Delapan puluh

4.5K 637 29
                                    

Hari ini gue lagi main sama Mars sambil nunggu Jaydan pulang kerja, kegiatan kita setiap hari kalo ditinggal sama Baba kerja ya cuma main aja di rumah sama kadang belajar hal baru juga atau kadang kita video call sama keluarga yang ada di Jakarta.

"Mars, liat deh ibu punya apa." Kata gue sambil nunjukin boneka yang bentuk nya gajah, fyi ini boneka kesayangan Mars dan kemarin sempet hilang tapi tadi pagi gue nemuin boneka nya nyelip di pinggir kasur.

Mars yang liat boneka kesayangannya langsung merangkak cepet nyamperin gue, dia keliatan seneng banget ketemu sama boneka nya lagi.

"Buuuuuuu!" Mars udah bisa bilang 'Bu' sama 'Ba' buat manggil gue dan Jay.

"Apa sayang?"

Mars samperin gue terus dia nunjuk pintu belakang rumah, maksudnya mau ajak main keluar kayaknya. "Besok lagi ya main diluarnya? Sekarang udah sore kita main nya disini aja, oke?" Karena Mars belum ngerti jadi dia nangis.

"Baba pulanggggg!!" Mars yang lagi nangis langsung mau turun dari pangkuan gue buat nyamperin Jay.

"Eh adek kenapa nangis?" Jay gendong Mars yang masih nangis histeris sambil nunjuk pintu belakang rumah.

"Mau main keluar." Kata gue.

"Main sama Baba aja yuk?" Bisa-bisanya Mars langsung berhenti nangis, dia malah peluk leher nya Jay sambil nyenderin pipi gembul nya di pundak Jay.

"Kamu mandi dulu baru boleh main." Kata gue.

"Iya, kamu sama adik udah mandi?"

"Udah dong, liat nih udah ganteng kan?" Kata gue sambil cubit pelan pipi gembul Mars.

"Adik kan gak mandi aja juga ganteng ya? Kayak siapa nih? Kayak Baba!" Kepedean tapi fakta sih.

"Yaudah mandi dulu gih nanti lanjut main di kamar." Kata gue dan akhirnya kita pergi ke kamar, Jay masuk ke kamar mandi sedangkan gue duduk di atas kasur sama Mars.

"Anak ibu paling ganteng! Kalo udah nangis suaranya sampe kedengeran ke rumah nenek!" Kata gue bercanda, Mars kalo nangis tuh emang suaranya keras banget sampe gue kasian karena pasti tenggorokannya sakit teriak-teriak.

Sambil nunggu Jaydan mandi kita cuma rebahan aja di kasur sambil mainin boneka kesayangannya Mars, gue dan Jaydan belum bolehin Mars buat nonton tv atau nonton youtube di hp karena belum waktunya. Jadi waktu kita selama di rumah cuma main aja sama mainan yang sesuai sama umurnya Mars.

Gak lama Jay selesai mandi dia udah pake kaos hitam sama celana tidur panjang, Jay ikutan rebahan di kasur dan Mars langsung merangkak nyamperin Jay.

"Kalo udah ada Baba aja Ibu dilupain." Kata gue.

Jay ketawa sambil pelukin Mars. "Masa Ibu ngambek?"

"Tau lah! Ibu mau masak aja!" Kata gue sambil berdiri tapi ditahan sama Jay.

"Nanti aja Bu, aku belum laper kok." Kata Jay, gue kalo masak buat makan malem emang agak sorean biar makan malem nya juga gak telat.

"Nanti makan malem nya jadi telat kalo gak masak sekarang." Kata gue.

"Nanti kita beli di luar aja yaa??"

Akhirnya gue nurut dan tiduran di kasur lagi, Jay mulai sibuk main sama Mars, gue bisa ngebayangin kalo Mars udah besar nanti pasti bakal diajak nonton bola bareng deh sama Jay.

"Hari ini ngapain aja, Bu?" Tanya Jay dambil natap gue.

"Cuma main aja, tadi adik makan buah pisang ternyata dia suka banget." Gue baru coba kasih Mars buah pisang dan ternyata dia suka banget.

"Pinter nih emang anak Baba!" Kata Jay sambil ciumin pipi Mars.

"Kamu tadi makan apa sama Dery dan yang lain?" Gue usap-usap rambut fluffy nya Jay, sumpah ya rambut dia tuh beneran alus banget jadi enak aja dimainin.

"Kita males keluar jadi makan di restoran aja, aku sih tadi makan rendang." Kata Jay dan gue cuma ngangguk doang.

"Bu, tadi aku lagi liat-liat instagram kamu terus banyak komentar yang jelek ya di postingan kamu?" Jadi beberapa waktu yang lalu gue jawab beberapa pertanyaan dari question box di instagram, dan banyak yang tanya soal mental health karena beberapa bulan yang lalu gue pernah berbagi cerita ke mereka kalo gue pernah depresi, mulai dari situ juga banyak yang komentar di akun gue kayak, 'kasian ya anak nya punya ibu gila.' Komentar yang semacam itu masih banyak sampe sekarang di akun instagram gue tapi gue gak pernah bilang ke Jay karena gue masih bisa atasin ini sendiri.

"Biarin aja lah nanti mereka juga capek." Kata gue.

"Tapi jahat banget kata-kata nya, aku kesel." Kali ini Jay ngomong serius, dia natap gue dan keliatan banget matanya khawatir.

Gue cuma senyum sambil terus mainin rambut Jay. "Gapapa kok Ba, selagi bukan Mars yang dijulitin aku masih gapapa."

Jay cium pipi gue terus dia natap gue serius. "Istirahat dulu ya main sosial media nya?"

"Kenapa emang?"

"Aku tau kamu sedih, Ca. Istirahat dulu ya?"

Rasanya mau nangis liat Jay peduli banget kayak gini, gue paham kok dia cuma gak mau gue ada di fase terburuk lagi.

"Iya, nanti aku hapus aplikasi nya." Kata gue sambil senyum.

Jay ikutan senyum terus dia bawa Mars buat duduk di tengah-tengah kita, gue yang gemes karena liat Mars aerius banget sama boneka gajah nya langsung peluk sambil cium pipi gembulnya, Jay ikutan peluk gue sama Mars juga jadi kita pelukan bertiga kayak teletabis.

"Kita sayang banget sama Ibu, bahagia selalu ya Ibu cantik!"

Maaf baru bisa up segini huhu aku lagi sibuk sama ujian nihhh, buat kalian yang lagi ujian juga semangat yaaa! 💚

MantanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang