Selang satu jam kemudian akhirnya pertemuan dengan Koh Rudy selesai juga. Rapat tadi membicarakan teknis dan pembagian tugas dalam peliputan untuk Sudirman Cup mendatang. Aku, mbak wid dan mbak naf akan bertugas di sana selama hampir dua minggu. Aku kebagian meliput off court atau kehidupan para atlet ini di luar lapangan. Meliput persiapan dan latihan latihan mereka. Sedang mbak wid dan mbak naf akan bergantian meliput jalannya pertandingan.
"Ja tar jangan jangan lu liput Fajar doang yang lain kagak" celetuk mbak wid kompor.
"Inget Ja yang berangkat 20 atlet lu harus liput semuanya. Awas aja tar isinya fajar mulu" kali ini mas deri menimpali.
"Paan sih woi. Yang ada gue males ngeliput dia. Dapet bahan kagak malah berantem mulu tar" ucapku sebal yang diikuti tawa mereka. Emang pada bahagia banget ngebully aku.
Aku dan yang lain pun kembali ke ruang media, melanjutkan pekerjaan yang sempat tertunda. Begitu memasuki ruangan, ternyata sepi sekali. Tak ada satu manusia pun di sini.
"Loh Arik kok ga ada" teriakku panik mengetahui Arik sudah tidak ada di tempat.
"Jalan jalan keluar kali Ja. Lu telpun kevin coba siapa tau diajak ma kevin. Kan udah pada kelar latihannya" kata mbak wid mencoba menenangkan.
Namun belum sempat aku menekan panggilan kepada Kevin, ternyata dia sudah muncul di ruangan ini.
"Arik mana Ja? Mau gue ajak main"
"Lah gue pikir dia ama lu. Gue abis rapat ama koh rudy balik balik dia udah ga ada" kataku semakin panik
"Gue baru kelar latihan langsung ke sini. Belum ada ketemu Arik. Coba cari keluar yuk"
Aku dan kevin keluar mencari keberadaan Arik. Mas Deri dan yang lain juga ikut membantu. Bahkan suster Dewi dan beberapa atlet juga akhirnya turun tangan dalam pencarian.
"Kemana lagi coba vin. Satpam semua udah ditanyain katanya ga ada yang ngeliat Arik. Masa dia keluar dari sini sih" ucapku sedikit terisak karena panik.
"Coba cari lagi yuk. Ga mungkin kalo keluar. Satpam depan pasti liat kalo Arik keluar Ja. Jangan panik. Tenangin diri dulu"
"Kita cari sekali lagi Ja. Arik masih di sekitaran sini pasti" timpal mas rian
Kemana lagi aku harus mencarinya. Seisi pelatnas sudah diklelilingi untuk mencari keberadaannya namun hasilnya tetap nihil. Sekarang aku dan yang lain sedang berada di depan asrama putra. Lelah mencari daritadi dan tanpa hasil. Tangisanku semakin kencang. Rasa kawatirku semakin berlipat. Mengingat sudah hampir satu jam pencarian dan belum juga menemukan Arik dimana.
"Lapor polisi aja kali ya" celetuk Jorji
"Lapor juga percuma belum 2x24 jam. Udah cari lagi aja dulu yuk. Gue yakin Arik masih di sini" kata kevin sambil mengusap punggungku mencoba menenangkan.
Selagi aku dan yang lain akan kembali melakukan pencarian, suster dewi teriak sambil menunjuk seseorang di kejauhan.
"Itu Arik bukan yang digendong Fajar?"
Dari kejauhan tampak Fajar sedang menggendong anak kecil yang sedang terisak, kepala kecilnya meringkuk dibalik leher Fajar. Sepertinya memang Arik. Aku bergegas mendekat, memastikan apakah itu benar Arik atau bukan.
"Ya Allah.. kemana aja kamu nak. Ibu nyariin kamu daritadi" benar itu memang Arik. Segera aku menggendongnya
"Lu ketemu Arik dimana Jar?" Tanya mbak wid
"Gue tadi niatnya mau lari siang bentar. Eh nemu anak kecil nangis di pinggir lapangan. Abis jatuh. Nyariin ibunya. Taunya anak lu Ja?"
"Iya ini anak gue Jar. Makasih ya udah nolongin dia" kataku sopan
"Kalo ga becus punya anak jangan kegatelan bikin anak dong. Ga kasian apa lu ama dia. Nangis daritadi"
Sontak aku dan beberapa orang di sini kaget. Tidak menyangka Fajar akan berbicara sekasar itu. Bahkan Arik yang sudah terdiam kembali menangis.
"Jar kasar amat sih" tegur mas Rian
"Emang iya kan. Kalo ga becus jangan punya anak. Maen ditinggal tinggal gitu aja" katanya lagi dengan ketus
"Mulut lu ya Jar" kali ini giliran mbak wid yang bersuara
"Yaudah yuk Arik ikut ncus dulu biar diobatin itu kakinya" kata suster dewi sambil mengambil Arik dari gendonganku. Membawanya ke ruang medis diikuti mbak wid dan yang lain.
Sekarang hanya tinggal aku, Fajar dan Kevin saja yang tersisa.
"Ga nyangka gue Ja. Lu ngilang dari gue buat kawin ama yang lain? Pantes gue cariin ke rumah lama pada pindah. Taunya udah kebelet kawin. Gatel sih ya" ucap Fajar sinis
"Jar.. asal lu tau. Arik itu anak.."
"Vin udah !!!" Segera ku potong ucapan Kevin sebelum dia keceplosan dan mengatakan siapa ayah dari Arik. Situasinya belum tepat untuk mengatakannya sekarang.
"Terserah jar lu mau ngomongin gue apa. Tapi makasih banyak lu udah nolongin anak gue" kataku mencoba sekuat tenaga menahan emosi. Lalu pergi meninggalkan Fajar menyusul Arik ke ruang medis.
Di ruang medis tampak Arik sudah tidak menangis, masih dipangku suster Dewi.
"Ibu..." katanya begitu melihatku
Aku pun langsung mengambilnya dari pangkuan suster dewi. Memeluknya dengan erat
"Arik gapapa cuman lecet lecet dikit. Udah ga nangis tuh. Anak pinter ya Arik" jelas suster dewi.
"Makasih ya ncus. Arik udah bilang makasih belum?" Tanyaku ke Arik
"Udah dong. Anak lu pinter ya Ja. Cerewet banget" celetuk suster dewi
"Ga sia sia yaa ncus gue bayar sekolah mahal mahal" selorohku
Tak lama setelah itu ada seseorang yang perlahan membuka pintu ruang medis.
"Ariiiikkkk..." serunya begitu masuk
"Om Keviiinn" balas Arik tak kalah riang
"Gimana udah ga sakit kakinya?"
"Udah gak om. Diobatin sama ncus" jawabnya
"Jangan nangis lagi ya. Jagoan ga boleh cengeng" ujarnya sambil mengacak rambut Arik
"Iyaa om. Ibu maafin Arik ya bu"
"Kenapa minta maaf nak?" Tanyaku heran
"Maafin Arik ya bu. Gara gara Arik ibu dimarahin Om Fajar" sambungnya lagi
Aku dan kevin hanya bisa terdiam dan saling berpandangan satu sama lain. Jujur aku sangat kesal dengan sikap Fajar tadi. Selama ini dia bebas mengataiku apa saja semau dia, aku masih bisa menahan. Namun kali ini sangat ku sayangkan mengapa dia bisa setega itu marah di depan Arik. Anak sekecil itu belum pantas melihat kejadian sekasar itu.
"Arik.. sekarang ikut om kevin yuk. Arik pasti laper kan? Kita cari makan di luar sekalian beli mainan mau ga?" Ajak Kevin mengalihkan perhatian
"Mau.. tapi sama ibu ya om"
"Ibu ga bisa sayang. Ibu harus kerja" bukannya mau menolak tapi memang pekerjaanku belum selesai
"Arik ama om kevin aja. Tar om kevin beliin spiderman yang gede deh ya" bujuknya
"Vin lu jangan manjain anak gue napa vin. Boros amat lu"
"Boros apaan sih Ja. Cuman beli mainan doang kok" kilahnya
"Lu tuh yaa harus irit. Inget lagi bikin rumah, butuh banyak biaya. Semen ga mungkin dateng sendiri" omelku
"Iyee iyee.. bawel amat kek mak mak" celetuknya asal
"Gue emang mak mak"
"Yaudah yuk Arik kita jalan sekarang. Daripada liat ibu ngomel mulu" katanya sambil menggandeng Arik ngeloyor aja pergi meninggalkanku.
Yang tanpa aku sadari, ada sepasang mata sedang menatap kami sedari tadi. Menyaksikan semua interaksi yang terjadi dengan tatapan yang sulit untuk diartikan.
Kenapa lagi Jar?
KAMU SEDANG MEMBACA
Are You Really The One (?)
Fanfiction"Ga nyangka gue kalo lu udah punya anak. Jadi janda pula" - Fajar Alfian, 24 tahun "Andai kamu tau, ini anak siapa. Pasti kamu ga akan bisa ngomong gitu" - Senja Adriana, 24 tahun "Kata ibu ayah Arik kerja di luar negeri. Masa sampai sekarang ga pul...