"Aya cinta! Apa itu cukup?" Gue tersenyum cukup tulus untuk Kak Alan sekarang, gue gak mau nyakitin hati Kak Alan jadi tolong, hargai sedikit usaha gue.
"Aya cinta sama Abang Aya! Aya cinta sama suami Aya! Apa ada yang salah?" Ulang gue meyakinkan.
Kenapa cinta gue sama Abang selalu dipertanyakan? Lagian andai kata gue belum cinta sama Abang, Kak Alan mau berharap apa? Nunggu gue cerai sama Abang? Apa lelaki baik akan menunggu untuk hal kaya gini?
"Bahkan kalau Aya gak cinta sama Abang! Aya juga gak bisa cinta sama Kakak." Walaupun terkesan jahat tapi gue harus jujur, bersikap tega dan sedikit keras mungkin akan membuat Kak Alan lebih mudah ngerti, dia beneran gak punya kesempatan sama sekali.
Jangan buang-buang waktu dan tenaga untuk gue, jangan menjadikan diri Kak Alan terpuruk cuma untuk nunggu gue, Kak Alan berharga, Kak Alan punya Bunda, apa Kak Alan gak mikirin perasaan Bunda kalau tahu Kak Alan bersikap kaya gini?
Cinta memang gak salah tapi memaksakan cinta kita dibalas itu yang salah, gak semua cinta itu berhasil mekar, tapi gak sekarang bukan berarti Kak Alan gak akan nemuin cinta yang lainkan? Diluar sana banyak perempuan yang jauh lebih baik dari gue.
"Itu gak mungkin Ay." Kak Alan masih setia menatap gue dengan tatapan terlukanya, gue harus apa untuk membuat Kak Alan ngerti? Yang namanya perasaan itu gak bisa dipaksain.
"Kak! Kakak liat Aya sekarang, apa Aya terlihat gak bahagia? Apa Aya terlihat berpura-pura didepan Kakak? Aya memang cinta sama Abang, itu kenyataannya." Gue gak mau memperpanjang apapun, beberapa orang disini juga mulai menatap gue sama Kak Alan seolah kami berdua adalah tontonan menarik.
Gak cuma tamu yang hadir, Abang bahkan belum melepaskan tatapannya, gak cukup dengan tatapan menusuk Abang, tatapan Mama sama Bunda Kak Alan juga membuat gue semakin gak enak hatin mereka mau mikir apa?
Gue gak mungkin ngeladenin sikap gak dewasa Kak Alan lagikan? Ini ditempat orang, orang bikin acara syukuran bukan mau bikin acara adu argument gue sama Kak Alan, gue udah cukup bersabar dan gue rasa Kak Alan harus udah tahu batasannya.
"Ay, lo mau kemana?" Tanya Ici begitu gue nyelempangin tas gue tetiba.
"Ci, acara lo udah selesaikan? Sorry banget bukan gue gak mau disini lebih lama tapi lo tahukan suasanya bakalan kaya apa kalau Kak Alan terus natap gue kaya gini? Gue gak nyaman." Jelas gue nepuk lengan Ici.
"Abang juga mulai natap Kak Alan gak suka, gue gak mau ada ribut-ribut disini." Lanjut gue berharap Ici ngerti.
"Gue ngerti, kalau gitu lo hati-hati, besok lusa insyaallah gue dateng cepet, jangan terlalu lo pikirin, okey." Gue tersenyum dengan ucapan Ici.
Gak mau nunggu lebih lama, gue nemuin Abang dan ternyata Mama juga udah bareng Abang, gue yakin Mama tahu apa yang gue rasain sekarang makanya gak keberatan kalau gue mau pulang sekarang juga, bertahan disini malah jadi lebih berat, gue gak mau bikin acara diacaranya orang.
"Kalian udah bicara sama Alankan?" Tanya Mama buka obrolan, gue yang awalnya setia menatap keluar jalan langsung menatap Abang khawatir.
"Udah Ma, mungkin Alan butuh waktu." Jawab Abang mewakili.
"Jangan terlalu kalian pikirkan tapi jangan juga kalian anggap enteng, kalau Alan selalu bersikap kaya tadi juga gak baik, Mama gak suka, Mama juga gak enak sama Bundanya Alan." Lanjut Mama tegas.
Gue mengangguk mengerti dan Abang juga melakukan hal yang sama, kita berdua sedang berusaha dengan cara terbaik untuk gak nyakitin hati siapapun tapi kalau cara pertama gak berhasil, menjauh adalah cara lainnya.
Lagian Bunda Kak Alan harusnya juga bisa menilai, gue berusaha sebaik mungkin menghargai perasaan putranya, gue berharap Bunda Kak Alan gak akan menyimpan kemarahannya lagi ke gue ataupun Abang.
"Abang sama Adek paham Ma, Mama gak perlu khawatir." Dan inilah inti pembahasan kita.
.
.
."Aya udah bilangkan kalau Kak Alan gak akan ngerti, Kak Alan gak akan terima keadaan kita berdua semudah itu Bang." Gue menatap Abang khawatir.
Dari awal gue udah bilang kalau cara ini gak akan berhasil, gak semua orang sesuai dengan pemikiran kita, gue tahu niat Abang baik tapi kalau niat baik Abang gak bisa ngebuat Kak Alan ngerti rasanya tetap percuma.
"Tapi setidaknya kita udah usaha Dek, sekarang kita coba jaga jarak dari mereka." Balas Abang mengusap kepala gue, gue mengangguk setuju.
"Abang sendiri tadi kenapa cuma natap Kak Alan doang? Kenapa gak Abang samperin?" Tanya gue sedikit kesal.
Dimana-mana tu suami kalau ngeliat istrinya di ganggu laki-laki lain gak akan diem dan cuma merhatiin doang, bisakan disamperin, ikut ngebantu biar gue bisa lepas dari Kak Alan, kalau cuma diliatin sampai kapanpun yang modelan Kak Alan gak bakalan paham.
"Terus Adek mau Abang narik tangan Adek didepan orang rame? Bikin acara ditengah acara orang?" Tanya Abang balik.
"Apa Adek pikir reaksi Alan akan seperti itu kalau Abang ikut campur? Marah dan narik Adek pulang? Kalau Abang bersikap kaya itu reaksi Alan mungkin gak akan pernah Adek bayangin."
"Alan cuma diam disaat Adek pergi itu mungkin tingkat tertinggi dari kesabarannya jadi jangan memancing emosi lelaki Dek." Gue membulatkan mata kaget dengan penjelasan Abang.
"Ini salah satu efek kebanyakan nonton drama, keadaan jadi didramatisir." Ucap Abang nyentil kening gue.
Gue yang masih mengusap kening gue masih natap Abang gak percaya, gue gak pernah mikir sampai kesini sama sekali, gue pikir Abang diem karena malu ribut-ribut didepan orang rame, gue gak pernah ngerti situasi, mungkin Abang bener, pemikiran gue mulai terkontaminasi sama drama.
"Udah Abang beberes dulu setelah kita tidur, jangan terlalu Adek pikirin, tar demam lagi." Abang bangkit dan narik handuk masuk ke kamar mandi.
Sepeninggalan Abang gue masih mikir ulang kejadian di tempat Ici tadi, untung Abang sabar cuma ngeliatin doang, kalau sampai Abang ikut nimbrung mungkin memang bakalan lebih rame, beneran bikin acara di tempat orang.
"Oya Dek! Abang serius dengan ucapan tadi, situasi itu jangan terlalu didramatisir, melawan bukan berarti selalu terlihat hebat karena kenyataannya hidup memang gak sedrama itu." Iya gue ngerti.
"Iya! Udah sana." Gue mengakui ucapan Abang tapi kesal itu tetap.
"Drama Adek udah Abang hapus setengah." Ucap Abang sebelum nutup pintu kamar mandi.
"Yak!" Kenapa koleksi drama gue yang jadi korban?
KAMU SEDANG MEMBACA
Why Him? (End)
Romance"Ma! Masa nikahnya sama Abang sih Ma? Gak memperluas keterunan ini mah, dari kecil sampe tua masa muka Abang juga yang kudu Aya liatin?" "Ma! Mama liatin anak gadis Mama, disuruh nikah udah kaya disuruh masuk medan perang, memang kurangnya Riza dima...