Part 35

2.4K 205 4
                                    

"Nduk kamu berangkat turnamen lagi kapan?" Tanya Mama di sela sarapan pagi ini.

Dua hari lagi, aku dan tim bulutangkis Indonesia akan bertolak ke Basel untuk mengikuti turnamen bergengsi kejuaraan dunia. Salah satu turnamen yang dinanti nantikan tidak hanya bagi para atlet namun juga penggemar bulutangkis. Bagaimana tidak, turnamen ini termasuk dalam ajang elit perbulutangkisan. Hanya atlet yang menduduki peringkat atas saja yang mendapat undangan untuk bertanding. Selain itu bagi para peraih medali emas akan secara otomatis lolos dalam Word Tour Final yang diselenggarakan setiap akhir tahun. Jadi bisa dipastikan nanti para atlet akan berjuang habis habisan di turnamen ini. Aku pun tak sabar melihatnya. Pasti mereka akan menyuguhkan pertandingan yang menarik.

"Lusa Ma, titip jagain Arik lagi ya Pa, Ma. Maaf kalo Eja ngerepotin kalian terus"

"Ngerepotin apanya tho nduk. Udah seharusnya kami ini jagain Arik. Wong Arik itu cucu Papa sama Mama paling disayang" ucap papa membuatku tersenyum tenang.

"Perlengkapanmu udah siap semua? Dicek lagi siapa tau ada yang kurang"

"Udah semua ma, tinggal angkut aja" sahutku

"Ibu perginya nanti berapa lama?"

"Arik kalo ngomong nasinya ditelan dulu atuh nak, kesedak nanti" sahutku sambil membersihkan sisa nasi yang menempel pada bibirnya.

"Ibu perginya ga lama, cuma 10 hari nak. Stok buku cerita Arik aman sampai ibu balik nanti. Arik gapapa kan ditinggal ibu kerja?"

"Iyaa bu, Arik kan udah gede jadi gapapa ditinggal ibu kerja. Arik ga nangis bu" sahutnya sembari memamerkan deretan gigi susunya.

"Anak pinter. Nurut ya sama yangkung yangti, ga boleh rewel. Nanti kalo ibu udah pulang kita beli mainan sama buku cerita yang banyak. Mau?"

Tawaranku langsung disambut dengan anggukan penuh semangat darinya. Maaf ya Arik, ibu sering banget ninggalin kamu berhari hari. Mau bagaimana lagi nak, ini kerjaan ibu.

"Bu, Om Fajar ikut ke luar negeri juga ga?" Pertanyaan yang meluncur dari bibir mungilnya membuat kami semua berhenti menyantap makanan.

"Ikut nak, kenapa emangnya?"

"Pantes Om Fajar ga pernah kesini lagi ya bu, sibuk latihan terus pasti dia ya biar jadi juara" katanya polos.

Sesekali Fajar memang datang ke rumah, sekadar bermain layang layang di lapangan kompleks atau bersepeda berkeliling dengan Arik. Namun semenjak kejadian Sudirman Cup dulu Fajar sudah tidak lagi berkunjung.

"Bu, bilangin ke Om Fajar ya kalo udah ga sibuk suruh ke sini gitu. Arik mau main layang layang lagi sama Om Fajar. Om Fajar kalo nerbangin layang layang bisa tinggi banget bu, yangkung mah kalah"

Perutku langsung terasa melilit. Terdiam. Lama.

"Nduk.."

"Jangan sekarang Pa, Eja gak mau gegabah" potongku seolah tau apa yang hendak dikatakan oleh papa.

Aku mengusap dahiku. Menghembuskan nafas berat, berharap menemukan sedikit kelegaan. Namun nihil, dadaku masih terasa sesak dengan perkataan Arik barusan.

"Iya nak, makanya Arik bantu doain Om Fajarnya dong biar jadi juara. Biar bisa main ke sini lagi sama Arik" kataku sembari melihat jam yang terpasang di pergelangan tanganku.

Masih ada banyak waktu sebenarnya, namun aku memutuskan untuk berangkat sekarang saja. Menghindari macet dan yang paling penting adalah bisa kabur dari perbincangan ini. Karna jujur aku masih belum bisa untuk mengatakan yang sebenarnya. Fajar dan Arik memang berhak tau kenyataannya seperti apa. Namun aku tidak yakin Arik akan bahagia setelah tau semuanya. Aku takut dia nantinya malah sedih dan merasa dicampakkan oleh ayahnya.

"Ibu berangkat dulu ya Nak. Makannya dihabisin ya.. sekolah yang pinter ya sayang. Ma, Pa Eja berangkat kerja dulu ya.. assalamualaikum" pamitku sembari bersiap untuk keluar rumah.
.
.
.
Pelatnas masih sangat lengang pagi ini. Jam latihan belum dimulai, hanya ada beberapa atlet pratama yang sedang lari di lapangan. Atlet utama belum tampak batang hidungnya.

"Diusir dari rumah apa gimana nih, bawa koper gede banget"

Langkahku terhenti, ku edarkan pandanganku mencari sang empunya suara. Tampak seorang pria tengil yang bisa kalian tebak siapa dia, dengan muka memerah dan bersimbah peluh. Habis lari pagi sepertinya.

Aku mendecih sebal, alih alih membantuku yang sedang kepayahan menggeret koper dia justru meledekku "Bantuin dulu napa, ngledeknya tar aja"

Tanpa menjawab dia pun langsung mengambil pegangan koperku dan menyeretnya pelan sembari jalan berdampingan denganku.

Sudah menjadi kebiasaanku begitu bertugas di sini, setiap akan ada liputan turnamen ke luar negeri maka aku akan mulai menyicil barang bawaanku dua atau tiga hari sebelum keberangkatan. Mengingat selama ini moda transportasiku memakai ojek online, akan sangat merepotkan jika harus membawa semua perlengkapanku dalam sekali waktu.

"Gimana? Udah siap? Taun ini emas ya" tanyaku pada Kevin

"Doain makanya biar gue mainnya bagus terus menang"

"Gue doain terus pokoknya mah" kataku

"Yang didoain gue doang apa ada yang lain Ja? Fajar lu doain juga ga?" Rese amat sih ini orang.

"Napa jadi bawa bawa Fajar sih Vin. Jadi bete gue" sungutku sebal

"Jangan ngambek dong Ja. Eh ngomong ngomong soal Fajar. Lu udah kelarin tugas dari Koh Hery belom Ja?"

Aku memandangnya dengan tatapan penuh curiga. Darimana dia tahu tugas yang dimandatkan Koh Hery tempo lalu padaku itu.

"Kok lu tau sih Vin? Siapa yang ngomong?"

"Taulah.. orang itu idenya Jombang. Dia udah bingung mau ngasih support gimana lagi ke partnernya. Koh Hery juga pusing, udah segala macem cara dilakuin tapi tetep aja performa mereka ga naik naik juga. Makanya Jombang ngasih tau ke Koh Hery siapa tau kalo lu yang ngomong, Fajar bisa termotivasi gitu" bebernya panjang lebar.

Muhammad Rian Ardianto ini minta dikepret banget ya. Udah tau kalo aku sama partnernya ga pernah akur. Eh dia malah ngasih ide luar biasa ini. Emang kurang ajar tuh Jombang. Awas aja nanti kalo ketemu.

"Lusa kita udah berangkat loh Ja. Masa lu tega ngeliat Fajar masih down gitu? Coba ajak ngobrol deh" sambung Kevin, ini makhluk juga paling pinter kalo disuruh ngompor ngomporin.

"Yaaahh.. kalo gue ama dia baek baek aja mah gampang vin ngomongnya. Tapi ini masalahnya, gue ama dia udah berbulan bulan ga ngomong. Tegur teguran aja kagak. Masa iya gue tiba tiba datengin dia terus ngasih motivasi kaya mario teguh. Yaa kan susah" jelasku padanya

"Lu coba aja dulu kali Ja, tegur dia baik baik. Dia tuh ga benci ama lu kok. Percaya deh ama gue"

"Mana tadi Arik juga nanyain Fajar gara gara udah lama ga main ke rumah. Pusing gue" kataku sambil menghela nafas.

"Lu tuh emang ya Ja. Pusing juga yang bikin kan lu sendiri. Napa pake ga mau ngomong yang sebenarnya aja. Tinggal ngomong jujur ke Arik sama Fajar kalo mereka tuh bapak sama anak. Arik lebih baik tau dari mulut ibunya Ja daripada dia tau dari orang lain. Kasihan kalo lu tutup tutupin mulu kaya gini" nasihatnya

"Tapi gue takut kalo nantinya Fajar ga mau nerima Arik. Kasian anak gue tar Vin ngerasa dicampakin ama bapaknya" jelasku

"Kan lu belom coba sih. Emang lu yakin kalo Fajar ga mau nerima Arik? Ja, sebrengsek brengseknya Fajar nih ya dia kalo ama Arik keliatan sayang banget. Naluri bapak sama anak tuh ga bisa diboongin Ja, mau lu tutup tutupin kaya gimanapun"

"Tapi Vin.."

"Tapi apalagi sih Ja. Udah deh lu sekarang mikir mau sampe kapan kaya gini. Tuh mumpung kantor masih sepi bisa lu pake buat mikir apa yang harus lu lakuin sekarang. Gue mau balik dulu persiapan buat latihan pagi" pamitnya sambil menaruh koperku di pojokan ruangan.

Dia pun berlalu setengah berlari, meninggalkan aku di ruangan ini sendiri dengan segala macam pikiran yang berkecamuk.

Andaikata aku punya kekuatan untuk bicara jujur pada mereka, pasti sudah ku lakukan sejak dulu. Sayangnya aku terlalu takut, aku masih belum siap menghadapi apa yang akan terjadi setelahnya

Are You Really The One (?)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang