"Kak Gea gak akan pernah ngerti Abang paham gak?" Bentak gue.
Tanpa sadar gue mulai menatap Bang Riza dengan mata yang berkaca-kaca, gue gak berniat kurang ajar dengan Abang gue atau bahkan dengan suami gue, gue juga gak berniat ngadu ke Bang Riza tentang bagaimana sikap Kak Gea tapi disaat Bang Riza terus maksain pendapatnya ke gue dan gak bisa gue terima, ribut adalah ujung-ujungnya.
Gue ngerasa Abang terlalu percaya dengan apa yang dia liat doang! Bagus sih megang prinsip kaya gitu tapi disaat gue tahu kalau apa yang dipercaya sama Abang gue itu salah kesel juga rasanya, okelah gue nyoba ngerti tapi setiap kali Abang maksa untuk gue melihat Kak Gea dengan cara yang sama, gue makin gak bisa terima, gimana cerita gue mandang seseorang baik padahal gue sendiri yang jadi bahan bulian dia? Kan gak mungkin bisa.
"Dek! Apa ada yang gak kamu ceritain ke Abang mengenai Gea?" Gue menggeleng cepat untuk pertanyaan Bang Riza, gue gak boleh ngadu, gue gak mau Kak Gea makin gak suka sama gue.
"Kamu yakin?" Ah kudu ngasih jawaban apa?
"Abang tanya sekali lagi! Apa ada yang kamu tutupin tentang Gea?" Gue masih tetap diam.
"Baik! Kalau kamu gak mau jawab pertanyaan Abang, Ici yang akan ngasih jawabannya!" Dan begitu Bang Riza berniat bangkit, gue nahan lengannya untuk tetap duduk dihadapan gue.
"Apa Adek punya jawabannya sekarang?" Dan dengan berat hati gue mengangguk pelan.
"Aya gak tahu apa yang Aya ceritain sekarang bakalan Abang percaya atau enggak tapi_
"Apa?" Potong Bang Riza terlihat sangat tidak sabaran.
"Kak Gea yang ninggalin Abang waktu Abang terbaring sakit dulu bukan satu-satunya alasan Mama nolak Kak Gea untuk jadi menantunya!" Ucap gue tertunduk.
"Maksud kamu? Ngomong yang bener Dek jangan dipotong-potong."
"Kak Gea minta Aya keluar dari rumah kalau seandainya Abang sama Kak Gea udah nikah nanti dan sayangnya Mama tahu ucapan Kak Gea ini." Dan Bang Riza terlihat cukup kaget dengan ucapan gue.
"Itu gak mungkin Dek! Selama ini Gea memang terlihat gak suka sama kamu tapi gak sampai ngusir kamu dari rumah juga, itu gak mungkin." Dengan tatapan berkaca-kaca gue memaksakan senyuman gue.
"Heumm! Aya benerkan? Abang gak akan percaya! Ini dia alasannya kenapa Aya gak pernah cerita!" Gue masih menyunggingkan senyuman gue memperhatikan Abang, cerita hal buruk tentang Kak Gea ke Bang Riza itu sama aja boong, Kak Gea terlalu baik untuk terlihat buruk dimata seorang Riza.
Seberapa meyakinkanpun cara gue ngasih tahu Abang tentang sifat asli Kak Gea! Abang gak akan percaya gitu aja! Abang gak sampai marah-marah aja harusnya gue banyak bersyukur, kalau orang lain yang ngomong jelek untuk Kak Gea mungkin reaksinya bakalan kaya petasan di bakar.
"Kalau Abang keluar tutup pintunya!" Mengabaikan Abang yang masih terlihat berpikir keras, gue kembali membaringkan tubuh gue dan tidur memunggungi Abang, percaya atau enggak! Sikap Abang udah jadi jawabannya.
Gue juga gak harus berharap banyak! Walaupun Bang Riza gak percaya setidaknya gue udah pernah jujur dengan ngomongin masalah ini jadi kalau suatu saat Abang tahu kenyataannya, Abang gak punya hak untuk marah ataupun melampiaskannya ke gue dengan alasan kenapa gue gak pernah ngasih tahu dia.
"Kita pulang ke rumah Mama!" Ucap Abang tetiba.
"Loh kenapa ke rumah Mama? Bang kalau Abang marah Aya minta maaf tapi Abang gak perlu sampai marah ke Mama juga! Mama gak salah Bang! Aya yang salah." Ucap gue memohon, apa harus Abang marah ke Mama juga? Ini gak adil! Cukup gue yang jadi pelampiasannya.
"Bang! Abang marahnya ke Aya aja tapi jangan ke Mama! Kita gak harus pulang ke rumah Mama Bang! Aya yang salah! Aya minta maaf!" Ulang gue mulai narik lengan Abang.
"Kamu ikut Abang pulang ke rumah Mama atau tinggal disini sendirian? Itu pilihan kamu." Melepaskan tangan gue paksa, Abang keluar dari kamar dan langsung ngambil kunci mobilnya, gue yang ngeliat reaksi Bang Riza juga gak punya pilihan lain selain ikut terpaksa.
Selama perjalanan Abang gak ngeluarin sepatah katapun, raut wajahnya juga beneran gak kebaca sama sekali, gue gak tahu apa yang ada dikepala Bang Riza sekarang, gue sama sekali gak tahu apa yang bakalan dilakuin Bang Riza begitu sampai dirumah Mama nanti.
"Bang! Aya mohon! Kita pulang ya! Jangan sampai Mama sakit cuma karena masalah kita." Bujuk gue!
Bukannya ngejawab! Abang bahkan gak menghiraukan ucapan gue, sesampai dirumah Mama, Abang keluar dari mobil dan menutup pintunya kasar, berjalan masuk ke rumah dengan langkah sangat amat terburu-buru.
"Ma! Riza mau bicara!" Ucap Abang begitu mendapati Mama duduk santai didepan TV.
"Loh Bang! Dek! Kalian pulang kenapa gak ngabarin Mama? Udah gitu gak ngasih salam lagi." Tanya Mama cukup kaget dengan kehadiran kita berdua kaya gini.
"Ma! Kenapa Mama gak pernah cerita ke Riza kalau Gea ngancem Aya selama ini? Kenapa Ma? Kenapa kalian ngebuat Riza kaya orang bodoh!" Tanya Bang Riza dnegan nada meninggi.
"Jawab Ma!" Tanya Bang Riza bahkan terdengar seperti bentakan.
"Abang! Abang lagi bicara sama Mama bukan sama Aya! Kalau sama Aya terserah mau Abang marah bahkan ngebentak Aya sekalipun itu bukan masalah." Gue sangat menjaga nada bicara gue supaya suasana gak semakin kalut.
"Apa kalau Mama cerita kamu akan percaya?" Tanya Mama masih mencoba setenang mungkin.
"Gak ada alasannya Riza gak percaya sama Mama!" Nada suara Bang Riza sedikit melembut.
"Ma! Riza mempertahankan Gea karena Riza pikir cuma karena Gea gak ada disaat Riza sakit yang menjadi alasan Mama menolak Gea tapi kalau Gea berani mengancam atau berbuat sesuatu ke keluarga Riza itu beda lagi ceritanya!" Lirih Bang Riza mendudukkan tubuhnya dilantai.
"Riza memang mencintai Gea tapi otak Riza masih jalan Ma! Riza gak akan mungkin menjadikan wanita yang akan menyakiti keluarga Riza sebagai istri, kenapa Mama gak pernah cerita?" Bang Riza bahkan menatap Mama dengan mata yang berkaca-kaca sekarang.
"Riza berasa jadi laki-laki bodoh karena gak tahu apapun! Riza selalu berisi keras dengan pilihan Riza, Riza bahkan mengorbankan perasaan Aya cuma untuk kepentingan Riza sendiri, Riza malu Ma." Lirih Bang Riza sangat terpukul.
"Anak Mama terlalu baik untuk menilai negatif orang lain! Abang gak boleh kaya gini." Mama ikut berlutut dihadapan Bang Riza untuk menenangkan.
Awalnya gue pikir Bang Riza bakalan gak percaya dengan ucapan gue dan berniat marah ke Mama juga tapi ternyata Abang ngajak gue pulang karena terlalu merasa bersalah untuk menghadapi gue langsung.
"Riza minta maaf Ma! Riza sama sekali gak berniat kasar sama Mama!" Bang Riza berjalan mendekat dan memeluk Mama cukup erat.
"Mama maafin Abang! Tapi Abang harus inget juga, kesalahan terbesar Abang bukan sama Mama tapi sama Adek!" Ucap Mama yang membuat gue ikut berlutut.
"Abang minta maaf!" Lirih Abang yang belum berniat melepaskan dekapan Mama.
"Aya juga minta maaf!" Balas gue ikut menyunggingkan senyuman.
Apa kaya gini penyelesaian dari masalah gue sama Bang Riza? Kalau Abang udah tahu semua sikap Kak Gea itu artinya Abang gak akan susah-susah nyari cara untuk ngebujuk Mama buat nerima Kak Geakan? Gue juga gak perlu bertahan lebih lama untuk status gue sekarangkan? Akhirnya!
KAMU SEDANG MEMBACA
Why Him? (End)
Romance"Ma! Masa nikahnya sama Abang sih Ma? Gak memperluas keterunan ini mah, dari kecil sampe tua masa muka Abang juga yang kudu Aya liatin?" "Ma! Mama liatin anak gadis Mama, disuruh nikah udah kaya disuruh masuk medan perang, memang kurangnya Riza dima...