Malam ini gue lagi nemenin Jay yang lagi main PS, karena anak masih kecil dan kita gak punya saudara disini jadinya Jay lebih sering main PS sendiri sambil gue temenin dan biasanya dia main kalo udah malem karena kalo siang rusuh sama bocil.
"Hari ini ngapain aja sama anak-anak?" Tanya Jay, matanya fokus ke tv.
"Kayak biasa, kita gabut banget di rumah bertiga." Kata gue.
Jay ketawa sambil ambil tangan gue buat dia genggam, udah kayak anak muda aja nih bapak.
"Tapi Jay hari ini aku sedih deh." Kata gue.
"Sedih kenapa sayang?"
"Ternyata Mars inget kejadian waktu itu, yang aku sampe masuk rumah sakit." Kata gue, Jay yang lagi main langsung pause game nya terus dia natap gue.
"Kamu tau dari mana?" Katanya.
Gue ceritain semuanya dari yang gue duduk di teras rumah sampe Mars nyamperin gue, Jay dengerin gue sambil usapin punggung tangan gue.
"Aku jahat banget ya Jay, nanti kalau ternyata Mars sampe trauma gimana?" Kata gue waktu selesai cerita.
Jay ngegeleng, "kamu gak jahat, nanti biar aku yang jelasin sama Mars soal kejadian waktu itu, kamu tenang aja ya jangan terlalu dipikirin."
"Harusnya waktu itu aku gak turutin ego aku buat nyakitin diri sendiri." Kata gue, sekarang gue udah nangis karena dada gue rasanya sakit banget.
"Gapapa asal jangan kayak gitu lagi ya? Kamu tau kan yang sedih bukan cuma aku tapi anak-anak juga, mereka gak mau liat ibu nya sedih dan sakit." Kata Jay sambil bawa gue ke pelukannya.
Jay usap punggung gue sedangkan gue masih terus nangis. Jay lepasin pelukannya terus dia senderan di sofa dan narik badan gue supaya nyender di dada nya, dia ngerangkul bahu gue pake tangan kirinya sedangkan tangan kanannya dia pake buat genggam tangan gue.
"Ca, kalo suatu saat nanti pikiran untuk mengakhiri hidup masih terus ada di kepala kamu, kamu harus inget ini ya. Kalo kamu pergi aku disini sendiri, aku pasti kesusahan dan kesepian ditinggal sama kamu. Anak-anak pasti sedih ditinggal sama ibunya, mereka juga masih sangat butuh kamu. Mama dan Julian juga pasti kehilangan banget Ca, kita gak ada yang baik-baik aja kalau kamu pergi." Kata Jay, suaranya gak selantang biasanya.
"Aku gak bisa bayangin kalau kamu beneran pergi, aku kayaknya bakal jadi orang gila deh. Kamu tuh satu-satunya perempuan yang aku sayang setelah mama, aku berani sumpah demi tuhan kalau cuma kamu. Kalau kamu sadar, selama ini aku bergantung sama kamu, pusat dunia ku ada di kamu. Jadi kalau kamu pergi itu sama aja semesta ku hancur, Ca."
"Orang lain salah kalau bilang kamu beruntung punya aku karena nyatanya aku yang beruntung punya kamu, perempuan yang selalu kasih senyumnya ke banyak orang walaupun dia lagi gak baik-baik aja, perempuan yang kalau lagi marah sama galaknya kayak ibu tiri, tapi aku sayang. Sayang banget." Kata Jay sambil sedikit ketawa di akhir ucapannya tapi gue bisa liat kalo air matanya turun.
Jay ngusap pergelangan tangan gue yang banyak luka, dia senyum tapi matanya keliatan sedih. "Jangan lagi ya sayang, jangan sakiti diri kamu sendiri, aku yang sakit kalau kamu kayak gitu lagi."
"Maaf." Kata gue sambil natap Jay.
Jay ngegeleng, dia usapin rambut gue sambil natap gue dengan tatapan yang bikin gue tenang. "Kamu gak melakukan kesalahan apapun, stop minta maaf."
"Kalau sekiranya kamu ngerasa semesta jahat sama kamu, kamu bisa pulang ke semesta mu sendiri, aku dan anak-anak adalah semesta yang akan selalu buat kamu nyaman."
__
Setelah obrolan kita semalem, gue ketiduran karena kebanyakan nangis dan sekarang gue kebangun udah ada di kamar tapi gue gak ngeliat ada Jay di samping gue padahal biasanya gue selalu bangun lebih awal.
Akhirnya gue pergi ke kamar mandi buat cuci muka dan sikat gigi habis itu gue keluar kamar buat cari Jay, baru keluar kamar gue udah denger suara-suara dari arah dapur akhirnya gue pergi ke dapur.
Gue senyum waktu ngeliat Jay yang lagi sibuk masak sama Mars dan Bumi, mereka keliatan kesusahan tapi keliatan enjoy apalagi Bumi, seneng dia mah.
"Selamat pagi." Sapa gue sambil senyum.
Mereka bertiga ngeliat ke arah gue, Bumi keliatan paling kaget.
"Aduh Baba! Ibu bangun nih, gimana dong?" Katanya dengan nada khas anak kecil, dia keliatan panik gitu tapi lucu dan itu bikin gue ketawa gemes.
Gue samperin mereka sambil senyum, kayaknya mereka mau buatin gue surprise tapi karena gue udah keburu bangun jadi gagal.
"Lagi apa sih?" Kata gue.
"Lagi buatin surprise untuk Ibu tapi kenapa Ibu bangun?" Kata Bumi dengan muka polosnya.
Gue ketawa lagi, Bumi tuh gemesnya kebangetan!
"Sayang kenapa udah bangun aja?" Kata Jay sambil nyamperin gue.
"Kecepatan ya bangun nya? Yaudah ibu tidur lagi deh." Kata gue sambil ketawa.
"No, Ibu disini aja bantuin kita soalnya daritadi Baba bingung terus." Kata Mars.
Bumi ngangguk setuju sama ucapan Abang nya, "iya, Bumi sama Abang jadi pusing."
Gue ketawa lagi karena mereka lucu banget sedangkan Jaydan ngerucutin bibirnya sambil ngelipet tangan nya di depan dada. "Kalian kok kayak gitu?" Katanya.
"Sstt... Ayo Ibu kita masak!!" Kata Bumi semangat.
Akhirnya gue bantuin mereka masak, Jay yang lagi "ngambek" juga tetep ikutan walaupun suka berantem sama Bumi, gak heran sih mereka berdua udah kayak musuh tiap hari berantem tapi kalo jauh kangen.
"Minum air putih dulu sayang." Kata Jay sambil kasih gue segelas air putih.
"Sayang itu apa Bang?" Tanya Bumi ke Mars.
"Sayang itu perasaan, ya kan Bu?" Kata Mars sambil natap gue.
Gue ngangguk tapi habis itu Bumi nanya lagi.
"Tapi aku masih nda ngerti, perasaan itu kayak gimana?" Tanya Bumi lagi.
"Nanya mulu bocil!" Kata Jay gregetan.
Bumi ngerucutin bibirnya kesel terus dia mau lempar bawang ke arah Jaydan tapi langsung gue tahan tangan nya. "Hei, gak boleh gitu adek, itu gak sopan. Masa Baba nya mau dilempar sama bawang? Gak boleh ya dek, minta maaf sama Baba." Kata gue.
Bibir Bumi ngelengkung kebawah, dia kesel tapi tetep aja perlakuan dia tadi itu gak sopan dan dia harus tetep minta maaf. "Ayo minta maaf." Kata gue lagi.
Bumi jalan ke arah Jaydan terus dia peluk Jay walaupun cuma bisa peluk kaki nya aja. "I'm sorry, Baba. I love u so much." Katanya.
Jay langsung gendong Bumi terus ciumin pipi Bumi, "i love u more." Kata Jay.
"Abang juga mau di kiss!" Kata Mars, akhirnya Jay gendong mereka berdua dan ciumin pipi mereka gantian.
Gue cuma bisa senyum, rasanya tenang dan hangat banget ngeliat love-hate relationship mereka.
Mereka adalah semesta yang akan selalu buat gue merasa aman dan nyaman.
__
Untuk teman-teman dengan gangguan mental yang sedang berjuang, semangat ya! Kalian tidak sendiri, masih banyak orang-orang yang sayang sama kalian, bahagia akan segera menghampiri <3.