"Mengenai yang tadi Abang minta maaf tapi Abang beneran gak bisa ngelepasin kamu." Gue menatap Bang Riza gak percaya sekarang.
"Maksud Abang? Abang sadarkan sama ucapan Abang sekarang? Apa susahnya ngelepasin Aya?" Tanya gue berkaca-kaca, apa Abang mau nyiksa diri terus kaya gini? Untuk apa bertahan kalau ujung-ujungnya bakalan gak baik? Bukannya ngelepasin gue jauh lebih gampang.
"Abang gak bisa dan jangan tanya alasannya apa, Abang beneran gak bisa ngelepasin kamu Dek."
"Abang itu egois dan cuma mikirin kepentingan Abang sendiri." Mengabaikan Bang Riza, gue berjalan cepat masuk ke kamar dan ngunci pintu kamar gue.
Bang Riza maunya apa coba? Perasaan waktu nikah gak sesusah ini, selagi semuanya belum terlanjur kenapa gak berhenti sekarang? Abang egois dengan cuma mikirin kepentingannya sendiri, dia cuma mikirin gimana caranya meredakan emosi Mama selagi nyari cara negbujuk Mama nerima Kak Gea, gue banyak pikiran sama selalu susah Abang peduli apa?
"Dek! Bukan pintunya dulu, Abang mau bicara!" Ucap Abang dari depan pintu kamar gue.
"Bicara? Ngomong apaan? Kalau nyatanya Abang cuma mikirin diri Abang sendiri buat apa dibicarain lagi toh perasaan Aya juga gak Abang pikirin, nyapein diri ngomong sama Abang tahu gak? Cuma buang-buang waktu." Balas gue teriak dari dalem.
"Apa kamu pikir pernikahan itu cuma untuk main-main?" Gue tersenyum miris dan berjalan cepat membuka pintu kamar gue emosi.
"Sewaktu Abang menikahi Aya dan berniat melepaskan Aya nanti apa itu namanya bukan main-main dengan pernikahan?" Tanya gue balik.
Sekarang baru ngomong kalau pernikahan bukan untuk main-main, terus itu sewaktu ngomong seenak jidatnya mau ngelepasin gue nanti maksudnya apa? Abang itu nyusahin, dia sendiri yang bilang mau ngelapasin gue tapi giliran diminta dianya malah gak bisa, kan plin-plan banget.
"Abang sendiri bilang mau ngelepasin Aya tapi sekarang udah Aya minta kenapa malah gak bisa? Oh Abang kaya gini ke Aya karena mikirin nasib Kak Gea yang belum juga dapet restu Mamakan?" Abang bahkan masih bisa mikirin Kak Gea tapi gak pernah peka sama perasaan gue.
"Bukan karena itu Dek! Kamu bisakan jangan terlalu keras kepala? Kamu_
"Udahlah Bang, semuanya cuma alasan Abang doang, okey kalau memang Abang gak mau ngelepasin Aya terserah tapi Aya juga udah ngasih Abang peringatan, kedepannya kalau keadaan kacau balau, Abang harus nanggung sendiri akibatnya." Mendorong Abang kasar, gue kembali menutup pintu kamar gue.
.
.
."Abang kemana Dek? Gak ikut makan malem?" Tanya Mama begitu gue turun ke dapur.
"Mungkin." Jawab gue asal, males banget ngurusin tu orang, mau makan atau enggak ya terserah ya.
"Kalian berantem? Gak baik suami istri berantem, kalau ada masalah itu diomongin baik-baik, lagian kamu ini istri, sedikit mengalah untuk menjaga kehormatan suami gak papa sayang." Gue memaksakan senyuman gue sekarang.
"Ma! Aya lagi gak mau ngebahas Abang, Aya juga gak mau berantem sama Abang tapi Abang duluan Ma, minta pisah aja susah."
"Aya!" Ucap Mama dengan suara meninggi, gue yang mendapati reaksi Mama juga langsung kicep merasa ditempat.
"Apa ini yang kalian rencanain makanya setuju menikah seperti mau Mama? Ay kamu sadar apa yang kamu omongin barusan? Pisah? Kalian baru menikah dua minggu tapi bisa-bisanya kalian ngomong pisah segampang itu! Apa pikiran kalian berdua udah gak bisa dipake? Mama kecewa." Lanjut Mama masih dengan nada suara yang sama.
Gue hanya diam tertunduk gak menjawab apapun, gue diam bukan cuma karena gue merasa bersalah tapi gue diam karena gue ingin menjaga perasaan Mama, kalau semakin gue lanjutin gue gak yakin kalau gue bakalan bisa ngontrol emosi gue didepan Mama nanti.
"Inget ya Dek! Mama gak mau denger lagi omongan kaya gini, selama Mama maish hidup, jangan harap kalian bisa berpisah." Mama meninggalkan makanannya dimeja dan ninggalin gue sendirian di dapur.
Ah! Gue harus apa? Mengusap wajah gue kasar, gue menghapus cepat beberapa bulir air mata yang sukses lolos sekarang, lagi-lagi gue terjebak dengan pilihan gue sendiri, sekarang Mama tahu kalau gue sama Bang Riza berniat berpisah dan wajar Mama kecewa, kalau Bang Riza juga ikut dimarahin Mama nanti, gue yakin Bang Riza juga akan protes dan nyalahin keteledoran gue.
Gue menenggelamkan muka gue dimeja dengan isak tangis tertahan, gue berusaha sebaik mungkin untuk membahagiakan Mama sama Bang Riza tapi gak berhasil, semua yang diawali dengan kebohongan memang ga bakalan berjalan baik.
"Ay! Aya!" Mendengar suara Bang Riza, gue menegakkan wajah gue dan kembali mengusap air mata gue cepat.
"Kenapa? Apa Abang juga mau nyalahin Aya?" Tanya gue memaksakan senyuman.
"Kenapa kamu selalu berpikiran bodoh sih Dek? Siapa yang mau nyalahin kamu? Abang yang salah." Bang Riza maju dan memeluk gue.
"Kamu baik? Mama cuma marah sebentar kaya biasa jadi kamu gak perlu khawatir." Gue gak ngerespon apapun, mungkin Mama biasanya kalau marah memang sebentar tapi masalah kali ini lain ceritanya, Mama pasti kecewa banget sama gue.
"Aya masuk ke kamar dulu." Melepaskan dekapan Bang Riza, gue berjalan tertunduk masuk ke kamar gue.
Awalnya gue berpikir, dengan berdiam diri dikamar bisa membuat perasaan gue lebih tenang dan otak gue bisa berfungsi dengan lebih baik tapi mendengar suara Mama sama Bang Riza yang sedang berdebat rasanya otak gue makin gak bisa mikir.
Karera rasa khawatir gue ke Mama sama Bang Riza, gue mutusin keluar kamar dan berdiri didepan pintu kamar Bang Riza, gue yang awalnya berniat masuk kembali mengurung niat gue mendengar pembicaraan Mama sama Bang Riza sekarang.
"Apa ini yang kami rencanakan makanya setuju menikah dengan Aya seperti permintaan Mama? Ya Allah! Mama beneran kecewa sama kamu Za." Mama terlihat sangat kecewa.
"Ma, dari awal Riza udah nolak permintaan Mamakan? Riza jujur ke Mama siapa perempuan yang Riza cinta tapi Mama sama sekali gak mau tahu, terus Riza harus apa Ma?" Bang Riza juga terlihat cukup menahan emosinya.
"Tapi kenapa begini Za? Kamu bilang ke Mama kamu sayang sama Aya, kamu peduli dengan masa depan adik kamu tapi sekarang apa? Kamu menikahi Aya dan berniat kamu ceraikan nantinya juga, apa kamu gak pernah mikirin perasaan adik kamu?"
"Ma! Aya udah setuju dan gak kebera_
"Aya gak keberatan? Dia enggak keberatan karena dia sangat memikirkan kebahagiaan kamu." Gue cukup terkejut dengan ucapan Mama, Ibu tetaplah seorang Ibu, semua Ibu tahu apa yang dirasakan putra putrinya.
"Kamu ingat ucapan kamu satu tahun lalu? Apa ini yang kamu sebut sayang? Apa ini yang kamu sebut peduli? Mama bahkan gak bisa percaya lagi dengan semua ucapan kamu Za, Mama gak tahu lagi, Mama kaya gak kenal dengan anak Mama sendiri." Satu tahun yang lalu? Bukannya itu waktu kecelakaan Abang.
"Riza belum lupa Ma! Mama adalah seluruh dunia Riza dan Aya adalah nyawanya, itu masih berlaku sampai sekarang!"
KAMU SEDANG MEMBACA
Why Him? (End)
Romance"Ma! Masa nikahnya sama Abang sih Ma? Gak memperluas keterunan ini mah, dari kecil sampe tua masa muka Abang juga yang kudu Aya liatin?" "Ma! Mama liatin anak gadis Mama, disuruh nikah udah kaya disuruh masuk medan perang, memang kurangnya Riza dima...