"Ma! Kenapa Mama gak pernah bilang kalau Gea sering nemuin Mama ke rumah? Mama ngebuat Riza khawatir." Tanya Abang duduk sembari menggenggam erat kedua tangan Mama.
"Karena Mama tahu kalian akan khawatir makanya Mama gak cerita apapun." Jawab Mama balik mengusap lengan Abang.
"Gimana kita gak khawatir Ma, jangan cuma gara-gara Aya sama Abang, Mama malah jadi sasaran Kak Gea, kalau Aya sama Abang tahu kebih awal semuanya gak akan kaya gini." Cicit gue ikut duduk dilantai, gue menyandarkan kepala gue di paha Abang ikut mengusap tangan Mama juga.
"Mama jauh lebih khawatir sama kalian, kalau Mama cerita masalah Gea lebih awal kalian pasti jadi balik kepikiran, mikirin Mama sampai kalian gak akan pernah sadar dengan perasaan kalian sendiri." Mama mengusap kepala gue.
"Ma!" Abang menghela nafas dalam dengan jawaban Mama barusan, gue juga sama, gue gak pernah tahu apa yang selalu Mama pikirin untuk membuat gue sama Abang bisa sadar dengan perasaan kita berdua.
"Apa Bang? Mama benerkan? Kalian mikirin perasaan kalian aja udah cukup rumit jadi kenapa harus Mama tambah masalah Gea?" Gue menatap Mama gak enak hati.
"Ma! Mamakan_
"Masalah Gea udah jangan kalian pikirin, selama ini Gea memang marah-marah tapi dia gak pernah kasar sama Mama, Mama pingsan kemarin juga bukan salah siapapun, Mama cuma kecapean dan kebetulan Gea juga dateng." Mama serius? Gue akan sangat bersyukur kalau memang yang Mama omongin sekarang itu bener.
"Mama yakin? Gea gak kasar sama Mama?" Tanya Abang ulang.
"Gea gak perlu dibahas lagi, Gea akan ngerti, Gea akan minta maaf sama kalian." Gue malah lebih kaget dengan ucapan Mama yang ini, minta maaf? Kak Gea? Sama kita berdua?
"Gea bukan anak kecil lagi dan Mama juga mau istirahat, kalian boleh keluar dari kamar Mama sekarang."
"Mama ngusir Riza sama Adek?" Tanya Abang nepuk bahu gue, gue bangkit dari duduk gue ikut menatap Mama dan Abang dengan senyum tertahan.
"Jadi kalian mau tidur bareng Mama? Kalau keterusan kaya gini cucu untuk Mama kapan jadinya?" Gue narik nafas dalam dengan senyum menghilang seketika.
"Ma! Aya beberes dulu, selama istirahat." Gue kabur dari kamar Mama lebih dulu, dua lawan satu jaminan gue bakalan kalah telak.
Masuk dan asli gue kudu beberes lebih dulu sebelum Abang masuk, gak bisa gue kaya gini, muka gue bakalan merah gak karuan kalau Mama udah bahas cucu sedangkan Abang juga mulai ikutan bahas anak, gak bisa, gak bisa.
Masuk ke kamar mandi dan berendam cukup lama, gue keluar dari kamar mandi setelah hampir satu jam, jangan tanya gue ngapain di kamar mandi, gue menyendiri sembari mencoba kembali meluruskan otak gue, otak gue butuh penyegaran.
"Abang masih mikirin yang tadi?" Tanya gue memperhatikan Abang yang masih setia berdiri didepan jendelan memandang hening keluar jalan.
"Abang gak tahu harus ngadepin Gea gimana Dek, Adek tahu, Gea terlalu berbeda dari Gea yang Abang kenala dulu, katakanlah Gea belum bisa melepaskan Abang tapi gak sampai harus nyakitin Mama juga." Ucap Abang gak habis pikir.
"Tapi Mama tadikan udah bilang kalau Kak Gea udah ngerti, Kak Gea akan minta maafkan katanya? Terus Abang mikirin apalagi?" Gue sangat berharap kalau ucapan Mama tadi bener.
"Abang berharap Gea serius dengan ucapannya kali ini."
Gue tersenyum sembari mengangguk pelan, gue ngerti perasaan Abang, gue ngerti dengan apa yang Abang maksud, dari luar mungkin Kak Gea terlihat sangat cantik, sikap seharusnya juga mengikuti tapi kalau nyatanya kelakuan Kak Gea sampai tega marah-marah ke Mama, jujur gue sendiri juga kaget.
Jangan karena anaknya nolak perasaannya, Mamanya yang dilabrak, bukannya bisa ngebujuk dan ngambil hati tapi ini malah bikin masalah makin runyam, yang ada Mama makin gak suka, apa belum cukup Kak Gea ngusik hidup gue sama Abang? Apa Mama harus dibawa-bawa juga?
"Kita istirahat sekarang." Ajak gue narik lengan Abang.
"Sebentar lagi."
Abang mau terus mikirin Kak Gea? Aya gak suka Abang terus mikirin Kak Gea, Abang tahukan?" Gue nepuk lengan Abang sembari menyunggingkan senyuman termanis menurut gue.
"Abang tahu." Okey kalau Abang tqhu, gue melepaskan lengan Abang dan berniat mulai mmmbaringkan tubuh gue.
"Adek mau kemana?" Tanya Abang beralih nahan lengan gue.
"Aya? Ya tidur, ini udah malem lo Bang, Mama juga udah tidur dari tadi." Jawab gue masih dengan senyuman yang sama.
"Kalau Adek gak suka Abang terus mikirin Gea, kenapa Adek gak berusaha membuat Abang cuma bisa mikirin Adek aja?" Gue tertawa kecil dengan ucapan Abang, Abang gue otak gesernya mendadak kumat.
"Aya udah berdiri depan mata Abang kaya sekarang, Abang mau mikirin apa lagi?" Jangan aneh-aneh, gue udah didepan mata kaya gini kenapa masih harus Abang pikirin? Apanya yang perlu dipikirin.
"Pilihan Mama memang gak pernah salah." Ucap Abang tetiba beralih memeluk gue, Abang kenapa lagi sekarang? Gue minta Abang untuk gak mikirin Kak Gea bukan malah bersikap aneh ke gue.
"Dari pada makin ngelantur mending Abang tidur, Aya juga udah ngantuk." Cicit gue dalam dekapan Abang.
"Anak kecil memang susah diajak romatis, pikirannya terlalu lurus." Abang melepaskan dekapannya dan menjitak kepala gue sekali, maksudnya apaan coba? Kalau pikiran gue gak lurus terus Abang mau pemikirian gue gimana? Nyeleweng gitu?
.
.
."Ma! Mama mau sarapan Apa? Aya masakin." Tanya gue yang sekarang duduk tepat disamping Mama berbaring.
"Adek masakin Mama bubur, udah lama Mama gak makan bubur masakan anak perempuan Mama." Pinta Mama yang langsung gue iyakan.
"Okey! Mama tunggu, Aya buatin." Gue siap bangkit.
"Mama doang yang ditanyain? Abang enggak Dek?" Tetiba Abang ikut masuk ke kamar Mama lengkap dengan pakaian rapinya.
"Memang Abang sakit?" Tanya gue bangkit dari duduk gue sekarang.
"Kudu sakit dulu baru ditanyain?" Mulut Abang gue kadang-kadang gak tahu tempat, itu pertanyaan serasa tamparan dia tahu gak?
"Nah liatkan Ma, anak perempuan Mama ni, gilirin Mama langsung ditanyain mau makan apa, kalau sama Riza boro-boro Ma, walaupun sakit ditanyain aja eng_
"Abang Adek ini mau makan apa?" Gue berlari mendekap mulut Abang dengan tangan gue.
"Abang mau ngelapor sama Mama?" Cicit gue natap kesal Abang, kalau mau ngelapor jangan sekarang bisakan? Gue mau nyari alasan dulu.
"Kenapa? Adek takut diomelin Mama." Udah tahu gak usah nanya.
"Jadi lebih takut Mama dari pada Abang? Okey! Klau iya Adek gak mau Abang ngelapor ke Mama, kenapa Adek gak nurut aja dengan permintaan Abang se_
"Iya iya iya yaudah, gak perlu dibahas sekarang juga." Gue narik kerah kemeja Abang dan mulai memasangkan dasi yang dari tadi terus dipegangnya.
"Dasi doang sampai nyamperin Adek ke kamar Mama, Bang." Gue sama Mama sepakat tertawa kecil.
KAMU SEDANG MEMBACA
Why Him? (End)
Romance"Ma! Masa nikahnya sama Abang sih Ma? Gak memperluas keterunan ini mah, dari kecil sampe tua masa muka Abang juga yang kudu Aya liatin?" "Ma! Mama liatin anak gadis Mama, disuruh nikah udah kaya disuruh masuk medan perang, memang kurangnya Riza dima...