(47)

17.5K 1.4K 42
                                    

"Dek! Dengarkan Mama, apa Adek mau Ayah dari anak yang Adek kandung sekarang menikah lagi?" Gue langsung menatap Mama kaget, Mama ngomong apaan?

"Maksud Mama?" Tanya gue sama Abang barengan, anak? Memang yang hamil siapa?

Gak cuma gue sama Abang, Mas Uky bahkan kedua orang tua Kak Gea ikut kaget dengan ucapan Mama, ini yang gak tahu apapun gue sama Abang doang atau memang Mama yang gak ngasih penjelasan apapun lebih awal ke gue sama Abang?

"Riza menikah sama Aya? Bukannya Aya ini Adiknya sendiri?" Gue menghembuskan nafas pasrah dengan pertanyaan Mama Kak Gea barusan, semua orang yang tahu gue menikah sama Abang gue sendiri memang bakalan nanya pertanyaan yang sama.

"Za! Selesaikan urusan Abang disini sesegera mungkin, Adek ikut pulang bareng Mama." Dan Mama udah narik lengan gue pulang gitu aja.

"Ma! Abang titip Adek, Mama jangan khawatir, Riza tahu apa yang harus Riza lakuin." Mama mengangguk setuju.

"Adek juga jangan khawatir, Abang gak akan menikah lagi, ikut Mama pulang sekarang." Dan gue mengangguk mengiyakan juga.

.
.
.

"Ma! Mama kenapa ngomong kaya gitu tadi?" Tanya gue begitu kita udah dirumah, gue butuh penjelasan sekarang juga.

"Kaya gitu gimana Dek?" Mama malah keliatan sama bingungnya, ini Mama beneran gak tahu apa pura-pura lupa?

"Maksud Mama bilang Ayah dari Anak yang Aya kandung, memang yang hamil siapa Ma?" Tanya gue lagi, Mama ada-ada aja ni, bikin orang kaget, bikin orang jantungan.

"Kamukan?" Hah? Gue? Sejak kapan?

Yang bener aja? Masa iya gue hamil tapi gue sendiri gak tahu apapun? Memang Mama tahu dari mana? Aneh banget kalau gue yang hamil malah Mama yang tahu duluan, ngecek aja gak pernah gue.

"Mama tahu dari mana? Aya sendiri aja gak tahu." Mama aneh ni, gue aja gak tahu gimana caranya Mama tahu?

"Cici-ciri orang hamil udah ada di Adek semua." Hah? Entah udah untuk keberapa kalinya gue natap Mama kaget dengan ucapannya.

Gue udah gak tahu harus berekpresi kaya gimana ngadepin Mama gue, ciri-ciri orang hamil ada di gue semua? Ya Allah, Mama narik kesimpulan sendiri ini mah ceritanya, gak ada pembuktian pastinya, penipuan publik ini mah.

"Ma! Masih ciri-ciri Ma, gak ada kepastian apapun? Kalau ternyata tebakan Mama salah gimana? Kalau Abang terlanjur berharap dan malah kecewa gimana Ma? Mamapun." Sekarang malah gue yang kesal.

"Nah kan, cepat kesal, emosi naik turun itu juga ciri-cirinya orang hamil Dek." Hah? Orang dapet juga emosi naik turun ya elah.

"Mama!" Mengabaikan Mama, gue naik keatas berjalan masuk ke kamar gue, ini antara Mama yang kebelet punya cucu atau memang gue yang terlalu sensian? Ya masa iya Mama narik kesimpulan sesuka hati kaya gitu? Hamil? Ngebayanginnya aja gue pusing mendadak.

"Ya Allah, Mama gue ada-ada aja." Cicit gue menghempaskan tubuh gue asal diranjang, semakin kesini gue makin gak habis pikir dengan kelakuan Mama gue, kadang bikin kesal tapi kadang berasa ada hiburan tersendiri.

Menatap langit kamar gue dalam diam, gue balik mikirin Abang yang sekarang masih dirumah sakit, Abang akan tahu apa yang terbaik untuk semua orang dan yang terpenting Abang udah ngomong yang Abang gak akan nikah lagi, gue bisa bernafas lega.

Gak mau berbaring terlalu lama, gue bangkit dari ranjang dan beberes lebih dulu jadi kalau Abang pulang, gue udah rapi, jangan pula masih ada ceritanya berebut ke kamar mandi sama Abang, nabrak kalau gak tar nubruk lagi.

Niat gue yang awalnya setelah beberes tinggal nunggu Abang kayanya gak jadi, gue keluar dari kamar mandi dan sekarang udah ada Abang yang berbaring lelah diatas ranjang kamar gue, Abang kapan pulang? Memang urusan rumah sakit Kak Gea udah beres?

"Bang! Abang kenapa udah pulang? Memang udah beres?" Tanya gue ikut mendudukkan tubuh gue disebelah Abang berbaring sekarang.

"Percuma berdebat terlalu panjang kalau Gea nya aja belum sadar, kalau Gea sadar, dia akan menjelaskan semuanya ke orang tuanya sendiri, bukannya Gea bilang udah ikhlas? Harusnya gak akan jadi masalah besar." Ucap Abang mengusap wajahnya.

Ya memang kalau Kak Gea sadar dan menjelaskan semuanya ke orang tuanya sendiri, mungkin orang tuanya akan lebih ngerti, anaknya tahu kesalahannya dan Abang juga gak perlu berdebat apapun, kalau orang yang bersangkutan aja belum sadar, apa gunanya kita semua berdebat?

"Terus Kak Gea kapan sadarnya?" Tanya gue lagi yang dihadiahi satu sentilan dari Abang.

"Kenapa disentil? Aya nanya ini." Kesal gue, gue nanya baik sama bener-bener.

"Ya kapan Gea sadar kenapa Adek tanya Abang? Kita cuma bisa nunggu, Abang udah minta Uky untuk ngabarin Abang kalau ada perkembangan."

"Oh!" Ucap gue mengiyakan, gue bangkit dari duduk gue dan berjalan mendekat ke lemari ngambil baju ganti gue.

"Mama bilang apa?" Tanya Abang memeluk gue tetiba, gue yang kaget mendorong Abang untuk melepaskan dekapannya.

"Memang Mama bilang apa?" Tanya gue balik.

"Siapa yang hamil? Adek nyembunyiin sesuatu dari Abang? Atau kejutan?" Hah? Kejutan dari Hongkong? Mama yang bikin kaget iya.

"Kapan Aya nyembunyiin sesuatu dari Abang? Yang ada Mama tu bikin jantungan, masa Mama nebak Aya hamil makanya ngomong kaya tadi? Itu yang Abang maksud kejutan?" Jawab gue geleng-geleng kepala, kalau ingat tebakan Mama gue sama sekali gak habis pikir.

"Jadi cuma tebakan Mama?" Tanya Abang yang gue angguki, seketika Abang tertawa kecil sembari kembali memeluk gue.

"Abang pikir beneran Dek." Ucap Abang masih dengan tawa yang sama.

"Kenapa ketawa? Memang ada yang lucu? Atau Abang memang seneng kalau omongan Mama bukan kenyataannya?" Tanya gue sedikit emosi.

"Hush! Adek ini yang kenapa? Abang ketawa karena inget omongan Mama tadi, lagian harusnya Adek berterimakasih sama Mama, kalau bukan karena ucapan Mama tadi, mungkin perdebatan kita sekeluarga bisa lebih panjang lagi." Jelas Abang berusaha keras nahan tawanya.

"Orang tua Gea mana mau nerima menantu yang udah punya anak satu?" Lanjut Abang mengecup kening gue sekilas sebelum berlalu masuk ke kamar mandi.

Omongan Abang ada benernya juga, semus orang tua juga mikir-mikir kalau mau milih suami buat anaknya, masa yang udah punya istri plus anak yang dipilih, kaya laki-laki lajang di dunia ini udah pada sold out aja, yang lebih bagus dari Abang kan banyak, belum ketemu aja.

Membuang jauh pemikiran gue mengenai Kak Gea dan orang tuanya, gue menyiapkan pakaian ganti Abang dan turun ke bawah lebih dulu, gue mau makan, perut gue memberontak minta di isi, gue laper, laper lagi lebih tepatnya.

Gue melangkah turun dan ternyata ada Mama di bawah, Mama lagi makan dan gue ikut mendudukkan tubuh gue disebelah Mama, kadang kalau gue perhatiin dengan seksama, Abang sama Mama makin banyak kesamaan.

Mirip diwajah itu pasti toh Abang itu anaknya, tapi belakangan sifat mereka juga makin mirip, bawelnya, cerewetnya, bahkan omelannya, ini Mama yang berasa muda lagi atau Abang yang mulai tua?

"Abang mana Dek?" Tanya Mama masih menyuap makanannya.

"Ada Ma diatas lagi beberes, palingan kalau kelar juga turun." Jawab gue seadaanya.

"Udah ngomong sama Abang belum?" Gue mengerutkan kening dengan pertanyaan Mama, ngomong ke Abang? Memang ngomongin apaan lagi?

"Memang ngomong apa Ma?" Tanya gue bingung.

"Ngomong kalau kamu hamil." Haha.

Why Him? (End)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang