(6)

21.4K 1.9K 64
                                    

"Ma, Aya balik ke asrama ya?" Tanya gue ke Mama disaat gue, Mama sama Bang Riza lagi makan malam.

Reaksi Mama beneran kaget tapi Bang Riza ya keliatan bodo amat, gue juga gak berharap dapet ekspresi luar biasa juga sih dari Abang cuma gak nyangka aja kalau Abang beneran bisa sesantai itu.

"Ay! Kamu gak mungkin tinggal disana lagi, kalau kamu tinggal disana Abang siapa yang ngurusin?" Gue tertawa garing dengan ucapan Mama sambilan melirik Bang Riza sesekali.

"Perasaan selama ini waktu Aya diasrama Riza ngurus diri sendiri juga bisa Ma, kalau memang Aya mau tinggal di asrama ya gak papa, Riza gak keberatan." Bang Riza ikut buka suara.

"Mama yang keberatan." Haha.

Gue sebenernya udah ngebahas masalah ini sama Abang sebelum mutusin untuk minta izin Mama, ya seperti tebakan gue, Abang sama sekali gak keberatan dan malah mungkin nganggep ucapan gue kagak serius waktu itu makanya pas gue ngomong beneran sama Mama, mukanya biasa aja.

"Ma, Aya udah semester lima lo, Aya udah bisa jaga diri lagian pindahan cuma makan waktu dan tenaga, cuma untuk tiga semester terakhir Ma, setelah lulus, Mama mau Aya tinggal dimana aja juga gak masalah, ya Ma." Bujuk gue.

Sebenernya alasan gue tetap mau tinggal diasrama gak dikit, selain menghindari waktu gue yang dipaksa untuk bareng Bang Riza, gue memang lebih nyaman disana, gue bisa ngurusin diri gue sendiri, gue mau gue lebih mandiri.

"Tapi_

"Ma, kalau gitu setiap hari minggu Aya pulang deh!" Dan tatapan membunuh Bang Riza udah tertuju jelas ke gue.

Lagian si Abang juga gak usah natap gue pake emosi, memang dia punya solusi yang lebih baik? Ketemu gue setiap hari minggu bukannya lebih baik dari pada kudu ngadepin gue setiap hari? Tar alasannya keburu basi sama Mama.

"Yaudah tapi kalau Mama suruh pulang, Aya gak bisa nolak dan Mama juga gak akan nerima alasan apapun." Gue mengacungkan jempol cepat.

.
.
.

"Dek, kamu bisakan kalau ngebujuk itu jangan tanggung-tanggung? Hari minggu itu hari bebasnya Abang, kalau setiap hari minggu Abang kudu bareng kamu tar Gea pasti salah paham." Protes Bang Riza mendobrak pintu kamar gue.

Ini ni yang namanya orang gak tahu terima kasih, udah bagus gue mau nyari solusi, bukannya bersyukur tapi malah protes, bisanya cuma ngomong didepan gue tapi begitu ngadepin Mama seolah bisu gak punya suara.

"Terus Abang mau Aya gimana? Memang Abang punya solusi yang lebih baik? Coba Abang aja deh yang ngebujuk Mama, Aya mau liat cara Abang ngebujuk tanggung-tanggung atau bahkan gak mempan sama sekali?" Dan Bang Riza udah siap dengan kepalan tangannya mau ngejitak gue.

"Kenapa diem? Abang punya solusi lain gak? Solusi yang lebih okey, enggakkan?" Gue nepis tangan Bang Riza.

"Lagian ya Bang, Kak Gea kudu salah paham kenapa? Abang tanya deh sama Kak Gea, dia lebih milih Abang ketemu Aya tiap hari apa milih sedikit lebih pengertian dengan ngebiarin Abang nyisihin waktu hari minggu Abang doang?" Gak habis pikir gue, mau direstuin tapi kok gak sabaran.

Ini lagi, apaan? Salah paham? Yaelah kudu salah paham kenapa coba? Memang gue sama Bang Riza mau ngapain? Kalau memang dia ada urusan atau mau ketemu Kak Gea sekalipun ya terserah, memang pernah gue larang? Asal waktu Mama marah jangan ngejadiin gue tameng aja.

