"Bagi Abang! Keluarga masih diurutan paling pertama." Gue tersenyum untuk jawaban Abang.
"Terus Kak Gea?" Mau diurutin nomer berapa?
"Gea? Gea penting tapi kamu sama Mama jauh lebih penting! Abang hidup dan tumbuh dengan kasih sayang kalian berdua, didunia ini gak ada yang lebih peduli sama Abang kecuali kalian."
"Gea? Abang ketemu Gea baru beberapa tahun, rasanya terdengar aneh kalau Abang memposisikan Gea lebih dulu dari pada kalian, Abang cuma berharap suatu saat posisi Gea bisa setara dengan kamu sama Mama dihati Abang." Gue mengangguk mengerti.
Seiring berjalannya waktu, kita akan tumbuh dewasa dan ada saatnya orang lain masuk dan ikut menjadi bagian terpenting dalam hidup kita, mungkin ini yang Abang pikirin untuk Kak Gea dan gue mencoba mengerti itu, mengenai sikap baik Abang sama Mama, gue juga pernah nanya sama Mama, apa sikap baik Abang sama Mama itu karena mereka punya hutang budi sama keluarga gue? Jawaban Mama waktu itu bukan, gimana caranya mereka punya hutang budi kalau mereka aja gak tahu orang tua asli gue siapa?
"Yaudah kalau Adek ngerasa lebih baik ayo pulang, Mama pasti udah nunggu, Abang juga mulai laper."
.
.
."Assalamualaikum." Gue gue sama Bang Riza beberengan, gak lama, pintu terbuka yang menampilkan Mama dengan raut wajah khawatirnya.
"Waalaikumsalam! Ya Allah Dek! Adek kenapa balik ke asrama gak bilang-bilang sama Mama?" Tanya Mama memeluk gue tetiba.
"Maaf Ma!" Cicit gue membalas dekapan Mama gak kalah erat.
"Udah nostalgianya tar aja, Ma, Riza laper." Bang Riza mengusap kepala gue sekilas, tersenyum menenangkan dan masuk lebih dulu, disaat kaya gini gue ngerasa tinggal berdua sama Bang Riza mungkin gak akan jadi masalah besar.
"Dek! Mama mau bicara sebentar." Ucap Mama ngajak gue bicara di dapur, sambilan nyiapin makan malam Abang sih kayanya.
"Kenapa Ma?" Tanya gue ikut membantu.
"Kalau seandainya pilihan Mama membuat Adek merasa kecil hati Mama minta maaf, Mama melakukan semua ini untuk kebaikan kalian berdua." Ucap Mama berhenti tepat disamping gue.
Gue mengangguk pelan, gue juga tahu kalau Mama ngelakuin ini udah pasti mikirin yang terbaik untuk gue sama Abang, gak ada satupun alasan yang membuat gue harus ngerasa berkecil hati untuk permintaan Mama, kekesalan gue hilang gitu aja kalau inget semua yang udah Mama kasih ke gue.
"Aya ngerti Ma dan Aya yakin Abang juga ngerti, Mama yang paling tahu apa yang terbaik untuk Aya sama Abangkan? Mama gak perlu minta maaf kaya gini." Gue memeluk pinggang Mama dan tersenyum cukup manis.
"Oya Dek! Mama mau tanya, apa Alan tahu kamu udah nikah?" Pertanyaan Mama yang membuat gue hampir keselek air, kenapa Mama tiba-tiba nanya kaya gini?
"Belum! Kenapa Mama tanya gitu?" Jawab gue seadanya.
"Setelah tiga bulan Mama berencana mengadakan resepsi kalian, Dek, Mama memang menyukai Adek berteman sama Alan tapi bukan untuk lebih dari itu." Gue tersenyum canggung kali ini, apa Mama berpikiran gue suka sama Kak Alan juga?
"Ma! Aya gak akan lupa status Aya sekarang, walaupun ada perjanjian diantara Aya sama Abang tapi sebelum Abang resmi melepaskan Aya, Aya gak akan mikirin laki-laki lain." Semoga Mama ngerti maksud gue.
Ya walaupun gue sama Bang Riza akan cerai nanti tapi selama Bang Riza belum mengatakan kalimat cerainya, gue gak punya hak untuk mikirin laki-laki lain, lagian untuk sekarang gue juga akan ngikutin saran Mama, selama tiga bulan gue akan hidup selayaknya istri Abang tapi itu maksudnya Mama mau ngadain resepsi setelah tiga bulan apaan? Resepsi Bang Riza sama Kak Geakah? Mungkin.
"Mama tahu sayang, yaudah panggilin Abang sana suruh turun makan." Gue mengacungkan jempol dan berjalan naik masuk ke kamar Abang, awalnya berniat ngetuk dulu tapi ternyata pintunya memang terbuka.
"Bang! Abang! Turun makan dulu?" Panggil gue udah nyelonong masuk duluan, kan pintu gak ditutup, bukan salah gue dong langsung masuk.
"Abang! A_
Brukkk! Gue yang kaget malah gak sengaja nubruk Abang yang baru keluar dari kamar mandi, ya ampun ni orang, kalau berdiri dibelakang gue ngasih informasi dulukan bisakan? Gue gak akan kaget kaya gini, ini masih untung Abang keluar dari kamar mandi pakaiannya udah lengkap, kalau enggak, mata gue bisa ternodai.
"Kamu gak papa Dek?" Tanya Abang bangkit dari tubuh gue lebih dulu.
"Gak papa gimana, Abang itu berat asal Abang tahu, remuk ni tulang Aya!" Kesal gue, Bang Riza tertawa kecil dan menjulurkan tangannya membantu gue berdiri.
"Abang minta maaf, lagian kamu ngapain dikamar Abang?" Kalau gak ada kepentingan apa pernah gue masuk suka rela kemari? Perasaan enggak.
"Turun! Makan!" Ish, mengabaikan Abang yang masih terlihat nahan tawa, gue keluar dari kamar Bang Riza sambil mengusap pinggang gue, beneran encok ni kayanya, itu badan apa karung beras? Berat amat.
Keluar dari kamar Bang Riza, gue berjalan masuk ke kamar gue sendiri, narik handuk sembarangan dan mandi, gue mulai memperhatikan wajah gue dipantulan cermin, apa ada yang sama dari gue sama Bang Riza? Kayanya enggak ada deh, yang sama dari kita berdua tu cuma satu, alamat rumah doang.
Sadar Ay sadar! Kenapa tetiba lo malah mikirin Bang Riza? Lo gak punya kesamaan sama Bang Riza semua orang juga tahu, kenapa lo malah sibuk mikirin itu sekarang? Yang harus lo pikirin itu gimana kalau lo sama Bang Riza udah tinggal berdua nanti? Tanggung jawab lo bakalan berat, kayanya bakalan lebih tragis dari pembantu, pembantu aja lebih mendingan cuma ngurusin rumah lah gue bakalan kaya apa? Ngurus rumah, ngurus Abang tambah ngurus diri gue sendiri, ah berat.
Selesai beberes, gue keluar dari kamar mandi, sholat dan langsung menghempaskan tubuh gue asal diranjang, rambut masih basah aja gue udah gak punya tenaga buat ngeringin, gue biarin kaya gitu tar juga kering sendiri, nangis kejer kaya tadi tu bikin lelah, tidur adalah obat terbaik.
"Dek! Abang masuk ya?" Gue masih sadar buat denger panggilan Abang tapi tubuh gue udah gak kuat buat jawab panggilannya, pernah kan lo ngerasain kaya gini, lo yang udah ngantuk banget tapi ada orang yang manggilin, dan sekarang ngantuk gue udah gak tertolong.
Dengan mata masih terpejam gue sadar kalau Bang Riza masuk ke kamar gue, memperbaiki selimut gue dan mendudukkan tubuhnya disamping ranjang gue berbaring sekarang, Abang ngapain? Bantin gue, gue yang terlalu males buat buka mata hanya merasakan tangan Bang Riza meriksain kening, pipi sama leher gue, kayanya cuma ngecek keadaan gue doang.
"Kamu dan Gea bukan pilihan, Abang menyayangi kalian berdua dengan cara yang berbeda tapi kalau harus Abang milih salah satu dari kalian, Abang gak akan ragu untuk milih kamu Dek! Jadi jangan sakit." Gue tersenyum disela tidur gue mendengar ucapan Bang Riza, ini adalah kalimat terakhir yang gue denger sebelum bener-bener tidur gak inget dunia.
KAMU SEDANG MEMBACA
Why Him? (End)
Romance"Ma! Masa nikahnya sama Abang sih Ma? Gak memperluas keterunan ini mah, dari kecil sampe tua masa muka Abang juga yang kudu Aya liatin?" "Ma! Mama liatin anak gadis Mama, disuruh nikah udah kaya disuruh masuk medan perang, memang kurangnya Riza dima...