"Siapa? Saya suaminya!" Gue membelalakkan mata gak percaya dengan jawaban Bang Riza barusan, kenapa Abang malah ngaku suami gue? Didepan Kak Alan lagi, wah bakalan makin kacau.
"Suami? Mas gak salah milih istri? Atau Mas gak tahu kalau dia ini anak pungut? Sini ya Mas ganteng dengerin kita-kita, Aya ini cuma_
"Anak angkat? Saya Abang angkatnya! Kenapa? Ada masalah? Saya Abang sekaligus suaminya! Masih ada yang ingin disampaikan?" Mendapat pertanyaan yang seakan tamparan keras kaya gitu, mahasiswi yang ngatain gue barusan langsung kabur gak tahu kemana.
Gue narik lengan Abang sambilan menatapnya gak percaya, apa yang ada diotak Abang gue sih? Ngomong gak mikir dulu! Mungkin buat yang denger barusan bakalan ngomong wah Abangnya hebat! Wah suami idaman! Wah! Wih! Tapi Ucapannya tadi pasti bakalan jadi bahan omongan yang lebih untuk gue kedepannya, tar mereka semua pada ngatain gue apalagi? Si anak pungut gak tahu diri sampai berani nikah sama Abangnya sendiri?
"Abang ngapain ngomong kaya tadi?" Tanya gue kesal.
"Terus apa Adek berharap Abang cuma akan diam dan jadi penonton budiman kaya dia?" Tanya Bang Riza balik dan menunjuk Kak Alan dengan dagunya.
Seketika tatapan Kak Alan sama Bang Riza beneran kacau parah, kalau gak dengan cara salah satu dari mereka gue giring pergi paksa, bakalan ada ribut sesi kedua kayanya entar, gak mau itu kejadian, gue mendorong tubuh Bang Riza keluar ninggalin kantin lebih dulu.
Jujur gue memang gak mau ribut sama Kak Alan, gue juga ngerti kalau Kak Alan kecewa setelah tahu pernikahan gue tapi sikapnya yang diam aja kaya tadi waktu tahu gue dikatain parah didepan matanya beneran ngebuat gue kecewa juga, apa hanya segitu rasa sayang Kak Alan? Apa hanya segitu pentingnya gue untuk seorang Alana? Rasa kecewanya bisa ngebuat gue gak berarti sama sekali.
Apa masih bisa gue membandingkan Kak Alan dengan Bang Riza sekarang? Setelah kejadian tadi rasanya gue harus mikir ulang, selama ini seberapa besarpun kesalahan yang gue buat, seberapa kecewapun Bang Riza sama gue, Bang Riza gak akan mengabaikan gue seperti yang Kak Alan lakuin tadi.
Bang Riza selalu bilang, Abang mungkin bukan laki-laki yang baik tapi Bang Riza akan selalu nyoba jadi Abang terbaik untuk gue, ketika gue melakukan kesalahan wajar kalau Abang merasa kesal atau bahkan kecewa tapi mendiamkan gak akan menjadi solusi, ketika gue melakukan kesalahan tugas Abang lah memperbaiki kesalahan gue, mengajari gue caranya bertanggungjawab, itu adalah tugasnya Bang Riza sebagai Abang gue.
"Apa kalian mengakuinya sekarang?" Tanya Kak Alan tetiba menghalangi jalan gue sama Bang Riza, Ici yang ikut merhatiin juga udah narik nafas dalam.
"Bukannya udah gak butuh penjelasan?" Tanya gue balik, entah kenapa gue beneran kecewa sama Kak Alan dan gue sama sekali gak bisa nutupin hal itu.
"Ka_
"Dan Aya gak butuh penjelasan apapun dari Kakak juga." Lanjut gue motong ucapan Kak Alan.
"Ci gue sama Abang duluan." Dapet anggukan Ici, gue balik mendorong tubuh Abang pelan buat jalan, Kak Alan keliatan marah tapi gue juga terlanjur kecewa.
"Abang ngapain ke kampus? Jemput Kak Gea?" Tanya gue, aneh aja tiba-tiba Abang muncul di kampus kalau gak punya kepentingan, selama ini alasan Abang ke kampus gue ada dua, pertama nyariin Kak Gea dan kedua kalau gue bikin ulah.
"Abang memang dateng jemput kamu." Masa? Gak pernah-pernah kaya gini?
"Kemajuan!" Cicit gue tersenyum kecil.
Sebelum masuk ke mobil dan ninggalin kampus gue sempet melirik ke beberapa arah nyari keberadaan Kak Gea, takut-takut Kak Gea ngeliat Abang ngebelain gue lagi, gue beneran gak bisa nyari gara-gara sama pacar Abang gue, gue gak mau ngebuat Abang berada diposisi yang gak nyaman, gue gak mau Abang berada diantara adik dan pacarnya karena bukan cuma Abang yang gak akan nyaman, gue juga.
"Bukannya kamu suka sama Alan?" Tanya Abang buka obrolan, ini ngajak ngomong apa ngajak perang? Belakangan kayanya Abang makin sering nanya urusan pribadi gue.
"Memang! Terus kenapa?" Jawab gue seadanya, ya gue memang suka sama Kak Alan terlepas dari sikapnya hari ini yang membuat gue kecewa.
"Kalau suka kenapa gak pernah pacaran?" Gue menyipitkan mata dengan pertanyaan Abang sekarang.
"Karena suka bukan berarti cinta!" Jawab gue lagi, ya memang sesederhana itu, gue suka sama Kak Alan sebagai temen atau mentok gue anggep Kakak tapi kalau cinta jelas beda lagi ceritanya, gue rasa gue belum tahu apa arti cinta yang bener.
"Terus kamu cintanya sama siapa?" Ish ini kenapa pertanyaan Abang makin aneh semua?
"Gak ada!" Gue narik nafas dalam sekarang, awas aja kalau dilanjutin pertanyaannya!
"Terus it_
"Stop nanya bisakan Bang? Mending fokus nyetir." Gue tersenyum paksa sekarang, gue capek jadi jangan buat gue kudu menjawab pertanyaan pribadi yang gak mendasar kaya gitu, ikut perjanjian awal aja, nikah ya nikah tapi urusan pribadi, urus masing-masing.
.
.
."Abang balik ke rumah sakit gak?" Tanya gue begitu kita dirumah.
"Enggak kayanya!" Gue mengangguk pelan dan berjalan lebih dulu naik ke atas.
Dikamar, gue menjatuhkan tas gue dilantai dan membaringkan tubuh gue asal diranjang, kadang gue sempet mikir, apa harus gue diem sewaktu dikatain kaya tadi? Gue bisa aja bales ngejawab kaya Ici tapi ngejawab juga gak akan ngasih solusi apapun, yang ada keributan semakin menjadi dan ujung-ujungnya cuma bakalan jadi bahan omongan.
"Mikirin apa lagi Dek? Masih inget yang tadi? Atau inget Alan?" Tanya Abang mendudukkan tubuhnya disamping gue! Gue sendiri langsung bangkit mendudukkan tubuh gue diranjang begitu mendengarkan pertanyaan aneh Abang lagi.
"Abang ini kenapa? Harus gitu Kak Alan selalu Abang bawa-bawa? Aya udah bilangkan kalau itu urusan pribadi Aya! Bukannya kita udah sepakat buat gak ngusik urusan masing-masing?" Kesal gue.
"Kenapa pake marah? Abang nanya baik-baik, Abang tanya kamu kenapa? Apa karena Alan? Abang cuma khawatir." Balas Abang juga mulai terlihat kesal.
"Tapi kenapa Abang terus nyebut nama Kak Alan?" Balas gue lagi, ini yang ngebuat gue kesel, kalau khawatir ya khawatir tapi gak harus selalu dikaitin sama Kak Alan bisakan? Gue sama Kak Alan gak punya hubungan istimewa apapun jadi kenapa Kak Alan terus dibawa-bawa? Ini masalahnya.
"Dek! Kamu ini kenapa? Sebegitu kecewanya kamu sama Alan makanya bersikap kaya gini? Kecewa sewajarnya Dek, gak perlu berlarut cuma untuk laki-laki gak guna kaya gitu."
"Stop nyebut Kak Alan bisakan? Abang maunya apa coba? Ini urusan pribadi Aya, Aya sendiri gak pernah ngusik urusan pribadi Abang sama Kak Geakan?"
"Sekarang kenapa malah kamu yang bawa-bawa nama Gea? Apa ini adil?" Gue memejamkan mata gue nahan emosi kalau udah adu mulut sama Abang, gak bakalan kelar kayanya.
"Bang! Mending Abang keluar deh! Aya gak mau ribut! Aya gak mau berdebat sama Abang! Urusan Kak Alan, biar Aya yang selesain, Aya gak mau Abang turun tangan kaya tadi lagi, kalau Kak Gea sampai tahu, Abang tahukan Kak Gea bakalan ngelakuin apa?" Ucap gue mencoba bicara dengan nada lebih lembut.
Yang gue takutin bukan sikap peduli Abang akan membuat gue luluh tapi sikap Kak Gea kalau tahu Abang terus ngebela gue sama sekali gak bisa gue bayangin, detik ini gue bahkan belum lupa dengan ancaman Kak Gea! Kalau sampai Kak Gea beneran nikah sama Bang Riza, suka gak suka gue harus keluar dari rumah! Mama juga tahu itu!
Belum lagi sikap Kak Gea ke gue kalau gak ada Abang! Hanya karena gue bukan adik kandung Bang Riza, gue gak akan pernah mendapatkan perlakuan baik dari Kak Gea, itu akan berlaku seumur hidup gue kalau Kak Gea beneran jadi istrinya Bang Riza, apa gue harus menjelaskan ini juga ke Abang supaya dia ngerti kekhawatiran gue?
Gue kasih tahupun apa Abang akan percaya? Kak Gea terlalu sempurna di mata Bang Riza, ucapan Mama aja gak ada artinya apalagi ucapan gue, Bang Riza gak akan percaya sebelum ngeliat dengan mata kepalanya sendiri dan untuk ngebuktiin itu semua gak gampang dan mungkin gak akan pernah bisa.
"Dek! Abang udah bilang kalau Abang udah jelasin semuanya sama Gea! Dia akan ngerti jadi_
"Kak Gea gak akan pernah ngerti Abang paham gak?" Bentak gue.
KAMU SEDANG MEMBACA
Why Him? (End)
Romance"Ma! Masa nikahnya sama Abang sih Ma? Gak memperluas keterunan ini mah, dari kecil sampe tua masa muka Abang juga yang kudu Aya liatin?" "Ma! Mama liatin anak gadis Mama, disuruh nikah udah kaya disuruh masuk medan perang, memang kurangnya Riza dima...