(42)

16.8K 1.4K 27
                                    

"Mama gue kenapa Ky?" Tanya Abang menatap Mama sesangat khawatir, gue yang memperhatikan keadaan Mama juga sama khawatirnya, gimana bisa Mama berakhir kaya gini.

"Mama lo cuma kecapean Za, telat makan juga ambil andil, Tante cuma butuh banyak istirahat." Gue narik nafas dalam dengan sedikit perasaan bersalah, mungkin karena resepsi gue sama Abang yang mendadak juga makanya Mama bisa drop kaya sekarang.

"Okey, thanks Ky." Abang terlihat cukup lega dengan penjelasan Mas Uky.

"Bang! Gimana kalau kita tinggal bareng Mama lagi? Aya jadi gak enak hati kalau Mama sendirian dirumah, Bi Lati juga gak mungkin ngejagain Mama 24 jamkan? Setidaknya kalau kita dirumah bisa lebih rame." Gue rasa ini pilihan yang paling baik.

"Kita bicarain nanti setelah Mama siuman tapi dimanapun kita tinggal itu bukan masalah." Abang mengusap kepala gue sekilas dan keluar dari ruangan bareng Mas Uku, mau nebus obat kayanya.

"Bibi udah makan?" Tanya gue ke Bi Lati, Bi Lati keliatan cukup kaget juga.

"Gak papa Mbak, Bibi bisa makan nanti." Ucap Bibi yang gue balas senyuman.

"Gak papa Bi, gini aja, Bibi pulang dulu ke rumah biar Aya sama Abang yang nungguin Mama, kalau kita butuh apapun nanti Aya kabarin Bibi." Tawar gue.

"Baik Mbak, kalau begitu Bibi pulang dulu." Gue mengangguk pelan.

.
.
.

"Mama gak papa, kalian kenapa malah jadi ngumpul dikamar Mama begini?" Tanya Mama karena memang gue sama Abang sama sekali belum bergerak dari kamar Mama setelah Mama kita bawa pulang tadi.

"Memang kenapa sih Ma, udah lama Riza sama Adek gak ngumpul dikamar Mama kaya ginikan?" Balas Abang malah mulai membaringkan tubuhnya diranjang Mama.

"Kalian gak mau pulang?" Tanya Mama lagi, gue menggeleng cepat untuk pertanyaan Mama.

"Aya sama Abang nginep Ma, Aya juga udah minta izin Abang buat balik tinggal disini, tinggal bareng Mama aja." Lagian gue dirumah juga sendirian, kalau dirumah walaupun Abang pulang larut setidaknya gue gak bakalan kesepian.

"Iya Ma, Riza juga udah setuju, lagian kalau Riza pulang larut, kasian Adek sendirian, kalau Riza gak pulang Adek juga kudu nginep disinikan? Jadi Riza pikir dari pada terua bolak-balik mungkin tinggal disini lagi juga bukan masalah, Riza juga lebih gampang merhatiin kesehatan Mama." Nah gue setuju.

"Kalau memang itu yang kalian anggap baik Mama ikut aja, ini kalian udah pada makan belum?" Kali ini Abang yang menggeleng cepat, kita berdua memang belum makan sih, cuma gue doang yang sempat nyemil tadi di kantin rumah sakit, itupun digiring paksa Abang.

"Yaudah kalian turun makan dulu, kalau kalian ikutan sakit siapa yang ngejagain Mama, udah sana, Mama juga mau istirahat." Mama nepuk pelan bahu Abang untuk bangkit dari tidurnya, gue yang memang masih duduk dihadapan Mama hanya tertawa kecil memperhatikan sikap Abang.

"Kita makan dulu Ma." Gue sama Abang keluar dari kamar Mama dan langsung turun ke bawah.

"Dek, kotak yang Abang maksud tadi udah sempat Adek buka?" Tanya Abang yang gue angguki.

"Belum Aya buka sih Bang cuma tadi sebelum kemari sempat Aya bawa kotaknya, memang kenapa?" Tanya gue fokus menuruni tangga.

"Kamu liat sendiri nanti." Okey.

Turun beriringan, dibawah Bi Lati juga udah selesai nyiapin makan malam kita berdua, entah ini perasaan gue aja atau memang ada yang aneh, Bi Lati keliatan beda sejak dari rumah sakit tadi, Bi Lati kenapa?

"Bi, Bibi kenapa? Ada yang mau Bibi omongin?" Tanya gue yang membuat Abang ikut menatap gue bingung.

Bi Lati sendiri terlihat cukup gelagapan seketika, sikapnya sekarang malah keliatan makin aneh, memang ada yang salah dari pertanyaan gue? Gue cuma nanya gak lagi marah-marah jadi kenapa Bi Lati malah kaya ketakutan begitu?

"Memangnya Bibi kenapa Dek?" Giliran Abang yang ikut memperhatikan Bi Lati.

"Gak papa Bang, Aya cuma_

"Sebenernya ada yang mau saya bicarakan tapi dilarang sama Ibu Mas, Mbak." Ucap Bi Lati sedikit ragu, mendapati reaksi kaya gini dari Bi Lati otomatis gue sama Abang menghentikan kegiatan kami dan ngambil fokus penuh sama Bi Lati.

"Bicara apa Bi? Gak papa, Mama gak akan tahu." Ucap Abang yang gue angguki, apa ada sesuatu yang gak gue sama Abang tahu?

"Sebenarnya, setelah Mas sama Mbak Aya pindah, Mbak Gea beberapa kali dateng kemari nyariin Ibu, datengnya selalu marah-marah." Gue sama Abang jelas kaget dengan pemberitahuan Bi Lati.

"Kenapa Bibi baru ngomong sekarang?" Tanya Abang dengan nada sedikit meninggi, gue mengusap lengan Abang untuk menenangkan.

Dengan Abang marah-marah sama Bi Lati kaya gini itu gak akan ngasih solusi apapun, walaupun Bi Lati belum lama kerja disini tapi selama ini Bi Lati terlihat cukup bail, Mama juga gak ngeluh apapun,  Bi Lati gak cerita pasti juga karena permintaan Mama.

"Maaf Mas, Bibi bukannya gak mau cerita tapi dilarang Ibu, Ibu gak mau Mas sama Mbak Aya khawatir, Bibi minta maaf Mas." Cicit Bi Lati tertunduk, gue yang ngeliatnya juga jadi gak tega, Bi Lati gak salah apapun.

"Gak papa Bi tapi tolong sekarang jawab pertanyaan Aya, apa Mama pingsan tadi pagi ada hubungannya sama Kak Gea?" Entah kenapa gue terus aja mikirin Kak Gea setelah tahu Mama pingsan.

"Mbak Gea tadi pagi dateng dan marah-marah lagi Mbak, Mbak Gea berdebat sama Ibu sampai Ibu jatuh didorong sama Mbak Gea, Bibi sebenarnya mau ngabarin Mas Riza tapi Ibu malah minta dikabari Mas Uky." Dan perasaan gue bener.

"Pantes waktu Abang tanya Uky gak jawab panjang lebar kaya biasa." Ucap Abang terlihat kesal, Abang mengusap wajahnya kasar, gue sendiri juga gak bisa mengomentari apapun, cuma bisa nahan emosi Abang.

"Bang! Mas Uky mungkin juga dibujuk Mama, Abang gak boleh marah-marah sama Mas Uky juga." Ucap gue menenangkan.

Lagian kita semua gak ada yang tahu kalau keadaan bakalan kaya gini, gue beneran gak nyangka kalau Kak Gea malah bakalan marah ke Mama, ya memang dari awal Mama gak setuju dengan hubungan Abang sama Kak Gea tapi gak kaya gini juga, gimanapun Mama itu orang tua, dimana sopan-santunya?

"Cuma itu Bi? Ada lagi yang mau Bibi sampain ke kita?" Tanya gue dengan lembut, Bi Lati juga pasti takut cerita kaya gini.

"Gak ada Mbak, Bibi bukannya mau ngadu Mas, tapi Bibi cuma gak tega ngeliat Ibu dibentak-bentak terus." Gue mengusap lengan Bi Lati.

"Iya Bi gak papa, Bibi kalau mau istirahat juga gak papa, makan Abang biar Aya yang nyiapin, makasih ya Bi." Bi Lati mengangguk pelan dan beralih ninggalin gue berdua sama Abang.

"Abang yang sabar." Gue mengusap lengan Abang khawatir, tatapan Abang sekaranf beneran gak kebaca.

"Gea gak bisa dibiarin Dek."

Why Him? (End)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang