BAB 15 -TERNYATA RASANYA SANGAT JAUH BERBEDA

125 15 4
                                    

"sungguh luar biasa perjuanganmu kakek Harimau,.. dahulu engkau telah membawaku begitu jauh hingga menyeberangi perbatasan negeri,.."

Waseso melakukan monolog kepada dirinya sendiri, sambil memasukkan beberapa lembar daun bahan obat-obatan kedalam keranjang anyaman bambu yang dia ikatkan disamping pinggang kiri.
Pagi ini rombongan kecil Waseso akan melanjutkan perjalanan pengembaraan mereka (lebih tepatnya Waseso yang di ikuti).

Ketika yang lain bergiliran mandi, sementara dirinya adalah yang paling awal siap ..
(saat ini dia belum sadar bahwa semenjak menelan mustika, dirinya tidak pernah merasakan kantuk sama sekali,.. apalagi tidur, anehnya lelah maupun letih juga tidak dirasakannya)

Si pemuda telah berpamitan kepada Kinda untuk keluar sebentar mencari dedauan serta akar tanaman obat,..
Disamping untuk melengkapi bekal yang dia bawa dari surga pengasingannya dahulu serta yang terutama adalah buat mengobati keluhan penyakit yang dirasakan oleh Ni Luh.

Yaaa,..

Sehabis makan malam, dia banyak mendengar penuturan yang diceritakan oleh Kinda,..
Tentang perubahan drastis kondisi negeri yang sekaligus menguatkan cerita dari pakde Surjana sekeluarga.

Dia akhirnya juga tahu, bahwa saat ini dirinya sudah tidak lagi berada di wilayah kekaisaran Gunumlatar namun ada di kekaisaran Muderakali.
Oleh karena itu, dia mengaitkan informasi tersebut dengan kenangannya dahulu saat digondol oleh kakek Harimau Sakti,..
Dimana saat siuman dia seperti merasa melewati dahan pohon-pohon besar, termasuk menyeberang sungai yang luas ditepi air terjun dengan cara dibawa melompati batu-batu besar yang menonjol dan banyak berserakan di tengah air sungai.

Kenangan itulah yang membawa dirinya menggumam sendirian sebagaimana tadi.

Kinda juga banyak bercerita soal keadaan dunia persilatan dimasa ini, dimana pada hampir semua wilayah kedua kekaisaran dikuasai oleh partai gagak tombak.
Dan menurut sumber terpercaya yang didapat Kinda,..
Disebutkan bahwa partai tersebut secara teknis dipegang oleh wakil ketua mereka yang berjuluk Cakar Maut Pembelah Raga.

Konon,..
Semenjak kekuasaan partai diserahkan kepada orang ini yang dulunya adalah memegang jabatan Panglima?
Partai tersebut tumbuh dengan pesat sekali.
Karena disamping ilmu silatnya sangat tinggi, dia juga mempunyai bakat dasar otak encer dan kecerdikan.
Sehingga si wakil ketua ini setelah menguasai dunia persilatan wilayah Gunumlatar, dia berekspansi dan berhasil melebarkan sayapnya ke wilayah kekaisaran Muderakali.

Sebagai bukti kecerdikannya, dia membangkitkan patriotisme partainya yang berada baik di kekaisaran Gunumlatar dan juga demikian di kekaisaran Muderakali.
Padahal faktanya, orang-orang partainya tidak pernah dia perintahkan maju ke garis depan medan peperangan.
Hal itu sebenarnya dia lakukan semata-mata untuk semakin memperuncing pertikaian antara dua kekaisaran beserta semua rakyat kedua belah pihak.
Keuntungan yang dia dapat tentunya sangatlah luar biasa, yaitu partai mereka bisa dirangkul oleh masing-masing kedua negeri,..
Karena dianggap sebagai partai paling kuat dan patriotik yang oleh karenanya mereka memperoleh kepercayaan untuk mensuplai prajurit handal serta mendapat pengakuan dari kaisar, untuk membuka sekolah pendidikan ilmu olah kanuragan.
Adapun para lulusannya nanti akan ditempatkan menjadi penjaga keamanan kota-kota dan memperoleh gaji tetap.

Tentu saja masyarakat berduit, berbondong-bondong menyekolahkan anak-anak mereka kesitu meski biayanya diluar nalar.
Karena masyarakat elit tersebut akan merasa bangga digolongkan sebagai anggota keluarga besar sekolah terkenal.
Disamping pamor diperoleh, keamanan mereka juga didapatkan serta masa depan anak merekapun nantinya bakal terjamin.

Bukti kelicikan berikutnya adalah,..
Dia dan partainya dipercaya kedua belah pihak kekaisaran untuk menyediakan atau menjual segala peralatan perang, termasuk senjata, kuda perang, dll.
Semua sangatlah berjalan mulus, karena dia juga “memegang” hampir semua pejabat pemerintah pusat serta daerah di kedua kekaisaran.
Yang menentang tentunya akan mereka hilangkan.

Pendekar Dibalik LayarTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang