Chapter 23: A Golden Point of View

178 32 1
                                    



Neville Longbottom biasanya tidak menggambarkan dirinya sebagai orang yang berani. Sebagai seorang anak, dia adalah anak kecil yang pengecut. Dia tinggal bersama neneknya dan hampir sepanjang hidupnya dan dia bahkan tidak menunjukkan sihir sampai dia hampir berusia sembilan tahun. Keluarganya mengira anak laki-laki itu adalah seorang Squib, seseorang dari keluarga penyihir tetapi tidak memiliki kemampuan sihir, sampai suatu hari paman buyutnya menjatuhkannya dari jendela dan anak laki-laki itu terpental.

Itu tidak berarti kehidupan anak itu mudah. Dia terus-menerus dibandingkan dengan orang tuanya yang keduanya adalah Auror sukses pada masanya, dan sekarang dia berada di Hogwarts, neneknya terus menekannya untuk tampil baik. Dia sangat ahli dalam Herbologi, dia bahkan akan menjadi murid terbaik jika Hermione belum seperti itu. Namun hal itu tidak terlalu menjadi masalah bagi neneknya, dan itu adalah satu-satunya kelas yang dia kuasai. Bersama yang lain, dia membutuhkan bantuan dari Hermione dan teman-teman sekelasnya. Dia sangat buruk dalam Ramuan, lembu jantan dalam Transfigurasi, hanya baik-baik saja dalam Mantra, dan dia lebih suka jika kau tidak menyebutkan Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam.

Meski begitu, meski nilainya buruk, Neville Longbottom adalah teman yang setia dan berani, meski terkadang dialah yang diseret dari satu tempat ke tempat lain. Selama tahun pertamanya, Neville mengalami kesulitan dalam menjalin pertemanan. Tentu saja dia cukup baik kepada teman-teman asramanya, tetapi Seamus dan Dean sepertinya langsung menjadi tidak terpisahkan dan dengan Ron, dia terlalu terobsesi dengan Harry Potter Slytherin. Tak satu pun dari anak laki-laki itu yang dekat dengan apa yang Neville sebut sebagai teman sejati. Tapi kemudian, Halloween terjadi. Itu bukan salah Neville, sebenarnya tidak. Sebelumnya pada hari itu, mereka sedang mempelajari mantra Levitasi dalam Mantra dan Ron membuat Hermione kesal ketika dia mengolok-oloknya. Dia menghabiskan sisa hari itu di kamar mandi perempuan sambil menangis, jadi ketika troll itu masuk dia tidak tahu. Ron dan Neville bergegas menyelamatkannya hanya untuk melawan troll itu sendiri! Beruntung mereka tidak terlalu terluka atau dikeluarkan karena hal ini! Namun peristiwa itu mengubah segalanya di antara mereka bertiga, dan mereka menjadi teman sejati sejak saat itu.

Teman sejati yang sepertinya selalu menemukan masalah. Setelah troll itu, mereka melihat Snape tertatih-tatih. Ketiganya menduga bahwa Master Ramuan pasti mencoba melewati anjing berkepala tiga di koridor lantai tiga! Yang membuat ketiganya bertanya-tanya apa yang tersembunyi di balik anjing itu. Melihat ke belakang, Neville akan mengakui bahwa mereka beruntung berteman dengan Hagrid, sang pengawas hewan liar, saat dia memberi mereka petunjuk pertama yang menghubungkan Dumbledore dan alkemis terkenal, Nicholas Flamel, yang mereka pelajari setelah berbulan-bulan penelitian telah menciptakan Buku Bertuah. Batu! Snape pasti mencoba mencuri Batu Bertuah! Tapi kenapa? Ron-lah yang menunjukkan bahwa mungkin si bajingan berlendir itu, kata-kata Ron, sebenarnya bekerja sama dengan Kau-Tahu-Siapa! Itu sebabnya dia ingin mencurinya. Jadi, ketiganya membuat rencana: mereka akan keluar dan mencuri batu itu sebelum Snape bisa! Mereka menunggu sampai akhir tahun ajaran, terlalu terganggu dengan insiden yang melibatkan bayi naga dan Hagrid, dan setelah final, mereka pergi ke koridor lantai tiga.

Itu sulit. Neville harus memainkan alat perekam untuk menidurkan anjingnya, dan setelah itu, Ron hampir tercekik oleh Jerat Setan. Tapi Neville dan Hermione mampu menyelamatkannya. Setelah itu, ujian demi cobaan terus terjadi dan mereka nyaris tidak mampu melewatinya sampai mereka mencapai akhir. Mereka memasuki ruangan yang hanya memiliki cermin di dalamnya dan melihat sekeliling. Tidak ada Snape, dan begitu Neville melihat ke cermin, dia tersentak ketika melihat dirinya memegang batu itu! Dia menarik Hermione dan Ron ke sana dan mereka semua melihat hal yang sama dalam berbagai tingkatan. Batu itu ada di cermin! Dan itu sepenuhnya aman!

Lelah, tapi puas, ketiganya kembali ke Menara Gryffindor.

Semua ini untuk mengatakan bahwa Neville bisa menjadi berani ketika dia menginginkannya, tetapi biasanya Ron atau Hermione yang menyeret mereka ke dalam bahaya atau mencoba membantu orang lain. Namun jika mereka tidak berbuat apa-apa, bahaya akan selalu menghampiri mereka.

Serpent's AscendingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang