Seratus empat

3.1K 498 11
                                    

Kita baru sampe di hotel satu jam yang lalu dan sekarang udah jam satu malem tapi dua anak kecil ini belum juga mau tidur, gue tuh pusing banget deh ya sama mereka berdua masa setiap hari tidurnya hampir pagi mulu.

"Adik nda boleh dimakan ini mainan." Kata Mars sambil ngelepasin mainan dari tangan Bumi.

Bumi yang lagi asik main akhirnya nangis karena mainannya diambil, gue yang udah ngantuk cuma bisa ngehela nafas ngeliat dua anak kecil ini. Jay berdiri di depan kasur sambil berkacak pinggang natap dua anaknya yang belum juga ngantuk.

"Ini udah malem, taro mainannya sekarang bobo." Kata Jay tapi Mars sama Bumi tetep gak perduli, mereka malah jadi rebutan mainan.

"Abang belum selesai main! Ini punya abang!" Kata Mars sambil nyoba ngerebut mainan dari genggaman Bumi, padahal Bumi juga punya mainannya sendiri tapi dia tetep mau mainan punya abang nya.

"Gantian abang, sekarang abang mainin punya adik dulu nanti tukeran lagi, ya?" kata gue.

Mars ngegeleng, "Nda mau! Ini punya abang!" katanya.

Dua-duanya gak mau ngalah, gue jadi pusing.

"Abang sama adik denger Baba gak? Ini udah malem kalian harus bobo, kasian Ibu yang udah ngantuk jadi gak bisa bobo." Kata Jay kali ini lebih tegas, gak bentak cuma intonasi nya gak bisa dibantah.

"Tapi abang belum ngantuk." Kata Mars.

"Terus abang gak mau bobo?"

"Mau, tapi nanti ya?"

Jay ngehela nafas, "besok pagi kan kita mau jalan-jalan, nanti kalo abang bangun nya kesiangan gimana?"

Mars diem sambil natap Jay habis itu dia langsung kasih mainannya ke Bumi dan tiduran sambil peluk gue sedangkan adiknya kesenengan karena abang nya ngalah.

"Udah cuci muka sama sikat gigi, bang?" tanya gue.

Mars ngegleng, "Belum."

"Sana sama Baba cuci muka dan sikat gigi dulu." suruh gue.

Mereka berdua pergi ke kamar mandi buat cuci muka dan sikat gigi habis itu Mars balik lagi ke kasur dan langsung peluk gue, Bumi masih sibuk sama mainannya. Jay duduk di samping Bumi, kali ini dia juga harus ngebujuk Bumi supaya anak itu mau tidur.

"Adik juga bobo, besok lagi mainnya." Kata Jay.

Bumi ngegeleng sambil terus mainin mainannya, Jay yang gregetan coba ambil mainan nya dari tangan Bumi pelan-pelan tapi tetep aja Bumi nangis juga.

"Sekarang udah malem sayang, besok lagi main nya sekarang adik bobo dulu, tuh liat abang udah mau bobo sama ibu." kata Jay.

Bumi nyamperin gue sambil nangis dan dia ikutan peluk gue juga, Jay mukanya udah suram banget ngeliat anak-anaknya melukin gue semua gak ada yang mau peluk dia.

"Kalian tuh bener-bener jahat ya," katanya dramatis.

Gue ketawa sambil sengaja peluk Mars sama Bumi erat, mana anaknya nurut aja lagi balik peluk gue erat juga.

"Gak ada yang mau tidur sambil peluk Baba?" katanya.

Gue, Mars sama Bumi kompak ngegelengin kepala.

"Yaudah Baba ngambek!" Katanya terus dia tidur sambil munggungin kita, gue sama anak-anak ketawa ngakak.

Gue kodein Bumi buat peluk Jay dan dia nurut, Bumi peluk Baba nya dari belakang sambil nyenderin pipinya di bahu Jaydan.

"Baba.." Kata Bumi.

Jay langsung balik badan dan peluk Bumi sambil ciumin pipinya, Bumi cuma ketawa sambil jauhin badan nya supaya Jay berhenti ciumin dia.

"Udah,bobo ya sekarang." kata gue.

Akhirnya kita tidur dengan posisi Mars peluk gue dan Bumi peluk Jaydan, setiap malem suka heboh kalo mau tidur soalnya gak ada yang mau peluk Baba nya terus Baba nya jadi ngambek. Mau tidur aja kita harus debat siapa peluk siapa dulu :)

Pagi ini kita semua bangun telat, harusnya kita pergi dari pagi tapi kita baru bangun jam dua belas siang dan kita malah jadi males mau keluar hotel.

