Jauh di negeri yang berbeda, yaitu di sebuah kerajaan yang berbeda benua dari Kerajaan Keenam. Hiduplah seorang wanita omega yang hidup dalam pelarian. Wanita itu adalah satu-satunya keturunan dari Raja Kerajaan Keenam yang berhasil selamat ketika kudeta terjadi.Paman dari ayahanda Ratu Ayut Lan adalah orang pertama yang berhasil merebut tahta Kerajaan Selatan dari tangan keluarga Lan. Pria alfa bernama Maha Lerthai itu merupakan Raja pertama dari Kerajaan Keenam, karena ia berhasil mengkudeta tahta Kerajaan Selatan dari keluarga Lan dan berhasil menyatukan keenam wilayah Kerajaan dalam benua, sehingga terbentuklah Kerajaan Keenam.
Munculnya dinasti Lerthai membawa perdamaian bagi keenam wilayah Kerajaan yang kerap berperang. Ketika keenam wilayah bersatu dalam Kerajaan Keenam, kehidupan menjadi damai dan tidak pernah terjadi peperangan lagi. Perang hanya terjadi di wilayah yang berbatasan dengan benua lain, seperti di Utara, sehingga wilayah Utara memiliki militer yang paling kuat daripada wilayah kerajaan lainnya.
Setelah Raja Maha Lerthai meninggal dunia, tahta Kerajaan Keenam jatuh kepada putranya. Dimana seharusnya orang yang duduk di tahta adalah keturunan keluarga Lan, tetapi kini digantikan oleh keluarga Lerthai. Meskipun keluarga Lan di Selatan tidak dibantai, melainkan diberi jabatan tinggi dalam kerajaan sebagai pejabat dan bangsawan.
Dinasti Lerthai mengalami kehancuran ketika dikuasai oleh Raja generasi ketiga. Raja Lerthai-3 memiliki sifat yang sangat serakah dan tidak mementingkan kesejahteraan rakyat. Sehingga, terjadilah kudeta yang dilakukan oleh Don Ratsadathirat dan Thong Phraya yang berimbas pada runtuhnya dinasti Lerthai.
Perbedaan kudeta yang dilakukan oleh Maha Lerthai dan Don Ratsadathirat adalah Don menghabisi seluruh keluarga Lerthai yang ada di Selatan. Hal itu terjadi karena usul dari Penasihat Lan yang menyuruh Don untuk tak memberikan kesempatan terjadinya kudeta lagi oleh keturunan keluarga Lerthai. Demi kedamaian dan kesejahteraan rakyat katanya. Sehingga, Don melakukan apa yang diusulkan oleh Penasihat Lan.
Tak ada satupun yang mengetahui bahwa di saat-saat terakhir ketika terjadi kudeta bertepatan dengan Ratu Lerthai melahirkan. Ia melahirkan seorang bayi perempuan di saat usianya sudah tak lagi muda, sehingga membuatnya kehilangan nyawa akibat pendarahan yang tak kunjung berhenti.
Dalam keadaan genting saat terjadi peperangan yang mengkudeta tahta Kerajaan Keenam, Raja Lerthai terbunuh. Putra Mahkota, pangeran kedua, pangeran ketiga dan seluruh orang yang mengemban nama Lerthai ikut terbunuh. Seorang pelayan Ratu Lerthai yang menemani proses persalinan mendapat permohonan terakhir dari sang Ratu untuk menyelamatkan putrinya yang baru lahir.
Pelayan itu berhasil kabur karena tak ada yang mengetahui bahwa bayi yang dibawanya adalah putri dari Raja Lerthai. Pelayan itu mengakui bayi itu sebagai putrinya dan memberinya nama Somhua, tanpa ada embel-embel nama keluarga di belakangnya. Seperti nama-nama rakyat jelata pada umumnya yang hanya terdiri dari satu kata karena tidak memiliki nama keturunan keluarga terpandang.
Pelayan itu membawa kabur sang putri sangat jauh dari wilayah Selatan, bahkan jauh meninggalkan wilayah Kerajaan Keenam hingga tiba di benua lain, yaitu di suatu wilayah kerajaan yang bernama Kerajaan Tang.
Somhua tumbuh sebagai rakyat kelas bawah. Namun, parasnya yang cantik jelita membuatnya berhasil menjadi pelayan pribadi Raja dari Kerajaan Tang itu. Sang Raja menaruh hati pada Somhua, lalu menjadikan pelayannya itu sebagai selirnya. Somhua tak hanya cantik jelita, tetapi juga cerdas dan penuh ambisi. Kehidupannya yang sulit sejak kecil, bahkan ia pernah bekerja di sebuah rumah penghibur sebelum menjadi pelayan Raja membuatnya menjadi wanita yang tangguh dan tahan banting.
Seorang pelayan yang selama ini dianggap ibu oleh Somhua akhirnya mengatakan siapa Somhua sebenarnya ketika sedang sakit parah dan hidup tak lama lagi.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Throne
Historical Fiction[SingKit] ⚠️OMEGAVERSE (A/B/O), 21+⚠️ Pada suatu benua yang berada di belahan Bumi bagian utara, terdapat 6 pulau yang memiliki 6 kerajaan dengan wilayahnya masing-masing. Hingga seseorang berhasil menyatukan keenam kerajaan menjadi satu kerajaan ya...