Gue sampe sekarang ga habis pikir kenapa gue bisa terjerumus ke consultant firm ini. Kantor ini adalah kantor konsultan yang spesialisasinya di dunia pajak. Bisa dibayangin ga sih kalau kehidupan konsultan itu udah berat sebenarnya? Terus ditambah lagi ini adalah konsultan pajak, malah jadi dobel-dobel bebannya.
Anyway, gue dulu shock kenapa gue bisa diterima di firm ini. Jujur aja, background gue ga ada tuh ada bau-bau accounting atau apapun yang berkaitan dengan pajak. Gue itu lulusan Finance, yang mana harusnya gue itu kerja di bank, asuransi atau risk management.
Kalau gue bisa mengibaratkan kehidupan gue dalam istilah Bahasa Inggris: "Life indeed is very funny, it can take you to the place or thing that you never imagined". Ya kayak gue ini.
Awal masuk ke consultant firm ini, gue bener-bener dibuat terpukau. Kenapa? Kantornya bagus banget men! Lo bayangin deh, mereka punya banyak meeting room dan setiap ruangan itu konsepnya beda.
Ada meeting room yang berdekatan dengan jendela, jadi kita bisa langsung lihat pemandangan kota dari atas. Ada lagi yang suasananya dibuat cozy, ada coffee maker, ada tumpukan majalah, pokoknya dimanjakan banget deh. Tapi jangan salah tuh coffee maker buat klien ye, bukan buat cecunguk kayak gue.
Kantornya juga keren, kita masing-masing punya cubicle sendiri. Gue berasa katrok dulu secara gue sebelumnya kerja masih pake komputer pentium 4 kak, la sekarang dikasihnya udah laptop. Kan kelihatan banget bedanya ya. Yang keren lagi tuh ruangan para boss-boss, mereka punya ruangan gede tiap orang, dan feeling exclusive gitu deh.
Tapi semua kesan awal itu berubah, ketika gue udah jalani kehidupan sebagai konsultan. Gue ingat banget hari pertama gue masuk kerja. Gue sebagai anak baru yang masih cling cling, menatap heran ke pemandangan yang gue lihat.
Gimana kagak heran, orang-orang itu bisa fokus sama laptopnya udah kayak mau nelen tuh laptop. Kagak bergeming. Hening. Gue sampe heran ini kantor atau kuburan saking seriusnya.
Gue dikenalin HRD gue ke masing-masing karyawan di sana. Of course gue pasang senyum terbaik yang pernah ada, tapi balesan mereka datar. Datar banget. Rasanya ingin kupecahkan saja semua gelas biar ramai #edisiAADC
Biar lo pada paham detail cerita gue berikutnya, gue akan jelasin beberapa nama atasan dan kolega di tim gue:
Bu Jean
Manager yang udah berpengalaman hampir lebih dari separo hidup gue di dunia. Dia itu paling susah ditebak, moodnya mungkin bisa mengikuti cuaca hari itu. Kalau masalah kerjaan sih omongannya bisa pedes kayak ayam geprek lombok 100. Kayak berasa elo makan ayam geprek lombok 100 terus ditambah lemparan cobek lomboknya ke muka lo. Tapi kalau moodnya baik, elo bakal disayang bagaikan marshmallow!Maria
Dia supervisor gue. Anak kesayangan dan sahabat karib bu Jean. Tapi, jahatnya bagaikan titisan mak Lampir dari Gunung Kidul mungkin kali ya. Lebih ga moody, cuma omongannya setajam silet. Cocok banget buat gantiin Fenny Rose.Ahmad
Senior pertama gue. Orangnya termasuk pilar di kantor, pilar dalam arti harafiah alias tinggi banget kayak monas. Paling sabar. Paling suka dibully sama junior termasuk gue. Pemikirannya paling absurd makanya sampe sekarang masih jomblo. Yang paling disayang di dunia ini adalah mobil dan kameranya.Ica
Senior kedua gue. Mukanya boleh kejam tapi hatinya baik. Diam, kalem, tapi detail. Suka ngasih post-it ke juniornya, isinya sih detail kerjaan plus deadline.Michelle
Junior yang bakal naik senior segera. Baik dan friendly, sahabat kesayangan Maria. Gue heran kenapa dia bisa temenan deket sama Maria. Mungkin gue harus minta jampi-jampinya.And let the story begins.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Curhatan si Konsultan
ChickLitWhat do you think about Consultant? Keren dan necis? Sering mobile alias jalan-jalan entah di dalam atau luar negeri? Penghasilan berlimpah? Kerja di gedung tinggi? Smart karena wawasan luas dan bisa kasih saran yg keren? Sebagian besar memang...