"Aya turun tadi dan ketemu Mama dibawah, Aya gak tahu mau ngasih jawaban apa seandainya Mama nanya Abang kemana." Gue tersenyum canggung dan berjalan turun tanpa memperdulikan apapun.
Gue berusaha sebisa mungkin untuk adil, gue gak mau mengecewakan Mama dan gue juga gak mau nyakitin Bang Riza, gue tahu ini juga gak mudah buat Abang, dia setuju dengan pernikahan ini karena sangat menyayangi Mama.
Untuk Kak Gea, gue gak akan ngomentarin apapun, Abang juga udah bilang gitu, itu kesepakatannya dan gue gak punya hak untuk nanya apalagi mempermasalahkan sikap Bang Riza sekarang, cukup hidup dengan status istri dari seorang Riza tanpa perlu siapapun tahu, toh kita berdua juga bakalan pisah nantinya.
"Loh Ay, jam segini kamu belum makan? Abang mana?" Tanya Mama yang membuat gue keselek nasi, ngagetin.
"Abang dikamar Ma." Cuma ini jawaban gue dan gue sangat berharap kalau Mama gak akan memperpanjang apapun lagi, hari ini gue udah cukup capek.
"Yaudah selesaikan makan kamu terus langsung istirahat, besok kuliah pagikan?" Gue mengangguk pelan.
Tersenyum untuk Mama, gue melanjutkan makan gue dengan tatapan sesekali melirik kearah kamar Bang Riza, yakin mau tidur disana? Kalau tar Bang Riza ngomel kan makin kaya gembel gue, ditendang keluar pas malam pertama.
Udahlah Ay, makan dan lo kenyang, masalah beberapa menit kedepan mau lo tidur dimana tar menit kedepannya lo pikirin, intinya sekarang makan dan kenyang, lo juga butuh tenanga buat ikhlas dan lapang dada sama keadaannya.
Selesai makan dan membereskan bekas makan gue, dengan langkah menimbang gue naik dan berdiri kaya orang bego didepan pintu kamar Bang Riza, ketuk? Enggak? Ketuk? Enggak? Ketuk.
"Pletuk." Suara dentingan handphone gue balik ngebuat gue harus ngusap dada kaget, siapa juga tengah malam ngechat gue?
Menatap layar handphone gue, nama Kak Alan muncul dan membuat gue menyipitkan mata sembari narik nafas dalam, apa setelah mendiamkan gue selama seminggu lebih sekarang dia muncul tengah malem begini?
"Besok Kakak jemput, tunggu dan jangan kabur." Cuma ini doang.
Mengantongkan handphone gue balik, tangan gue siap mengetuk pintu kamar Bang Riza yang kembali gue urungkan, ah kayanya lebih baik gue masuk ke kamar gue sendiri, gue gak akan bisa nafas kalau harus ngadepin muka Bang Riza yang dingin gak karuan.
Berbalik dari kamar Bang Riza, gue berjalan lurus masuk ke kamar gue, ah disini adalah tempat ternyaman gue, merebahkan tubuh gue asal, bukannya tidur, pemikiran gue malah melayang jauh entah kemana, nasibmu Ay.
Gue juga harus gimana sekarang? Gak mungkin setiap malam gue mau main kucing-kucingan kaya gini sama Bang Riza biar gak ketahuan Mama, capek, udah capek hati jadi gue gak mau nambah ribet dengan nyapein tubuh gue juga.
Baru sehari aja gue udah cukup kualahan, gimana kalau berhari, berminggu, berbulan apalagi sampai bertahun, tubuh gue bakalan kurus kering kaya ikan teri tar, sungguh strategi diet yang sangat efisien.
Apa gue balik ke asrama kampus aja yak? Kan jadi punya alasan tu buat gak sekamar sama Bang Riza, gue punya alasan untuk gak terus nagadein mukanya Bang Riza, Mama juga gak akan nanyain terus, Bang Riza aman dan gue nyaman, bener-bener, ide bagus.
.
.
."Pagi Ma." Sapa gue begitu turun dengan niat ngebantuin Mama nyiapin sarapan yang ternyata udah selesai.
"Pagi sayang, Abang mana?" Dan senyum bego gue langsung muncul, Abang mana? Mana gue tahu, ketemu aja belum sama tu orang tua.
