[#12]

616 66 0
                                    

"Lo emang udah biasa jadi donatur di sini?" tanya Keylan saat ia dan Ayana sudah kembali ke mobil.

"Iyup, gue kan kerja, jajan pake uang sendiri, terus uang dari bokap sebagian gue tabung sebagian gue kasih ke mereka yang membutuhkan," jelas Ayana.

"Good, lanjutkan nak," ucap Keylan sambil menagngkat jempolnya.

"Eh bang, kok akhir - akhir ini gue sering liat lo di SMA Garuda Nusantara sih?" tanya Ayana penasaran.

"Oh itu, gue mau gantiin guru BK yang pensiun, sekalian jadi pembina OSIS bantuin bu Silvi," jawab Keylan.

"Wow, kerjaan lo triple dong? Guru BK, pembina OSIS, sama ngelola Cafe lo?" kagum Ayana.

"Yo'i Ay, walaupun gue udah bisa buka usaha sendiri, tapi bisnis keluarga juga harus tetep jalan, kasihan Kakek Nenek gue yang udah bangun bisnisnya," ucap Keylan, Ayana mengangguk paham.

"Eh Ay, gue seneng liat lo jadi mandiri kaya sekarang ini. Tapi jujur, apa alesan lo kerja selain karena ketagihan?" tanya Keylan penasaran.

"Hmn, gue pengen aja jadi anak mandiri, secara dulu kan gue manja banget. Gini bang, hidup kan kaya roda, kita ga selalu di atas, mungkin aja suatu hari nanti Ayah bangkrut dan keluarga gue ga sekaya sekarang. Makanya gue ngelatih diri gue sendiri supaya nanti ga kaget nantinya, ya tapi jangan sampe kejadian juga sih," jelas Ayana.

"Gue juga ngerasa kalo sifat manja gue ini yang buat gue kehilangan Bunda, dan hampir aja kehilangan Ayah sekitar setengah tahun yang lalu  Lagian uang dari bokap gue kebanyakan, mending buat orang lain yang lebih membutuhkan, kan gw bisa nyari sendiri. Uang yg disedekahin juga kan jadi tabungan kita di akhirat nanti," Lanjut Ayana, Keylan melongo mendengar ucapan Ayana.

"Sumpah ini Ayana? Lo ga kesurupan kan?" ucap Keylan kebingungan, Ayana mengerucutkan bibirnya kesal.

                                ~~~

Adriyan POV

       Hari ini keluarga gw resmi pindah ke rumah di samping rumah Ayana, yap, kita resmi tetanggaan lagi. Jangan heran kenapa cepet banget pindahnya, bisa di bilang bokap gue tuh bucin banget ke nyokap. Apapun yang nyokap gue mau, pasti sebisa mungkin bakal dia wujudin. Tapi menurut gue sih bukan bucin sih, tapi suatu bentuk penghargaan bokap terhada nyokap karena dia udah ngelahirin anak se ganteng gue, dih gue ngomong apaan sih?

       Saat ini gue lagi di gerbang depan rumah, gue sendiri ga ngerti apa yang lagi gue lakuin. Yang jelas tadi Om Haikal dateng ke rumah diundang makan malem sama bokap nyokap, tapi Ayana ga ikut, dia bilang kalau Ayana belum pulang. Sekarang udah jam 10 malem, Om Haikal masih di rumah gue, tapi gue malah keluar buat nanyain ke satpam rumah Ayana dia udah pulang belum, ternyata masih belum.

"Lo kemana sih Ay?" batin gw khawatir.

       Jelas ajalah gue khawatir, jam 10 malem gini dia belum pulang. Gue udah singkirin ego gue buat nelfon Ara nanyain dia sama Ayana ga, Ara sempet bingung kenapa gue bela - belain telfon dia, gue pake alesan kalo Ayana di cariin bokapnya, tapi ternyata Ayana ga sama Ara.

"Di mana sih dia?! Kan dia ga punya temen selain Ara!!" batin gw frustasi.

        Tiba - tiba ada mobil berhenti di depan rumah Ayana, tapi gue yakin itu mobil punya bang Keylan. Dan bener!! Sepersekian detik bang Keylan turun terus lari buat ngebukain pintu sebelahnya, turunlah seseorang di mobil sambil mereka tertawa entah karena apa.

"Damn it!! Ayana coyyyyy" umpat gue dalam hati.

"Hahahaha, gue juga jomblo dari embrio kok bang," ucap Ayana sambil tertawa. Sumpah, kalo gue lagi ga panas liat dia sama abang gue, gue pasti bakal ikut senyum liat ketawanya yang ARGHHHH.

"Oiyaaa?? Jadian sama gue aja gimana? Nyoba dulu, kali aja jodoh kan ya," nah nah, gue makin panas denger omongan bang Keylan, Ayana malah ketawa lagi, mereka belum sadar akan hadirnya gue guysss, berasa nyamuk dah.

Ayana sudah membuka mulutnya hendak menjawab ucapan bang Keylan, tapi kayanya dia keburu sadar ada gue, akhirnya dia malah nyapa gue.

"Eh Adriyan? Ngapain di situ?" sapanya pada gue.

"Nyari jangkrik," dan gw langsung merutuki mulut gw sendiri, bisa - bisanya ngomong se absurd.

Sedangkan bang Keylan sama Ayana ngerutin dahinya, bingung maybe.

"Nyari jangkrik mah di kebon sono, banyak Yan," ucap bang Keylan.

"Hm..." gw hanya bales dengan deheman.

"Lo malem - malem di luar gini beneran cuma nyari jangkrik? Kurang kerjaan banget gila," komen Ayana dengan nada ketus. Eh, tapi bentar, dia polos banget apa gimana sih? Masa omongan absurt gue di anggep serius sama dia.

" Nyesek banget woyyy, kemaren waktu abis nyanyi ngomong sama Wawan aja halus gitu, lembut banget, manja - manja gimana gitu, lah ngomong sama gue nadanya gitu amat ya? Ketus gitu ealah, sebebernya dia emang suka gue ato engga sih?" batin gw menggebu - gebu.

Gw tersenyum miring, "Ya mending  kurang kerjaan lah, daripada lo, cewek - cewek jam segini baru pulang, abis ngapain? Manalagi kemaren manja - manjaan sama Wawan, peluk - pelukan di depan panggung, sekarang sama abang gue? Murahan banget sih lo, semua cowok lo deketin," nahh kannnn gue kalo lagi emosi suka ga kekontrol gini omongannya, soalnya udah kebiasaan ngomong pedes ke chili local yang sering deketin gue di sekolah.

       Gue liat Ayana melebarkan matanya kaget, tapi sedetik kemudian dia malah senyum, gue gatau arti dari senyum itu apa, bang Keylan juga udah natap gue tajam kaya singa ketemu mangsanya. Disini gue baru ngeh, omongan gue kelewatan banget ya?

"Adriyan!! Lo itu apa - apaan sih?!?!" bentak bang Keylan ga terima. Ayana ngelus - elus tangan bang Keylan buat nenangin, terus dia ngebisikin Keylan sesuatu, setelah itu Keylan masuk ke dalem rumah sama mobilnya.

"Kalo gue murahan emang kenapa? Masalah buat lo? Gue ga merugikan lo kan? Lagian gue juga ga pernah kok minta - minta uang ke cowok yang deket sama gwmue, bokap gue udah tajir woeyy," ucap Ayana dengan nada juga ekspresiyang super - super sinis.

"Apa salahnya gue deket sama cowok? Emang ada undang - undang yang ngelarang? Terus dengan deketnya gue sama cowok, lo langsung nge-jude gw sebagai cewek murahan gitu? Punya otak itu di pake!" lanjutnya. Jlebb banget gila.

       Ekspresi Ayana masih sinis sama gw, tapi matanya sekarang mulai berkaca - kaca, disitu gue udah ngerasa bersalah banget.

"Sebenernya tu gue punya apa sih sama lo Yan? Sampe segitunya lo ga suka sama gue, ga mau ngelirik gue yang udah mati - matian ngejar - ngejar lo, lo tau? Alesan gw berubah lagi jadi kaya sekarang? Itu lo yan!!! Hahaha gue konyol banget, bisa - bisanya punya rasa sama cowok modelan lo," sarkas Ayana.

"Lo gaada salah apa - apa sama gue Ay," sumpah sebenernya gue mau ngomong gitu, cuma ga bisa, akhirnya gw cuma ngebatin doang.

"Oke, masalah perasaan emang gue yang salah, udah tau akhirnya bakal gini, kenapa tetep keukeuh buat ngejar lo. Hahaha, gue goblok banget kan? Tapi makasih, berkat lo, gue bisa berubah kaya sekarang, gue juga udah bisa percaya lagi akan sosok teman," ucapnya lembut, gue masih belum bisa nggomong, gue speechless, dari kecil Ayana ga pernah gini, kalaupun berantem, dia lebih milih kabur ke kamar terus nangis. Gilaaa, untuk pertamakalinya mulut gue di bungkam sama cewek.

"Gue pamit, selamat, lo gaakan dapet gangguan dari cewek MURAHAN ini lagi," pamit Ayana sambil menekan kata 'murahan', habis itu dia langsung lari masuk ke rumahnya, dan tololnya gue bikin dia nangis!!!

"BRENGSEK!!" umpat gue ke diri gue sendiri sambil balik badan and nonjok gerbang yang ga punya salah apa - apa.

ADRIYAN AYANA (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang