[ 034 ]

406 76 1
                                    

ketika felix berusia sembilan tahun, ayahnya pergi. pergi begitu saja. dan tidak pernah kembali.

ibunya menangis tiga minggu penuh dan bilang pada rachel kalau ayahnya butuh waktu. rachel bertanya apa ayah akan kembali, ibu bilang dia tidak tahu.

ayahnya kembali. dua bulan kemudian.

ia meminta maaf pada semuanya. mencium ibunya dengan penuh cinta. membelikan mainan untuk felix. boneka untuk rachel.

ia mengajak semuanya jalan jalan kemanapun yang mereka inginkan. felix sangat sayang ayahnya dan takut ayahnya akan menghilang lagi tiba tiba.

felix takut karena ia tidak tahu kenapa ayahnya pergi. atau kemana ayahnya pergi.

ayah bilang dia mencintai mereka. ayah janji ia merasa sangat bersalah dan meminta maaf.

dan ayahnya menghilang lagi.

ayah pergi. pergi. dan pergi lagi. terlalu sering hingga felix berusia tiga belas tahun.

itu tak lagi menjadi kejutan yang menyenangkan. mulai kesal tiap kali ayahnya pulang. kesal karena ayah hanya datang dan pergi dan membuat ibu menangis lagi.

felix mulai tidak percaya dengan semua maaf dari ayah. mulai membenci tiap kali ayah membelikan sesuatu untuk mereka. atau mungkin membeli 'cinta dan maaf' mereka.

itu terasa menyakitkan. seperti ayah melakukan itu hanya karena merasa bersalah. felix membenci itu lebih daripada ketika ia membenci ayah yang menghilang tiba tiba.

saat felix berusia dua puluh satu tahun, ibu sakit keras. ayah sudah pergi selama setahun setengah. felix tidak bicara pada ayahnya empat tahun terakhir.

tapi ketika ibu sedang dalam masa kritis, felix memohon ayah untuk pulang. berharap ayah pulang, demi ibu mereka. berharap ayah pulang dan tidak akan pernah pergi lagi.

ayah pulang. ayah tidak pergi lagi. felix berusia dua puluh dua tahun dan ayah masih bersama mereka. kesehatan ibu tidak membaik tapi setidaknya keluarga mereka utuh.

itu adalah waktu paling lama keluarga mereka terasa lengkap dalam beberapa tahun terakhir. kebahagiaan keluarga mereka membaik, seiring dengan kesehatan ibu yang memburuk

felix berusa dua puluh tiga tahun ketika ayah menyerah. ayah tidak sanggup melihat orang yang dia cintai perlahan akan menghilang dari sisi mereka.

ayah meninggalkan ruangan. rachel menahan felix yang hendak mengejar, menenangkan felix yang terus berteriak mengumpat, berharap ayah tidak seperti ini, tidak untuk ibu, tidak untuk felix.

"sudah felix, dia akan selalu pergi." rachel bilang dengan tenang meski air mata mengatakan hal yang sebaliknya.

ibu meninggal beberapa minggu kemudian. felix pikir itu lebih karena hatinya yang patah hati. bukan karena penyakitnya.

ayah datang ke pemakaman. felix hendak menampar ayah. butuh rachel, paman, dan bibi untuk menahannya.

ayah minta maaf. bilang ia akan membayar semuanya. biaya pemakaman. biaya rumah sakit. semua yang mereka butuhkan. seperti ia bisa membeli rasa maaf mereka.

felix sangat emosi. ia tidak ingat apapun setelah itu. ingatannya seperti kabur. mereka pindah ke korea selatan dua bulan kemudian.

ayah menelpon mereka tiap minggu. tidak satupun anaknya menjawab. paman dan bibi masih tetap menjawab, tapi ia tidak memaksa mereka untuk bicara dengan ayah.

tiga minggu tinggal di korea selatan, keduanya masih belajar bahasa baru. rachel baru tahu kalau ia positif hamil. rachel bicara pada felix, "aku harus bicara dengan ayah"

ayah masih berusaha melakukan apapun agar mereka mau memaafkan dengan uang. rachel tidak ingin menjadi beban paman dan bibi. tidak ingin membuat dia dan bayinya dalam bahaya hanya karena ia benci ayah.

kalau ayah ingin dan bisa membantunya, rachel akan mengabaikan perasaan sakit hatinya. ia akan berbaik hati dan mengambil kesempatan saatu satunya yang ia punya.

felix memutuskan untuk pindah tempat tinggal. mengambil dua pekerjaan. mencari apartemen paling murah di kota itu. mengirimkan sebanyak apapun yang ia bisa supaya rachel tidak perlu minta pada ayah.

rachel protes. felix bilang ia tidak akan bicara dengan rachel kalau ia menolak. rachel bertanya apa felix akan pergi meninggalkan keluarga—satu satunya yang rachel miliki—seperti yang ayah lakukan.

itu pertengkaran paling buruk yang mereka alami. mereka sama sama bersalah dengan yang mereka ucapkan. mereka sama sama minta maaf dan sepakat tentang sesuatu.

felix akan membantu biaya hidup rachel dan bbokie yang belum lahir. jika itu tidak cukup, rachel akan minta bantuan pada ayah. hanya urusan rachel dan ayah saja.

felix tidak mau tahu tentang hal itu. atau bahkan melihatnya. atau bahkan mengetahui ayah masih bersama mereka. rachel paham, mereka tidak pernah bicara tentang ayah.

ketika felix berusia dua puluh empat, bbokie berusia sembilan bulan. cantik. menggemaskan. felix sangat menyayanginya.

dia berkunjung saat chuseok. tidak sengaja mendengar kalau rachel tidak pernah bicara pada ayah. tapi dia mungkin akan bicara pada ayah.

karena sejak bbokie lahir, apa yang felix kirimkan tidak cukup untuk mereka.

felix berpikir untuk berhenti kuliah. ketika pulang ia diajak minum bersama seungmin. tidak sengaja mengungkapkan semuanya tentang kondisi keluarga ketika mabuk.

seungmin juga mabuk waktu itu. jadi mereka dengan bodohnya membuat profil felix di situs sugar baby.

felix tidak berpikir rachel sempat bicara dengan ayah. felix tidak tahu. felix tidak ingin bertanya. felix hanya bersyukur dia bisa mencukupi kebutuhan rachel dan bbokie.

felix bersyukur ia masih sempat membantu paman dan bibi. setidaknya meringankan beban mereka meski hanya sedikit. chan tidak tahu semua ini.

TBC

Love is an Open Door ; chanlix ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang