Season 1: Prelude

898 81 4
                                    

"Prof!" panggil seorang muridku. Aku berbalik menatapnya. "Apa yang akan terjadi kalau kita beri bubuk zink dan iodin ini air?"

"Nanti akan berubah jadi asap ungu. Warna kesukaan kamu, Sal! Iya kan, Prof?" jawab muridku yang lain.

Seketika, aku tertarik ke sepuluh tahun yang lalu. Di masa-masa aku masih SMA, seperti mereka.

"Ahh! Jadi ungu!" pekikku girang.

"Kenapa memangnya kalo jadi ungu?" Aku menatapnya dengan penuh binar.

"Itu warna kesukaanku!"

"Yang benar? Kalau begitu, ayo kita bereksperimen lagi! Kita munculkan warna ungu dari bahan-bahan kimia yang lainnya!"

Aku menatapnya penuh minat. "Kamu yakin?" Ia mengangguk mantap.

"Kita punya puluhan tahun untuk selalu bereksperimen bersama, Alena. Kita punya waktu selamanya."

"Hei! Tau darimana kamu?!" seru si anak yang bertanya, Salma, pada Juna. Siswa yang menjawab tadi.

Mendengar seruan itu, aku kemudian tersadar dan kembali ke masa kini. Juna terlihat menggedikkan kedua bahunya acuh.

"Itu ada di buku paket. Coba baca!"

"Bener itu, Prof?" tanya Salma kurang puas kepadaku. Aku tersenyum simpul.

"Kenapa gak kita coba sekarang? Bubuk zink dan iodin-nya sudah kalian campur, kan?"

Murid satu kelas itu berseru, "Sudah, Prof."

"Kalau begitu, coba kalian tetesi bubuk zink dan iodin itu sedikit air lewat pipet. Lihat apa yang terjadi!"

Sesaat kemudian, seorang murid lainnya berseru riang. "Juna bener! Ini jadi asap ungu. Vapor!"

"Ah, ya! Warna kesukaanku!" Salma berseru riang. "Kalau begini hasilnya, aku ingin selalu melakukan eksperimen ini untuk dapat warna ungu!"

Dan lagi-lagi, perkataan Salma itu membuatku teringat pada masa lalu.

Tapi, tidak. Kali ini, aku tidak ingin kalah oleh masa lalu. Aku ingin menahannya untuk tetap di dasar sana dan tidak terungkit kembali.

Tapi tenang saja. Aku akan menceritakannya kepada kalian. Semuanya. Sebagai pelajaran hidup bagi kalian agar kalian tidak dibodohi oleh cinta sepertiku. Dulu.

***

PS: Part pertama menyusul. Kemungkinan, akan aku publish sehabis ujian semester☺

Tragiko [SEASON 2]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang