Setelah melewati penerbangan yang jauh dan sangat melelahkan akhirnya aku dan tim Indonesia sampai juga di Nanning China untuk mengikuti turnamen Sudirman Cup. Kita menjadi tim pertama yang mendarat di China. Sedangkan tim negara lain baru akan tiba besok dan lusa. Memang sengaja kita berangkat lebih awal agar bisa menyesuaikan diri dengan keadaan di sini. Apalagi sekarang sedang bulan puasa. Kita harus bisa beradaptasi dengan cuaca dan lamanya waktu berpuasa.
"Gilaa panas banget ya di sini. Neraka bocor kali ya" celetuk mbak wid padahal dia baru saja selesai mandi. Iya aku sekamar dengan mbak wid dan mbak naf.
"Kalo kaya gini bisa bisa besok gue ga puasa nih" sambungnya lagi
"Laaahh itu mah maunya lu aja kali mbak ga puasa" gerutuku yang diikuti dengan cibiran dari mbak naf.
Setelahnya kita sibuk dengan kegiatan masing masing. Mbak Naf yang memang masih menjadi ibu menyusui tengah sibuk pumping. Perjuangan ibu yang bekerja ya. Badan udah capek masih mikirin ASI buat anak. Luar biasa memang. Sedangkan mbak wid sibuk mengeringkan rambutnya yang basah setelah keramas. Dan aku tengah sibuk membuka koperku. Menata baju mana yang akan ku pake besok.
"Lah.. deodoran mpin" celetukku tanpa sadar ketika ku temukan deodoran yang dibeli kevin kemarin lusa ada padaku.
Seperti ikan yang mendapat umpan, dua ibu ibu tukang gosip ini langsung mendekat padaku menuntut penjelasan.
"Orang lain mah Ja kalo pacaran tuh tukeran baju ato tukeran hape paling mentok. Lah lu tukeran deodoran. Ga sekalian tukeran ketek?" sungguh ngawur sekali ucapan mbak wid ini
"Lambee tolong yaa.."
"Trus napa tuh deodoran ada di tas lu Ja? Ga mungkin jalan sendiri kan ya" kepo banget emang mbak wid ini
"Kemaren lusa gue ama dia abis belanja bareng. Kayanya nih deodoran kebawa di tas belanjaan gue deh mbak. Masih baru ini tuh belum bekas ketek" kataku sambil menunjukkan deodoran yang masih tersegel itu
"Gilee.. belanja bareng. Susah emang kalo hawa hawa mau berumah tangga gitu" ledek mbak naf
"Teroooossss aja teroosss bully gue. Udah ah mau mandi dulu. Gerah" sahutku sambil berlalu menuju kamar mandi.
Berada di bawah guyuran shower selama kurang lebih 30 menit ternyata cukup ampuh untuk meredakan lelah perjalanan tadi. Badan menjadi lebih segar.Begitu selesai mandi, ku lihat mbak wid dan mbak naf sudah tepar semua di kasur masing masing. Padahal waktu baru menunjukkan pukul 9 malam di sini. Rasa lelah membuat mereka bisa dengan gampangnya tertidur. Beda denganku yang justru terang benderang matanya tanpa rasa kantuk sama sekali menghinggapi.
Akhirnya ku putuskan untuk jalan jalan sebentar keliling kawasan hotel. Sekalian mencari angin. Maklum di sini hawanya lebih panas dari Jakarta. Bahkan di malam hari pun masih terasa gerahnya.
Ku susuri lorong demi lorong hotel namun tak ada seorang pun yang ku kenal berpapasan denganku. Apa mereka juga sudah tidur seperti dua emak emak yang ada di kamarku? Sepi sekali.
.
.
.
."Haloooo ibuuuu..." sapanya riang
"Haloo sayangku. Belum tidur?"
Sudah jelas kan siapa yang sedang aku telfon, panggilan video lebih tepatnya. Sedari tiba di sini tadi aku memang belum mengabari rumah. Baru sekarang aku sempat memberi kabar. Perbedaan waktu yang hanya satu jam dengan Jakarta cukup memudahkanku untuk berkomunikasi dengan keluarga. Tidak seperti waktu Tur Eropa kemarin yang lumayan menyulitkan. Disaat aku bangun masih beraktifitas Arik di rumah sudah terlelap.
"Belum ibu.. ini ibu dimana? Kok ga di hotel?" Kritis sekali memang ini anak.
Sambil ku putar kamera hapeku. Ku edarkan ke sekeliling agar Arik tahu ibunya sedang di mana "Ini di hotel nak ibu. Lagi di taman depan hotelnya"
"Ibu di luar kok ga pake jaket sih. Nanti sakit loh" duuhh.. hati mana yang ga meleleh diperhatiin segitunya sama anak sendiri
"Iya nak ibu lupa. Lagian di sini gerah banget. Arik tadi buka puasa pake apa? Kuat puasanya?"
"Walopun gerah ibu tetep harus pake jaket kalo di luar malam malam. Angin malam itu ga bagus loh bu" ini bocah kenapa udah jadi bujang aja sih. Udah bisa ngasih tau ibunya gini.
"Iyaa.. iyaa.. abis ini ibu masuk kok. Ibu tanya kok ga dijawab sih" kataku pura pura merajuk
"Kuat ibu puasanya tadi sampe magrib. Buka dimasakin yangti ayam goreng sama sop. Ibu puasa ga? Kuat ga?"
"Kuat dong.. masa Arik kuat ibunya ga kuat. Malu atuh"
"Ibu di sana sampe kapan? Masih lama?" Raut wajahnya berubah sedikit sendu.
Pekerjaan baruku sebagai jurnalis bulutangkis ini hampir sepenuhnya menyenangkan, hanya satu hal yang kadang memberatkanku. Ya seperti sekarang ini saat aku harus meliput pertandingan di luar negri hingga berhari hari atau bahkan kadang hingga hampir sebulan. Sedih karena harus meninggalkan Arik. Sedih ketika ditanya ibu kapan pulang padahal baru juga tiba. Sedih ketika tau aku harus tetap terlihat tegar saat Arik menangis merindukanku. Namun mau bagaimana lagi, inilah caraku agar Arik tercukupi semua kebutuhannya. Aku hanya bisa berharap Arik bisa mengerti dengan keadaan ibunya.
"Baru juga sampai nak. Masih 10 harian lagi ibu pulangnya. Sabar ya nak" jawabku memberi pengertian
"Jangan lama lama dong bu. Arik kan kangen sama ibu" duuhh.. hati ibu mana yang ga sedih kalo dibilangin gini sama anaknya
"Kan kemarin Arik udah janji ke ibu bakal jadi anak pinter pas ibu tinggal kerja"
"Iyaa ibu..."
Ekspresi mukanya tiba tiba berubah menjadi ceria dan seketika berteriak dengan riangnya.
"Om Fajaaaarrr"
Hah.. siapa?
KAMU SEDANG MEMBACA
Are You Really The One (?)
Fanfiction"Ga nyangka gue kalo lu udah punya anak. Jadi janda pula" - Fajar Alfian, 24 tahun "Andai kamu tau, ini anak siapa. Pasti kamu ga akan bisa ngomong gitu" - Senja Adriana, 24 tahun "Kata ibu ayah Arik kerja di luar negeri. Masa sampai sekarang ga pul...