"Kamu tidur dikamar kamu semalem?" Deg! Mama tahu dari mana? Mendadak perasaan gue langsung berubah gak enak, Mama pasti kecewa banget sekarang.
"Ma_
"Mama ngerti, udah duduk sana, sarapan sama setelahnya berangkat, jangan telat." Gue tersenyum kecil, duduk tenang dan mulai melahap sarapan gue, butuh energi banyak gue kayanya.
"Pagi Ma." Sapa Bang Riza yang barusan turun dengan pakaian yang udah rapi, awalnya gue pikir semuanya baik tapi begitu sadar kalau Mama sama sekali gak merespon Abang, wah kode biru.
"Ma, Aya berangkat sekarang." Menyelesaikan makan gue kilat, gue bangkit dan nyalim sama Mama.
"Bareng Abang aja." Ucap Bang Riza begitu gue berniat nyalim, kalau soal salim gue sama Bang Riza memang udah gak aneh, gue biasa ngelakuinnya disaat status gue masih adiknya dulu.
"Gak papa Bang, Aya berangkat sama Kak Alan." Cicit gue nolak, mending sama Kak Alan kemana-mana, lagian jarak kampus sama rumah sakit kan jauh, ngapain nyapein diri nganterin gue?
"Alan didepan?" Tanya Mama yang gue angguki.
"Kenapa gak disuruh masuk Ay? Kan bisa sekalian ikut sarapan." Mama memang kenal dengan orang tuanya Kak Alan jadi gak aneh kalau Mama deket sama Kak Alan juga.
"Kak Alan mana pernah mau sarapan Ma, paling tar ngopi di kampus, kan seleranya tua." Gue tersenyum dan pamit sekali lagi sama Mama.
"Bilangin Alan hati-hati." Mengacungkan jempol dan gue langsung keluar nemuin Kak Alan yang ternyata memang udah nunggu.
"Lama banget?" Tanyanya ngambil alih tas gue.
"Masih inget sama Aya? Seminggu kemana aja?" Kesal gue, gak tahu salah gue apaan tapi seminggu gak ada kabar dan sekarang nunggu didepan rumah kaya gak punya salah apapun sama gue.
"Kalau kangen bilang, udah buruan masuk, kamu punya kelas pagikan?" Dengan raut wajah kesal, gue masuk ke mobil Kak Alan dan duduk diam memperhatikan keluar jalan.
"Kamu baik?" Tanya Kak Alan buka suara.
"Seminggu kemana aja?" Balas gue memberikan pertanya balik.
"Tante Latih baik?"
"Bunda sehat?" Dan Kak Alan menyunggingkan senyumannya.
"Kalau kelas kamu selesai, Kakak jelasin jadi berhenti pasang muka gak enak begitu, kamu udah gak cantik jadi jangan nambah." Hah!
"Aya sehat, Kakak harusnya juga cukup sehat." Cicit gue dan balik memperhatikan keluar jalan.
Alana Rian Akbar, gue gak tahu harus ngegambarin lelaki disebelah gue sekarang kaya apa, siapa Alana untuk seorang Aya? Gue juga gak tahu, Kakak? Apa Kak Alan nganggep gue adiknya? Sahabat? Apa ada laki-laki yang memberikan kabarnya 24 jam untuk seorang perempuan yang dianggap sebagai sahabatnya? Pacar? Jelas bukan.
Suka? Sayang? Atau cinta? Gue bisa memastikan dua kata diawal dengan cukup yakin, suka dan sayang, gue merasakan kedua hal itu untuk Kak Alan tapi kata Cinta terasa cukup asing, cinta memiliki arti yang cukup dalam bagi gue, apa Kak Alan seberharga itu? Gue juga gak tahu.
"Oya, semalem Kakak ketemu Bang Riza sama Gea di restaurant tempat biasa."
KAMU SEDANG MEMBACA
Why Him? (End)
Romance"Ma! Masa nikahnya sama Abang sih Ma? Gak memperluas keterunan ini mah, dari kecil sampe tua masa muka Abang juga yang kudu Aya liatin?" "Ma! Mama liatin anak gadis Mama, disuruh nikah udah kaya disuruh masuk medan perang, memang kurangnya Riza dima...