SHAKA • 28

6 0 0
                                    

Kamu tidak perlu egois hanya karena ingin mendapatkan sesuatu. Stay calm.

***

“Abang mau kemana malem-malem gini?” Alhena memasuki kamar kakaknya. Melihat sang kakak yang sedang mematutkan dirinya di depan cermin.

“Mana pake kemeja lagi, rapi banget, terus itu rambutnya, tumben banget dipakein begituan,” lanjut Alhena terkekeh, sembari duduk di kasur Shaka. Ia tersenyum menggoda tatkala Shaka masih merapikan rambutnya menggunakan sebuah produk. Supaya klimis kali ya?

“Abang mau ke rumah cewek Abang.”

“Hah? Siapa?” Alhena tampak terkejut.

Shaka menoleh, sembari mendekati adiknya. “Cewek Abang siapa lagi coba selain Assya?”

“Jadi Abang mau ke rumah Assya? Malem-malem gini? Ngapain?” tanya Alhena tak percaya.

“Bundanya ngundang Abang buat makan malam di rumahnya, Abang enggak enak buat nolak. Lagian Abang enggak lagi ada tugas kan,” jelas Shaka.

“Harus banget malem-malem gini? Alhena sama siapa? Mami Papi belum pulang.” Alhena berusaha meyakinkan kakaknya agar tetap tinggal.

“Iya Abang tau, ini baru jam tujuh malem, sedangkan Mami Papi pulang jam delapan kan? Tapi Abang juga enggak bisa nolak, Al. Kasian, kata Assya ibunya udah masak banyak, udah siapin semua buat Abang, masa Abang seenaknya nolak? Enggak mungkin kan?”

“Terus Abang biarin Alhena sendirian? Kan bisa ngasih alasan.”

“Gini deh, coba kalo Alhena di posisi Assya, Mami udah masak banyak buat cowok Alhena, terus cowok Al enggak datang, gimana perasaan Alhena? Sedih kan? Nahh itu yang dirasain Assya kalo Abang enggak jadi datang. Sebentar ya? Jam sembilan Abang usahain udah di rumah, gimana?” tawar Shaka, Alhena tampak menimbang-nimbang. Bener juga sih, tapi itu bukan Alhena, lagian mana mungkin ibunya akan masak banyak guna menyambut pasangannya kelak?

“Iya, tapi janji jangan lama-lama!”

“Iya, siap. Nanti Abang usahain ya?” Shaka mengembangkan senyumnya, membuat Alhena ikut tersenyum.

“Nanti kalo ada cowok yang deketin Alhena, Alhena bilang ya ke Abang, harus ngelewatin Abang dulu,” lanjut Shaka membuat Alhena badmood.

“Siapa yang mau sama perempuan broken, Bang? Katanya, perempuan yang punya banyak masalah di keluarganya, unworthy to be loved.” Alhena tersenyum nanar. Mengapa dirinya harus terlahir seperti ini?

“No! Kamu enggak boleh mikir gitu. Kamu sempurna, Al. Jangan peduliin opini orang yang cuma bikin kamu overthinking,” ucap Shaka tegas, diraihnya sang adik ke dalam pelukannya.

“Alhena cuma punya Abang. Orangtua kita emang lengkap, tapi Al enggak dapet kasih sayang itu. Cuma Abang yang bisa ngertiin semua keadaan Al, kalo Abang pergi, Al sama siapa Abang? Enggak ada yang bisa terus di samping Al, kecuali Abang. Abang tau itu kan?” Air mata membasahi pipi Alhena, suara Alhena yang bergetar membuat Shaka merengkuh tubuh perempuan itu.

“Jangan mikir gitu, you deserve someone better than me. Kamu layak, Al. Kamu pantas buat dapetin itu. Cepat atau pun lambat, kita punya kehidupan kita masing-masing, kita punya pasangan kita masing-masing. Cuma satu pesan Abang, cari cowok yang bisa ngertiin kamu lebih dari Abang. Cari dia yang bisa nge-treat like a queen kamu, cari dia yang cintanya begitu besar buat kamu.”

“Kamu tau? Kita hanya perlu hidup bersama orang yang mencintai kita, tak peduli seberapa besar kita cinta ke orang, tapi kalo orang itu enggak cinta balik ke kita, ya percuma. Orang bakal semena-mena kalo dia tau kita sangat mencintainya, cintai seperlunya, sayangi seperlunya. Paham kata-kata Abang?”  Alhena mengangguk.

SHAKATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang