Dara memasuki kamar. Dirinya baru selesai latihan yoga, instruktur pribadinya juga sudah pulang. Dara tidak suka berlatih yoga seorang diri tapi ikut kelas yang dihadiri banyak orang juga enggan. Mustahil mengajak Areta karena dia menolak sejak awal.Yoga tuh bikin gue ngantuk. Ada meditasi segalakan. Mana gerakan meliuk sana, meliuk sini. Sorry-sorry to say, gue nggak ada rencana cosplay jadi siluman ular.
Itulah kata-kata Areta saat Dara menawarkan berlatih yoga bersama. Sumpah, Dara ingin menjitak sahabat sekaligus managernya itu. Sebenarnya, yoga dan meditasi adalah dua hal yang berbeda. Yoga juga ada bermacam-macam jenisnya.
Iyengar yoga yang sejak dulu dipilih Dara. Jenis yoga ini berfokus pada presisi postur dan sangat memperhatikan anatomi tubuh secara detail. Dalam photoshoot, model kadang diminta berpose tidak biasa karena melibatkan kelenturan tubuh atau malah sebaliknya kekuatan otot tangan dan kaki. Buang jauh bayangkan bahwa model itu selalu lemah gemulai.
Dalam Iyengar yoga ada modifikasi postur dengan menggunakan alat bantu, misalnya blok, strap, atau wall rope. Oleh karena itu, jenis yoga ini dapat berguna membantu mengatasi kondisi kesehatan. Minimal Dara bisa mengurangi kekakuan pada sendi.
Sebaliknya, Areta memang agak tomboy jadi olahraga pilihanya jelas jauh dari kata feminim. Terakhir, dia ikut kick boxing. Mungkin Areta mau double jobs, jadi manager sekaligus bodyguard.
Bahkan Dara agak bergidik ngeri saat iseng ikut melihat tempat latihannya. Memang bagian pria dan wanita terpisah, namun berhubung masih satu area jadi kadang berpapasan dengan anggota pria. Jenis pria kekar berotot. Tidak sebesar binaragawan memang, tapi sumpah, Dara berasa masuk sarang penyamun, Eh.
Dara melangkah mendekat ke arah meja samping ranjang. Menaruh gelas berisi infused water yang sudah tinggal setengah. Dara ingin segera mandi, bukan gerah tapi rasanya tidak nyaman. Tentu tubuhnya tidak banjir keringat. Dara tadi yoga bukan lari maraton.
Memang Dara saat ini mengenakan sports bra serta leggings dengan warna senada. Jadi sebenarnya tidak membuatnya kegerahan. Apalagi di ruang latihan tadi ada AC. Mau langsung mandi tapi tidak mungkin karena dirinya harus menurunkan suhu tubuh terlebih dahulu.
Bisa berbahaya bila langsung mandi tepat setelah olahraga. Nekat melakukannya berisiko mengalami serangan jantung bahkan kematian mendadak. Katanya, saat mandi, air dingin membuat pembuluh darah melebar sehingga rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang secara tiba-tiba seperti serangan jantung.
Itu sebenarnya resiko kesehatan secara teori. Benar-benar serangan jantung bahkan mati yaa belum pasti kejadian. Kalau mau uji coba, silahkan dengan resiko ditangung masing-masing. Akan tetapi berjaga-jaga itu lebih baik dibanding berjudi dengan nasib. Tunggulah sekitar 15-20 menit baru mandi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Prambanan Obsession (END)
Historical FictionPerjanjian telah dibuat antara Bandung Bondowoso dan pasukan jin. Namun, semesta sepertinya tahu bahwa kegagalan terjadi karena kecurangan yang dilakukan oleh Roro Jonggrang. Roda nasib berputar di luar kendali. Masalahnya, perjanjian gaib tidak dap...