(23)

18.4K 1.7K 46
                                    

"Jadi bisa Mama ngadain resepsi kalian dalam waktu dekat?" Tanya Mama tetiba.

"Hah?" Kaget gue barengan sama Bang Riza.

Bentar! Bentar! Bentar! Ini telinga gue yang salah denger apa otak gue yang belum bisa nerjemahin pertanyaan Mama sekarang? Kayanya ada yang salah, harusnya itu perceraian gue sama Abang yang diurus secepat mungkinkan? Kenapa malah resepsi? Wah masalah baru.

Bukan cuma gue, Bang Riza bahkan melepaskan dekapannya di tubuh Mama gitu aja begitu dapet pertanyaan kaya gitu, gue sendiri yang jelas kaget jatuh terduduk dengan pemikiran lagi loading kemana maksud arah ucapan Mama! Kayanya bukan ini yang seharusnya ada di otak gue, gue sama Abang bengong dengan tatapan ada yang salah sama pertanyaan Mama barusan.

"Ma! Maksud Mama cerai kali." Cicit gue malah mulai tersenyum bego, ini adalah efek samping dari sangking gak tahu lagi harus bereaksi kaya apa, resepsi sama cerai dua kata yang beneran jauh maknanya.

"Ma! Riza memang akan melepaskan Gea tapi bukan berarti Riza harus tetap mempertahankan posisi Aya sekarangkan Ma? Mama yang bener aja." Ucap Bang Riza ikut membantu.

"Mama rasa tidak ada yang salah dari ucapan Mama barusan! Mama memang berencana mengadakan resepsi pernikahan kalian dalam waktu dekat! Kalau urusan Gea sudah selesai, kita semua mau nunggu apalagi?" Wah! Mama yang bener aja? Bukan ini yang gue mau.

"Ma! Bukannya Aya sama Abang seharusnya itu bisa cerai dalam waktu dekat? Ini kenapa malah ngadain resepsi?" Tanya gue gak terima.

"Iya Ma! Adek bener, Riza sama Aya gak harus mempertahankan status kami berdua lebih lama lagi." Abang juga terlihat jelas gak terima.

"Mama gak bilang kalian bisa cerai! Kamu ninggalin Gea memang hal bagus tapi pekara pernikahan kamu sama Aya itu lain ceritanya."

"Ma!" Lagi-lagi keluh gue sama Abang gak terima.

"Kalian berdua coba dengerin Mama, kamu Bang! Kurangnya Adek dimana coba? Dan kamu Dek! Kurangnya Abang dimana?" Gue sama Abang sepakat melirik satu sama lain, saling memandang sebelum beberapa detik kemudian tertawa geli satu sama lain.

"Ma! Mama nanya kurangnya Aya dimana? Sini Riza kasih tahu, Aya kurang tinggi, kurang kurus, kurang pinter, kurang bisa bersikap manis, kurang peka, kurang manja, kurang! Kurang! Kurangnya banyak Ma, satu lagi yang penting, Aya gak keliatan kaya wanita dewasa dimata Riza tapi keliatan kaya anak SMA." Puas banget Abang gue ngatainnya, Mama aja sampe melongo kehabisan kata.

"Wuh! Banyak ya Bang kurangnya Aya dimata Abang?" Tanya gue memaksakan senyuman gue ke Bang Riza.

"Itu kenyataan!" Muka Abang gue yakin bener sama ucapannya.

"Ma! Mama nanya kurangnya Abang dimanakan? Nyebutin kekurangan Abang mah makan banyak waktu, Aya balik deh biar cepet, kelebihannya Abang cuma dua, muka sama kerjaan, selebihnya kekurangan semua." Puas banget gue.

"Jujur banget ya Dek?" Tanya Abang tersenyum manis.

"Itu kenyataan!" Jawab gue juga gak kalah yakin.

Kali ini Mama malah tertawa geli memperhatikan kelakuan gue sama Abang, dikata Abang doang yang bisa ngasih penilaian? Gue juga bisa, pekara penilaian untuk Abang mah kecil, tinggal nyerocos gak pake otak juga jadi, hafal gue sama kelakuannya.

"Kalian berdua bener-bener! Tapi kan bagus kalau kalian udah paham kekurangan sama kelebihan masing-masing, itu modal kuat untuk membangun rumah tangga bersama." Ma! Ma! Ma, gimana caranya gue ngomong supaya Mama ngerti?

"Ma! Aya tahu Mama mau yang terbaik untuk Aya sama Abang, Aya paham! Tapi Ma, dari kecil Aya hidup dan tumbuh bareng Abang, Aya terlalu nyaman dengan status Aya sebagai Adiknya Abang, semuanya bakalan terasa aneh Ma kalau sampai Aya hidup dengan status istri Abang, pertimbangin lagi deh Ma." Ucap gue labih kaya memohon.

"Adek bener Ma! Lagian kalau Riza sama Aya! Keluarga kita gak bakalan berkembang! Orangnya itu-itu juga." Untuk pertama kalinya gue cukup tercengang dengan pemikiran Abang gue, otaknya lagi dipake kayanya.

"Kalau mau keluarga kita berkembang, kalian buruan kasih Mama cucu juga bisa." Abang langsung narik nafas dalam dengan jawaban Mama.

Ini ngomong masalah cerai kenapa malah solusinya ngasih Mama cucu sesegera mungkin? Makin nyelewengkan topiknya kalau berdebat sama Mama, bantahan apapun selalu diubah alir jadi senjata mematikan, anaknya mati kutu gak berkutik dan ujing-ujinhnya nurut.

"Tiga bulan Bang! Dek! Kalau dalam tiga bulan hubungan kalian gak berhasil, gimanapun mau kalian, Mama setuju." Itu lagi? Kan Kak Gea udah gak ada Ma, ngapain nerusin yang tiga bulan?

"Ma! Tiga bulan itu la_

"Okey! Cuma untuk tiga bulan." Potong Bang Riza membekap mulut gue, gue langsung narik tangan Bang Riza sembari menatap Bang Riza kesal, otaknya ngilang lagi apa gimana sih?

"Abang itu_

"Riza sama Adek masuk ke kamar dulu Ma! Good night." Bang Riza lagi-lagi motong ucapan gue dan narik lengan gue maksa masuk ke kamar, ke kamar dia pula.

"Ish Abang ngapain setuju sama Mama?" Kesal gue narik lengan gue dari Bang Riza, Bang Riza nutup pintu kamar dan ngambil posisi disalah satu sisi ranjang.

"Memang Adek yakin bisa menang berdebat sama Mama? Enggakkan?" Gue menghembuskan nafas berat dan ikut mendudukkan tubuh gue dilantai.

"Terus rencana Abang apa?" Lirih gue mengusap wajah gue frustasi.

"Masih kaya awal, ayo hidup selayaknya suami istri untuk tiga bulan, gimana akhirnya biar takdir yang nentuin, mungkin Mama bener, jodoh gak ada yang tahu." Gue langsung natap Abang horor, ucapannya barusan lebih mengkhawatirkan ketimbang Abang yang selalu ngebelain Kak Gea.

"Yang kamu takutin apa sih Dek? Takut beneran cinta sama Abang? Yaudah tinggal sabar nunggu Abang juga cinta apa susahnya, sabar kan kelebihan Adek!" Gue langsung bangkit nimpuk kepala Abang pake guling, kalau ngomong enak banget.

"Bang! Abang kalau ngomong bisa lebih seriusan dikit gak? Ini perkara masa depan Bang! Bukan untuk main-main." Ucap gue serius, becanda juga ada tempatnya.

"Kamu mau Abang seserius apa lagi?" Tanya Bang Riza meletakkan tangannya diatas kepala gue.

"Ayo coba! Jangan kebanyakan mikir, akhirnya cinta atau enggak! Abang juga gak bakalan nyakitin kamu." Abang mengusap kepala gue dan bangkit lebih dulu masuk ke kamar mandi.

Aduh otak Abang itu jalanannya gimana coba? Semua masalah dibawa gampang! Iya kalau semuanya berjalan sesuai pemikirannya tapi kalau belibet gimana? Gue yang susah, dia juga susah, semua orang ikutan susah.

"Oya Abang lupa ngasih tahu Adek satu hal, Adek tahu kenapa Abang terlihat sangat tenang sekarang? Karena Abang tahu yang akan hidup sama Abang itu kamu." Ucap Abang dari amabang pintu kamar mandi, untuk sejenak gue juga mikirin hal yang sama, gak ada yang perlu gue khawatirin selama Abang orangnya, gue gak disuruh Mama hidup sama orang asing, orang itu Bang Riza! Abang gue sendiri.

"Abang gak perlu khawatir tentang apapun selama Adek orangnya."

Why Him? (End)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang