ini.
- Paling sabar menghadapi pasien yang marah-marah.
- Suka mengeluh bersama para bidan.
- Suka keserimpet sendiri, sering terjungkal dari kursi.
- Pasrahan, bahkan ke koass.
"Kalian mau diskusi atau engga? Atau mau ditandatangan aja langsung? Kalian tidurnya jangan malem-malem ya.
- Paling fashionable, baju jaga dimodif pas badan, selalu wangi.
- Penyayang, sayang sama pasien, sayang sama seniornya, sayang sama juniornya, sayang sama temen kerjanya.
- Sayangnya, bukan pacar kita.
KAMU SEDANG MEMBACA
Hospitalship
Romance"Love is as unpredictable as cases coming to emergency unit" An alternate universe; telling you a story: when an accident becomes an incident, when it's not only diseases being cured, but also your feeling of love being secured."