"Abang udah mandi sekalang gantian adik yang mandi." kata Mars, dia lagi duduk di atas kasur bareng sama Bumi yang lagi rebahan sambil bengong.

Mars ciumin pipi Bumi dan adiknya cuma diem aja, gue lagi siapin baju buat Jaydan yang sekarang lagi mandi tapi gue sendiri belum mandi karena daritadi masih sibuk ngurusin anak-anak sama Babanya. Kayaknya kalo udah nikah dan punya anak tuh emang gitu deh, keperluan buat diri sendiri jadi belakangan yang penting suami sama anak udah rapih duluan karena kalo gak kayak gitu bakal lama dan ribet.

Gue masih rapihin baju-baju yang ada di koper dan gue denger suara Bumi nangis, gue ngelirik ke arah kasur dan ngeliat Mars yang lagi berusaha nenangin adik nya. "Kenapa adik nangis?" Tanya gue.

"Abang cium adik tapi adik nda suka, maaf adik." katanya sambil usapin pipi Bumi.

Gue yang udah selesai sama urusan koper langsung nyamperin dua anak itu, "cup cup cup, gapapa ya dek? Abang kan cuma cium aja."

Bumi tuh kadang emang gak mau banget dicium sama siapa-siapa tapi kadang dia juga pengen diciumin terus.

"Maaf adik." Kata Mars lagi.

"Iya gapapa abang." Kata gue sambil masih nenangin Bumi yang belum berhenti nangis.

Adiknya nangis abangnya juga ikutan nangis sekarang.

"Loh ini kenapa pada nangis? Lagi lomba?" Tanya Jay yang baru aja keluar dari kamar mandi, cuma pake handuk yang dililit di pinggangnya.

"Adik nangis sama abang... huaaaa! maaf adik..." kata Mars sambil nangis kejer.

"Gapapa abang, adik juga nanti berhenti nangis nya, udah ya jangan nangis lagi?" kata gue.

"Kenapa sih emang sampe adik bisa nangis?" kata Jay, dia jalan ambil baju yang ada di atas kasur.

"Abang cium adik tapi adik nya gak mau jadi nangis deh, abang nya sedih juga gara-gara udah bikin adiknya nangis eh malah ikutan nangis juga." jelas gue.

Jay ketawa terus dia nyamperin Mars dan langsung dia gendong. "Gapapa abang, adik gak marah kok sama abang cuma lagi gak suka dicium aja."

Mars masih nangis sambil pelukin leher Jay, dia tetep ngeliatin Bumi yang lagi gue gendong. "Maaf adik." Mars gak berhenti bilang maaf ke Bumi sampe adiknya gak nangis lagi.

"Iya abang ganteng, udah ya jangan nangis lagi ya?" kata gue.

Mars akhirnya berhenti nangis, dia masih digendongan Jaydan dan tetep ngeliatin Bumi yang juga udah mulai berhenti nangis. Mars ngeliatinnya dengan ekspresi bersalah gitu.

"Ba, aku mau mandi dulu." Kata gue ke Jay, kode buat gantian dia yang jagain anak-anak.

Jay ngangguk terus dia duduk di kasur, Mars masih belum mau lepasin pelukannya dari Jay dan masih tetep ngeliatin Bumi yang udah gue rebahin di kasur.

"Ibu mandi dulu, kalian sama Baba ya." kata gue.

Untungnya Bumi mau gue tinggal sebentar jadi kita gak perlu drama lagi, gue ngehela nafas sebntar karena jujur aja gue capek tapi rasanya juga menyenangkan gitu ngeliat anak-anak sama Baba nya walaupun mereka juga kadang gak akur.

Pas gue mau masuk kamar mandi gue smpet denger ucapan Jay ke anak-anak.

"Kalian berdua coba akur dulu selama satu minggu, kita mau liburan kasian kalo Ibu ngeliat kalian suka berebutan mainan nanti ibu jadi gak bisa nikmatin liburannya. Ya anak-anak Baba yang ganteng kayak Baba?"

Gue reflek senyum, Mars tuh sweet banget pasti nurun dari Baba nya deh. Asal jangan doyan ngalus aja.

MantanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang