1. HAI, GUE KEJIRA

49 4 3
                                    


"Kakak tau! kakak hanya belum siap, Ra." Lagi-lagi, belum siap di jadikan alasan. Memangnya mau siap di umur berapa? Dia udah dua puluh tujuh tahun loh!

"Aku gak paham sama kakak! Serius gak paham!"

Meracau menjauh, gue memilih duduk di sofa untuk mendinginkan kepala. Sejak kakak tersayang gue pulang dan mengatakan bagaimana ia lagi-lagi menolak lamaran tidak resmi dari seorang pria, hampir membuat kepala ini pecah.

Bayangkan saja, tiga kali. Tiga kali seorang pria sudah mengajaknya menikah, tapi lagi dan lagi di tolak begitu saja. Padahal menurut gue, bang Fahmi adalah seorang yang tampan, baik, mapan dan sayang abis sama kakak perempuan gue ini.

Astagfirullah, lupa. Gue Lientang Kejira, panggil aja Jira atau Keji juga biasanya gue noleh. Nah, yang gue bicarain tadi adalah kakak gue satu-satunya. Anrival Buhmi namanya, panggilannya kak Ri. Setahu gue dia di panggil temennya Anri.

Kakak gue itu bener-bener kejam. Kenapa?

Seperti yang gue udah cerita diatas. Cowok setampan bang Fahmi di tolak, udah tampan plus kaya lagi. Kurang apa coba?

Bang Fahmi Faturahman itu temen kuliah kakak gue. Udah sekitar tujuh tahun mereka berteman, setahu gue udah dua tahun ini katanya mereka pacaran. But, gue denger ini dari bang Fahmi doang. Tiap gue tanya kak Ri, dia cuma 'hem, iya mungkin'.

Tapi gue percaya aja sama bang Fahmi, bukan karena gue di suap. Cuma beberapa kali gue di kasih uang jajan.

Lumayan nambah pemasukan buat gue yang mahasiswa menjelang masa magang alias semester tua.

"Dek! Besok akhir pekan kita pulang ya? Mak kangen katanya."

Kita berdua merantau, tepatnya terpaksa gue ngikut kak Ri di rumah yang di kontrak dia tiga tahun lalu. Awal masa kuliah gue di iringi perdebatan yang berujung terpaksa gue jadi pengikut.

Awal kuliah, gue udah seneng abis. Bagaimana tidak, semasa sekolah dulu hampir tiap hari gue di jajah sama kakak. Pertama, gue gak bisa tuh hang out sama temen lebih dari jam lima sore, alias maghrib udah harus dirumah.

Kedua, gue harus nurut apapun yang sudah dia larang dan kehendaki. Misal, dulu gue dilarang tuh sama yang namanya pacaran, temenan sama cowok sih boleh. Tapi lewat masa introgasi yang ketat cyin. Gimana gak, temen cowok yang bahkan gak pernah gue lihatin batang hidungnya kerumah aja di interview. Udah kayak intel kakak gue tuh, tau aja cowok yang deket sama gue.

Dari itu para cowok kagak mau deket-deket gue karena ribet kalau berurusan sama kakak gue yang over protektif itu. Gue marah? Ya seringlah, tapi namanya mulut kakak gue tuh ada aja. Ya udah bisa di tebak kan? Gue kicep setelah debat sama kak Ri.

Lebih parah poin ketiga, gue layaknya bocah yang gak boleh main sepeda karena takut kulit lecet. Tiap hari selama dua belas tahun gue di anter sama dia. Alhasil sampe sekarang gue gak bisa make sepeda motor buat kemana-mana harus minta anter dia atau naik ojek online.

Ngenes ya?

Awal kuliah, gue udah seneng bakal merantau jauh dari keluarga karena di terima di Universitas Cendrawana. Ini juga sebuah keuntungan dari kekangan kakak gue sih, gue pinter!

Tapi kesenangan itu lenyap saat mendengar kakak gue bahwa dia bakal pindah tugas ke kota yang sama dengan kampus gue berada. Yap, entah sengaja atau gak dia tuh. Akhirnya gue harus tinggal bersama dan batal bebas.

"Jira ada acara kampus kak, kita kan baru balik dari rumah. Masa baru tiga minggu di sini udah pulang lagi?" Liburan semester baru selesai tiga minggu lalu, dan selama liburan gue dan kakak gue memilih menghabiskan waktu di rumah mak.

Mak adalah sebutan gue sama kakak untuk ibu kita. Mak tinggal di sebuah desa tempat gue menghabiskan delapan belas tahun silam di sana.

"Mak kangen, Dek! Kamu gak kangen?" Kalau gue bilang gak, jahat gak sih? Soalnya bener serius nih. Gue bakal ikut seminar yang lumayan penting buat bekal gue magang.

Gue menatap tulus kak Ri, "Kakak pulang sendiri gimana? Seminar ini cukup penting dan aku harus ikut kak. Gak bisa ninggal."

"Gak, kakak gak tega kalau ninggalin kamu sendiri di sini!" Ini nih yang gue gak suka. Hello kakak ku tercinta, adek kecil lo ini udah gede, dua puluh dua tahun bukan umur yang gak tega di tinggal sendiri.

Sayangnya gue gak berani ngomong langsung, "Aku janji gak bakal aneh-aneh selama kakak gak ada. Cuma seminar habis itu balik ke rumah, lagian mau kemana? Aku gak ada temen jalan!"

Temen gue kuliah tuh bisa di hitung jari. Bukan karena kakak gue, tapi gue yang jarang bergaul aja. Di kampus selain gue belajar di kelas, gue jarang ikut organisasi kampus. Gue kurang pengalaman untuk bersosialisasi dalam suatu organisasi yang menurut gue cukup besar dalam kampus ini.

Ya, gue cemen.

"Serius ya? Kamu gak aneh-aneh?" Gue hanya mengangguk, kemudian menyodorkan jari kelingking, "Sip janji kamu kakak pegang, awas sampe langgar!" Ancamnya.

"Terus itu gimana sama bang Fahmi?" Oke, bilang aja gue yang ngebet. Soalnya ini gue ngebet demi hal lain juga.

"Gak gimana-gimana!" Katanya berlalu.

Sabar, Jira. Orang sabar dapet jodoh orang!

"Kak, plis dengerin apa kata aku. Bang Fahmi tuh sayang banget sama kakak! Kenapa kakak gak mau lihat bang Fahmi sebentar aja sih?"

"Kenapa kamu ngebet sih, Dek?" Masa iya gue ngomong sekarang? Eh jangan deh, ntar kakak gue gak jadi pulang terus minggu besok gue gak jadi kencan. "Kamu lagi deket sama cowok?" Tanyanya yang seketika bikin tubuh gue meremang.

Sialan emang muka gue bisa ketebak ya?

== Bersambung==

1422 kata

Ig : ariant_putri

Jum'at, 01-July-2023
PuMa

Jodoh Buat Kakak |TAMAT|Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang