"Pak Devan jangan ke sekolah dulu. Udah buat hari ini mendingan istirahat aja di rumah." Ucap gue sambil ngompres jidatnya. Dia cuma bergumam lanjut lagi narik selimut sambil genggam sebelah tangan gue.
Dari semalam dia meriang. Kayaknya efek hujan-hujanan kemarin deh. Gue bilang juga apa kan gara-gara jaketnya gue pake dia jadi sakit kayak gini.
"Sekarang kita ke dokter yuk pak biar sakitnya sembuh." Ajak gue mandangin dia penuh khawatir.
"Nggak usah Ris, cukup istirahat kayak gini aja nanti juga saya baikan." Jawabnya masih dengan mata terpejam.
"Baikan gimana pak, suhu tubuh Pak Devan aja masih panas kayak gini. Kalo nanti tambah parah gimana?" Tutur gue lagi masih sibuk sama kompresan.
"Ya kamu jangan bilang gitu dong biar saya gak tambah parah." Balasnya lagi bikin gue geleng kepala.
"Ya makannya sebelum makin parah mendingan kita ke dokter, biar-"
"Saya bilang kan nanti juga sembuh Ris, gak perlu ke dokter. Lagi pula saya tadi udah minum obat. Kamu percaya aja sebentar lagi saya pasti baikan." Dia masih aja keukeuh gak mau pergi ke dokter.
"Tapi pak-"
"Kamu jangan khawatir berlebihan kayak gitu."
Pak Devan tetaplah Pak Devan yang keras kepala, gak mau nurut diajak ke dokter. Dengan kondisinya yang sakit kayak gini bahkan dia mau pergi ke sekolah di jam sembilan nanti. Hari ini jam ngajarnya emang agak siangan. Makannya dia bisa berangkat agak telat dari rumah.
*Jam setengah sembilan pun tiba.
"Beneran nih Pak Devan bakalan kuat ke sekolahnya?" Gue pasang raut khawatir merhatiin dia yang lagi rapiin gulungan lengan kemejanya. Dia pun berbalik badan jalan ngehampirin gue sambil pake maskernya.
"Kamu ini cerewet banget ya." Tuturnya dengan suaranya yang serak.
"Gak cerewet gak seru pak. Nanti kalo saya diem-diem bae kan Pak Devan sendiri yang heran." Jawab gue bikin dia ketawa.
"Haha iya juga ya."
"Oh ya Ris, saya punya sesuatu buat kamu." Ucapnya tiba-tiba seraya merogoh saku celananya ngambil sesuatu dari dalam sana.
Gue yang bingung pun cuma diem aja merhatiin dia yang sekarang malah nyentuh rambut gue kayak lagi masangin sesuatu gitu. Tangannya perlahan menjauh. Pak Devan pun kini tersenyum mandangin gue. Penasaran sama apa yang dia kasih gue pun meraba rambut.
Jepitan?
Ya. Gue yakin banget kalo yang gue pegang ini jepitan rambut.
Ya iyalah jepitan rambut masa iya jepitan kolor sih. Kan gak lucu.
Gue gak tau maksudnya dia apa tiba-tiba ngasih jepitan kayak gini. Masih pagi loh ini dia udah bikin anak orang bingung aja. Seolah paham sama apa yang lagi gue pikirin Pak Devan pun ngejelasin.
"Kemarin waktu saya mampir ke toko fotokopi kebetulan si mbak fotokopiannya gak punya kembalian jadinya dia nyuruh saya buat milih sesuatu sebagai gantinya. Ngeliat jepitan itu seketika saya ingat ke kamu Ris. Ya udah saya ambil aja. Mana pas banget lagi harganya." Jelasnya dengan mimik muka serius?
Gue agak cengo denger penjelasannya. Gue kira dia 'sengaja beliin' jepitan ini. Eh tau-taunya sekedar ketidaksengajaan belaka.
Harusnya lo bersyukur Char. Dengan dia yang kayak gini juga berarti dia inget sama lo!
"Kenapa manyun gitu? Gak suka ya?"
"Eh, nggak kok pak saya suka." Jawab gue sambil senyum tipis seraya balik badan natap pantulan diri di cermin. Jepitan yang dia kasih ternyata bentuk bunga matahari. Boleh juga nih jepitannya. Lucu sama kayak yang ngasihnya. Mhehe.
KAMU SEDANG MEMBACA
Gue Ketemu Doi [COMPLETED]
Teen FictionIni tentang gue, Charissa Hardi yang masih duduk di bangku SMA. Singkatnya gue ketemu sama 'Doi' yang berhasil masuk ke kehidupan gue. Doi yang tak lain adalah guru di kelas gue. Namanya Pak Devan Danuarta. Tapi gue manggil dia dengan sebutan pak h...