Harry sangat menyadari dua tongkat yang diarahkan padanya saat mereka berjalan menyusuri terowongan. Terowongan itu sangat gelap bahkan dengan api Harry, mereka hampir tidak bisa melihat ke depan. Bayangan mereka di dinding yang basah tampak mengerikan jika terkena cahaya.
"Dengar, ada gerakan apa pun, segera tutup matamu," bisik Harry.
“Mengapa kami percaya padamu?” Ron berkata dengan keras.
"Kalau begitu matilah, lihat apakah aku peduli," bisik Harry. “Basilisk ada di dalam sana! Aku harap kau setidaknya mengetahui sesuatu tentang itu.”
Neville menelan ludahnya dengan keras. “Mereka—mereka bisa membunuh dengan matanya,” katanya, kulitnya memucat.
"Tepat sekali Longbottom," Harry mengangguk. "Jadi. Gerakan sama dengan menutup mata, mengerti?”
Longbottom merengek tapi mengangguk. Ron hanya memelototi Harry lebih lama sebelum memberikan anggukan singkat. Tapi terowongan itu sepi seperti kuburan, dan suara tak terduga pertama yang mereka dengar adalah suara keras saat Ron menginjak sesuatu yang ternyata adalah tengkorak tikus. Harry memimpin jalan ke depan, mengitari tikungan gelap di terowongan.
"Apa itu?" Longbottom berkata tiba-tiba.
Mereka membeku, memperhatikan. Harry hanya bisa melihat sosok sesuatu yang besar dan melengkung, terletak tepat di seberang terowongan. Itu tidak bergerak. Tolong beritahu aku bahwa basilisk itu bukanlah basilisk yang berukuran besar, pikirnya dalam hati. Dia memandang Weasley dan Longbottom dan mengangkat alisnya. "Yah," bisiknya. “Salah satu dari kalian pergi memeriksanya. Kelihatannya tertidur.”
"Tidak!" Ron balas berbisik. “Pergilah, Slytherin yang berlendir!”
"Kupikir kalian para Gryffindor seharusnya berani," ejek Harry. “Longbottom, pergi.”
Yang mengejutkan, Longbottom melakukannya. Dia mengambil beberapa langkah perlahan ke depan, tongkatnya mengarah ke garis luar, cahaya tongkatnya yang redup tidak banyak membantu saat dia menjauh dari dua lainnya. Dia mengangkat tongkatnya tinggi-tinggi.
Cahaya itu meluncur di atas kulit ular raksasa, berwarna hijau terang dan beracun, tergeletak melingkar dan kosong di lantai terowongan. Makhluk yang melepaskannya setidaknya panjangnya dua puluh kaki.
"Astaga," kata Ron lemah.
"Tentu saja," erang Harry pelan. “Kenapa bukan yang raksasa.” Dia melangkah ke arah kulit ular itu untuk memeriksanya lebih dekat. “Pelajaran kecil untukmu, singa, jadi dengarkanlah. Dari penelitianku, basilisk bisa memiliki dua ukuran. Yang pertama seukuran ular biasa, itulah yang paling normal. Namun, yang lebih jarang terjadi adalah apa yang kita hadapi sekarang adalah seekor ular yang terlalu besar untuk kebaikannya sendiri.”
“Jadi-jadi kau akan memberi kami untuk dimakan ular raksasa ini! Itu yang kau rencanakan!” Ron berteriak, suaranya bergema di terowongan.
"Tidak, Weasley, meskipun aku punya firasat tidak peduli berapa kali aku mengulanginya, tak satu pun dari kalian akan yakin," desah Harry. “Aku ingin tahu berapa harga kulit basilisk yang bisa dijual,” dia bergumam pada dirinya sendiri tetapi membuang pikiran itu.
Dia berdiri dan melihat ke bawah terowongan yang berlanjut lebih jauh lagi. Dia mulai lagi melewati kulit ular raksasa itu.
“Potter saat kau bilang raksasa,” Longbottom memulai.
"Maksudku, ular ini mungkin lebih tinggi dari rumah Weasley", kata Harry santai. “Jangan tersinggung, tentu saja. Tapi rencana itu tidak mengubah kalian berdua tutup mulut, tutup mata, dan aku akan menghadapinya.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Serpent's Ascending
RomanceHarry berusia tujuh tahun ketika pertama kali bertemu Voldemort. The Dark Lord bukanlah hantu, tapi dia bisa melihat potensi dalam diri Harry, kegelapan yang memohon untuk dipelihara. Sekarang mentornya, Voldemort menunjukkan kepada Harry keindahan...