"Bang, Abang tahukan, Aya ngelakuin semua ini untuk ngabantuin Abang, Aya rela ni nikah sama Abang semuanya untuk apa? Untuk ngasih waktu Abang jugakan? Kalau seandainya Abang nikah sama perempuan lain, belum tentu dia mau ngelepasin Abang buat ketemu perempuan lain gitu aja, harusnya Abang bersyukur."

"Aya cuma bisa bantu segini, kalau memang Abang keberatan okey, silakan cari solusi lain untuk Mama, Aya ngikut aja." Mengabaikan Bang Riza, gue kembali memakai kacamata gue dan mulai fokus dengan bacaan gue lagi.

"Terus kamu mau Abang gimana? Kalau ngebantuin itu yang ikhlas." Ya Allah.

"Yang ngomong gak ikhlas siapa Abang? Lagian bukannya semuanya ini rencana Abang, Abang nilah sama Aya cuma supaya Bunda gak maksa Abang nikah sama orang lainkan? Oke Aya udah ngebantuin sekarang kenapa malah Abang tanya Aya gimana? Abanglah yang nyari solusi."

"Panjang bener Ay." Heh, gue ngomong panjang kali lebr gini supaya yang hampir berkepala tiga ini ngerti yang bahwasanya gue udah ngebantu banyak jadi tolong diapresiasi sedikit usaha gue.

"Lagian Abang pun satu, apa sih Bang yang ribet banget? Kalau memang Kak Gea serius kenapa gak terus ngebujuk Mama, orang tua mana yang gak akan luluh coba? Usaha Bang usaha."

Capek gue, gue udah bilang kalau gue akan ngebantu Bang Riza tapi tolong, ngertiin sedikit posisi gue juga, ya namanya juga ngebujuk, mau Mama ngasih jawaban apapun ya mau gimana? Kalau Mama mau ikut mau kita itu namanya bukan ngebujuk tapi maksa.

Kadang gue heran sama Abang, udah jelas-jelas Bang Riza tahu alasan Mama nolak Kak Gea apa, okelah cinta bikin buta tapi cinta gak sampe nipu diri juga, nurut gitu aja mau pacar dengan mengatasnamakan cinta, lagian yang gue heran kalau memang Kak Gea mau balikan sama Bang Riza, harusnya yang kudu dideketin Mama bukan malah gue yang diancem.

Nah gak cuma itu, sayangnya lagi Abang gue juga udah mulai bego, kalau memang pacarnya udah gak mau usaha ngebujuk Mama bukannya itu berarti pacaranya gak tulus? Kita ni kalau suka sama seseorang, mau ditolak segimanapun tetep aja gak bakalan nyerah, orang tua pasti akan luluh asal mau usaha, lah ini boro-boro usaha, maunya malah cuma Abang yang turun tangan.

Kadang gue kesel sendiri kalau mikirin nasib Abang gue, buta sama cinta, mending kalau cintanya patut diperjuangin tapi nyatanya, yang berjuang mati-matian cuma Bang Riza, parahnya gue malah dibawa-bawa, kan berasa gue yang lagi berjuang.

"Ay, kamu mulai pinter ngomong sekarang." Ucap Bang Riza noyor kepala gue, gue langsung melayangkan tatapan membunuh gue, kepala gue bukan bantal yang bisa ditoyor sesuka hati, otak gue itu investasi masa depan.

"Ini semua juga Abang yang ngajarin, nyesel?" Balas gue kembali masih fokus ke buku.

Kan dulu sewaktu gue banyakan diem dikata gak pinter bela diri sendiri, pasrah aja dikatain sama orang nah giliran gue mempertahan diri dengan bales semua ucapan orang yang ngatain gue dikata pinter ngomong, ini ni contoh orang yang gak konsisten, konsistensinya kaya harga saham, perubahannya hitungan detik.

"Dek, kamu_

"Apa?" Gue bahkan mendeprak meja sekarang, ngeselin lama-lama.

"Santai! Sebelum balik ke asrama kasih tahu Abang, Abang yang anter." Gue mengangguk pelan, Bang Riza keluar nutup pintu kamar gue dan mendadak suasana balik hening.

Why Him? (End)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang