Aku cepetin biar gak kelamaan hehe.
—
Hari ini umur nya Mars udah enam bulan dan hari ini dia bakal makan makanan bayi untuk pertama kalinya. Buat makanan pertama nya gue bikin sendiri sesuai saran dokter.
Hari ini yang excited banget tuh gue sama Jay, gue udah masak daritadi sedamgkan Jay udah sibuk dandanin Mars, katanya harus keliatan ganteng padahal nanti kalo lagi makan juga pasti berantakan lagi.
"Bu, liat nih adek gak mau dipakein baju masa?" Jay jalan nurunin tangga sambil gendong Mars yang baru pake popok.
"Aku masih siapin makanan nya, sama kamu dulu ya?" Kata gue yang masih sibuk di dapur.
"Gak mau sayang, daritadi dia malah kabur liat aku pegang baju mau nya diajak main terus." Maksudnya kabur tuh Mars merangkak ya walaupun belum gesit banget sih merangkak nya.
Gue akhirnya samperin mereka yang udah duduk di ruang tengah, Mars dilepas gitu aja di atas matras tempat biasa dia main. "Anak ganteng nya Ibu ayo kita pake baju nya dulu, ya?" Kata gue.
Mars yang denger suara dan lihat gue langsung merangkak ke arah dengan muka ceria nya. "Sama Ibu aja baru mau!" Kata Jay dengan muka kesel nya.
Gue ketawa gemes, ini bukan sekali atau dua kali aja Mars lebih pilih gue daripada Jay. "Makanya aku jangan diisengin terus Ba, iya gak, dek?" Kata gue sambil natap Mars sambil senyum, Mara cuma respon gue dengan ketawa khas anak bayi.
"Ibu kan juga suka isengin Mars?" Kata Jay gak terima.
"Tapi ibu baik hati, tidak sombong, rajin menabung tidak seperti Baba yang suka buang - buang uang, iya gak?" Kata gue.
Jay ngerucutin bibirnya, "ngambek lah aku!"
Gue ketawa terus gue cubit pipi Jay karena dia gemesin, udah punya anak satu padahal tapi kelakuan masih sama kayak anak tk. "Dah tuh tolong dipakein baju nya ya Baba, aku lanjut masak dulu." Kata gue terus cium pipi Jay sebelum balik lagi ke dapur.
Jay langsung senyum sumringah dan langsung semangat pakein Mars baju. "Ayo anak ganteng Baba kita pake baju!"
Gue cuma bisa senyum sambil lanjut masak. Selama enam bulan ini rumah gak pernah sepi karena kelakuan Jay sama Mars, biasanya gue pusing karena ngadepin kelakuan Jay yang amat sangat random sekarang pusing nya nambah karena Jay melampiaskan kerandoman nya ke Mars :).
—
Sekarang udah jam tujuh malem dan Mars udah tidur, hari ini family time kita seru banget karena tadi juga sekalian suapin Mars makan untuk pertama kalinya. Jay sampe mengabadikan momen ini dengan baik tapi hasil foto dan vidio nya gak kita taro di sosial media biar buat kenang - kenangan waktu Mars udah besar aja jadi disimpen doang deh.
Gue yang baru aja selesai beres - beres di bawah langsung nyusul Jay sama Mars yang ada di kamar, gue liat Jay lagi elus - elus punggung Mars supaya tidur nya makin nyenyak. Mars kayaknya kecapean main sama Jay makanya dia langsung tidur waktu dibawa ke kamar.
"Sayang, Mars belum digantiin baju nya kasian nanti gerah tidur pake baju kayak gini." Kata Jay.
Gue ngangguk sambil jalan ke arah kasur. "Tapi gak tega kalo dibangunin, capek banget nih anak ganteng nya Ibu." Gue usap - usap lembut kepala Mars, dia mirip banget Jay kalo lagi tidur gini.
"Pelan - pelan aja, liat nih udah pake ac aja dia masih keringetan gini, gerah sayang baju nya." Emang Mars tuh anak nya gak bisa banget panas sedikit pasti dia kegerahan, ini kamar udah pake ac aja dia masih suka keringetan tapi ini karena ac kamar kita yang kayaknya rusak juga sih karena udah gak terlalu dingin.
"Yaudah, tolong ambilin baju nya ya, Ba?" Kata gue. Jay ngangguk dan langsung jalan ke kamar Mars yang ada di sebelah kamar kita. Gak lama dia balik bawa baju tidur buat Mars terus dia balik rebahan lagi di kasur.
Gue dengan hati - hati lepasin baju Mars tapi emang dasar anaknya gak bisa banget diganggu kalo lagi tidur akhirnya dia kebangun, Mars nangis karena dia ngerasa keganggu.
"Cup..cup..cup.. iya maaf ya tidur nya jadi keganggu." Kata gue sambil gendong Mars, lebih tepatnya sih gue peluk sambil gue usap - usap punggung nya.
"Ganti baju nya dulu adek, kamu keringetan gini tidur nya sayang." Kata Jay sambil ngusap bagian kepala Mars yang keringetan.
Tapi namanya juga anak bayi kan belum ngerti jadi dia tetep nangis. Gue tidurin Mars lagi di kasur, mau gak mau harus tetep digantiin baju nya daripada dia kegerahan.
"Pinjem dulu tangan nya sebentar ya anak ganteng." Kata gue sambil ngelepasin baju dari bagian tangan nya dulu.
Setelah beberapa menit akhirnya Mars udah ganti pake baju tidur tapi dia masih nangis mungkin karena bete tidurnya dibangunin dan juga kegerahan.
"Besok kita beli ac baru aja deh sayang, aku gak tega liat Mars kegerahan kayak gini. Malem ini kita tidur di kamar tamu aja dulu supaya tidur nya Mars nyenyak." Jay tuh emang se-perhatian itu sama Mars, pokoknya sekarang prioritas utama kita tuh Mars.
Gue ngangguk sambil masih terus nenangin Mars. "Kamu ganti baju dulu gih." Jay sama gue emang belum mandi dan ganti baju hehe.
"Aku mau mandi sekalian deh, tapi masih mager." Jay ngerucutin bibirnya sambil nyenderin badan nya di kepala ranjang, tangan kanan nya Jay masih ngusap kepala Mars.
"Cepet ah nanti kamu malah ketiduran, mandi nya gak usah lama - lama juga." Kata gue.
Jay ngangguk terus dia duduk lagi buat cium pipinya Mars. "Udahan dong nangis nya dek, liat tuh mukanya udah merah masa masih betah nangis? Nanti suara nya hilang kalo nangis teriak - teriak kayak gini."
"Kayaknya kegerahan deh, aku ke kamar tamu duluan deh ya nanti kamu nyusul." Kata gue.
"Yaudah aku mandi di kamar tamu aja, kamu nanti mandi juga gak?" Tanya Jay.
Gue ngangguk, "iya ini udah gerah banget."
"Aku ambilin bajunya sekalian, yuk kita pindah."
Setelah Jay ambil baju tidur kita, kita langsung pindah ke kamar tamu. Perkara ac rusak kita jadi ngungsi ke kamar tamu :).
—
Betapa bucin nya Jay sama anak sendiri 🙂