Bab 6

281 88 52
                                    

Pov NAJAENDRA

Gue Najaendra. Cowok 25 tahun yang udah sering ditanya kapan nikah sama orang tua.

Oh, c’mon!

Hari gini umur 25 tahun itu lagi seneng-senengnya menikmati masa lajang, menikmati masa kerja dan yang pasti having fun sama temen.

“Jaendra, kamu tau kan kenapa mami sampai harus ke sini?”

Itu pertanyaan konyol yang gue denger dari nyokap setelah berbulan-bulan nggak ketemu. Orang tua datang ke rumah memangnya karena alasan apa lagi selain kangen sama anaknya..

Oh ya gue lupa. Mereka nggak anggap gue sepenting itu, kecuali gue mau nerusin perusahaan ekspor meubel yang dikelola keluarga bokap di Surabaya.

“Mom, nanti kalo papa udah bener-bener pensiun, Jae baru ke Surabaya. Sekarang papa masih bisa urus sendiri ‘kan?”

“Tapi kamu harus belajar dari sekarang biar nanti nggak kaget, Jae. Jangan suka gampangin. Apa kamu harus nunggu papi jompo dulu baru kamu mau pindah ke Surabaya?”

“Aku nggak pernah gampangin, Ma. Aku tau itu bukan perkara mudah. Tapi sekarang aku masih pengen kerja-”

“Berapa sih gaji kamu? Udah jelas ngurus usaha sendiri jauh lebih menjamin finansial kamu ketimbang kerja di sini.”

“Mami nggak lihat?” Gue membela diri dengan menunjuk bangga pada seisi ruang. Rumah mewah dua lantai yang selama ini gue tempati sendiri. Lalu tangan gue merentang ke arah garasi dimana ada dua mobil dan dua motor sport terparkir dengan begitu gagahnya.

Iya. Meskipun nyokap udah punya rumah di Jakarta, bukan berarti gue nggak butuh aset untuk diri sendiri.

Dan inilah hasil kerja keras gue. Gue bangga meskipun bakalan kalah dibanding kekayaan bokap gue yang nggak habis tujuh turunan.

“Itu aja?” Nyokap nggak bisa berhenti mencibir pencapaian gue. Baginya, aset seperti ini masih dinilai sebatas remahan kerupuk di toples kosong.

“Kamu bisa dapetin jauh lebih besar dari ini kalau kamu mau nerusin usaha papi.”

Gue menuntun pelan lengan mami untuk duduk di sofa biar bisa sedikit kalem. Kasihan juga kalo terus-terusan naik tensi gara-gara punya anak nggak nurut kaya gue.

Gue ikut duduk di samping nyokap. Bicara dengan lebih tenang supaya beliau nggak lanjut emosi.

Gue raih tangan mami. “Mami tenang aja. Nanti kalo aku udah nikah, aku bakalan pindah ke Surabaya. Okey?” Gue mencoba negosiasi sama ibu ratu negara.

“Yaudah mami cariin jodoh buat kamu sekarang. Kamu nikah besok. Lusa kamu pindah ke Surabaya!”

What the hh—?!

Spontan gue ketawa dengan ide konyol nyokap gue. Seenak jidat ngomongin jodoh.

I’m too young to marry, Mom. 25 years feels like I’m five. Nanti pasti ada waktunya. Jangan suka maksain gitu, Mi. Nggak baik.”

Ya, meskipun gue suka ngajakin Kara nikah, bukan berarti gue mau ajak nikah cepet-cepet. Bagi gue, umur 25 tahun itu masih terlalu muda buat jadi kepala keluarga.

Masa depan gue masih panjang. Masa lajang gue juga masih bisa gue nikmatin sebelum akhirnya gue harus bisa membahagiakan anak orang.

“Bukannya tadi kamu yang bilang sendiri -kamu mau nikah dulu baru ke Surabaya?”

“Iya, tapi aku nggak bilang sekarang.”

Mami mendengkus sebal. Gue bisa lihat raut kecewanya setiap datang ke rumah.

NAJAENDRATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang