SHAKA • 31

4 0 0
                                    

Sebagaimana kamu ingin diperlakukan dengan baik oleh pasanganmu, maka perlakukan baiklah juga dirinya.


***

“Sayang, jalan-jalan, yuk? Mumpung hari sabtu, kamu enggak ada kegiatan sekolah, kan?” Suara berat seseorang dari balik sambungan telepon mengalun dengan indah.

Sedang lawan bicaranya malah masih merasa salah tingkah dibuat oleh sang kekasih.

“Hm?”

“Kok cuma hm? Ayo jalan, kemana aja deh,” bujuk laki-laki di seberang.

Sang perempuan nampak menimbang-nimbang, membuat laki-lakinya menunggu rada-rada cemas. “Iya boleh, Mas. Nanti sekalian ya jam 13.00, ini tanggung mau azan zuhur, gimana?”

“Iya boleh banget, nanti jam setengah satu aku otw ke situ, dandan yang cantik ya. See you.”

***

“Mas? Ini mobil kamu jenis HRV bukan, sih?” ucap Assya sembari memperhatikan interior mobil. Sedari tadi, ia baru menyadari sang kekasih membawa mobil lain.

“Iya, bukan mobil aku sih. Kebetulan di rumah nganggur, jadi gas aja. Udah bosen sama si merah.” Dirinya mengangguk mengiyakan.

Assya tahu betul bahwa yang di maksud si merah oleh laki-lakinya merupakan mobil Ferrari-nya yang lebih sering ia gunakan dengan atap terbuka.

Setelah sampai di tempat tujuan, yaitu Mall, mereka memutuskan untuk menonton bioskop terlebih dahulu. Shaka meneguk ludahnya pelan. Bagaimana tidak, laki-laki gagah sepertinya menonton Barbie? Dikatain bocil kompleks ini mah, batinnya.

Demam Barbie kalo kata Assya. Iya sih, lagi booming.

Meskipun di usianya yang tak lagi anak-anak, Assya lebih suka nonton film kaya Upin-Ipin, Barbie, Spongebob, Doraemon, ya intinya kartun-kartun gitu deh.

“Mas, ngobrol yu?” ujar Assya, mereka tengah berada di restoran dekat bioskop, jam tanyang yang mereka pilih masih satu jam lagi.

“Boleh, mau ngobrol apa?”

“Apa ya, deeptalk biasa aja gitu.” Shaka mengangguk.

“Kamu kenapa langsung terima Mas? Mas ganteng ya?” ucap Shaka kelewat pede.

“Ih, bukan kaya gitu. Ngarang banget,” balas Assya sewot. Kenapa sih? Dia yang minta lho padahal.

“Dasar cewek.”

“Enggak, emang Mas aja yang nyebelin.”

“Kamu tuh nyebelin.”

“Enggak ih, jangan kaya gitu.” Shaka panik, pasalnya Assya menampilkan wajah seperti akan menangis. Mirip anak kecil yang tak mendapat apa yang ia inginkan.

“Eh kenapa? Mas bercanda, ayo beli es krim,” ajak Shaka. Pasti manjur nih, doi suka es krim.

“Boleh! Ayo, sekalian pesen makan.” Nahh kan.

***

“Mas? Kalo suatu saat nanti kamu marah, kamu mau aku kaya gimana ngadepinnya? Apa yang kamu harepin dari aku di situasi kaya gitu?” tanya Assya memecah keheningan. Mereka sedang menikmati makanan yang mereka inginkan, walaupun lebih dominan kemauan Assya sih.

“Mas mau kamu sabar kalo ngadepin Mas yang marah. Kamu tau? Mas tipe orang yang kalo marah itu diem aja, jangan diganggu dulu, kasih Mas beberapa menit buat nenangin diri dulu, kamu cukup pantau Mas, kalo sekiranya emosi Mas udah enggak bisa dibendung, Mas bisa aja ngelukain diri sendiri. Kamu yang sabar ya ngadepin Mas kalo marah, tapi Mas usahain enggak akan deh. Kalo kamu? Kamu mau Mas gimana kalo kamu marah?”

Assya mengangguk. “Assya juga sama kok kurang lebih. Kasih Assya waktu, tapi jangan lama, Assya lebih suka dibujuk, bukan malah dibiarin. Kita tetep ada bedanya Mas, Assya cewek, dan Mas tau kan kalo perempuan itu lebih dominan pake perasaan. Nahh, cukup kasih Assya perhatian, kasih sayang, pelukan, kata-kata yang nenangin, Assya pasti udah reda emosinnya.” Shaka paham, bagaimana tipikal perempuan yang ada di depannya ini, pakai kelembutan, kalo enggak dijamin bakal berontak.

“Oke cukup, lanjut ya. Apa yang Mas mau dari hubungan ini? Maksudnya, hal apa yang Mas mau kita bangun di hubungan ini gitu.”

“Mas mau hubungan ini enggak pernah putus. Sampe pada akhirnya kita serumah bareng, kamu yang cukup duduk manis di rumah, Mas yang kerja. Kalo hari libur, kamu pake daster biasa sambil bawa kopi, Mas yang duduk santai di teras sambil baca koran, pake sarung. Mas mau kita terus harmonis, baik sekarang maupun kedepannya. Impian banget, bisa yuk, Sayang?” goda Shaka mengedipkan matanya genit.

“Ih apaan, genit banget jadi cowok!”

“Genit ke cewek sendiri, bukan ke orang lain.” Shaka terkekeh kecil, melihat pipi blushing di depannya membuatnya gemas.

“Udah ah, lanjut ya.”

“Loh kamu belum jawab!” Shaka menampilkan muka tak terima.

“Enggak wlee, cukup Assya dan Allah yang tau,” ujar Assya meledek.

“Mas? Maaf ya Assya mau tanya ini, kapan Mas ngerasa kalo Mas dicintai sama Assya? Atau lebih ke... kapan Mas ngerasa kalo Mas berharga gitu?”

“Mas ngerasa dicintai dan dihargai gitu ya? Waktu kamu ketawa karena Mas, Sya. Kita ketawa bareng, ngabisin waktu bareng, meskipun ke tempat yang sederhana, tapi Mas rasa emang bahagiain kamu emang sesederhana itu. Cukup ajak kulineran, jalan-jalan, udah bikin ksmu seneng. Dan karena kamu seneng, itu lebih bikin Mas seneng. Mas jadi enggak sia-sia buat ajak kamu ke sana-sini. Kamu tau caranya ngehargai orang lain, Mas suka. Mas bangga punya kamu.” Tatapan keduanya bertemu, Shaka yang memulai, bahkan ia enggan untuk mengalihkan perhatiannya sedikit pun.

“Mas... Makasih, Assya juga lovyutu,” ucap Assya menampilkan puppy eyes-nya.

“Ih, kapan Mas ngomong gitu? Enggak wlee.” Assya merajuk, melipat kedua tangannya di depan dada.

“Lovyutu, Sayangnya Mas. Mas mau kita bareng-bareng terus. Mas mau ngabisin masa tua Mas bareng kamu, kamu cepet lulus sekolah dong, biar Mas bisa nikahin.” Assya terbelalak tak percaya.

“Assya masih anak kecil.”

“Masa anak kecil pacaran.”

“Janji ya? Kita sama-sama berusaha buat hubungan yang lebih baik ke depannya. Terima satu sama lain. Bukan Cuma baiknya, tapi kurangnya. Mas terima kamu hadir di hidup Mas, berarti Mas mempersilakan kamu buat ngapain aja di hati ini.”

“Kalo kamu kurang suka sama sikap Mas, kamu bisa bilang. Mas usahain jadi yang lebih baik. Kalo kamu kurang suka semua yang berhubungan sama Mas, kamu juga boleh ngatur semuanya. Apa pun Mas lakuin buat kamu, selagi bukan jarak, Mas tolak dengan tegas.”

“Kalo nanti Assya tiba-tiba minta udahan gimana?”

“Ya berarti Mas perlu ambil tindakan. Kalo Mas enggak bisa milikin kamu, berarti enggak ada juga orang lain yang bisa milikin kamu. Mas bakal cari dulu letak permasalahannya. Terus bunuh.”

“Serem, mainnya bunuh-bunuh, enggak baik tau! Nih pak ustad liat nih.” Shaka tertawa, membuat Assya turut menyunggingkan senyumnya.

“Gini terus ya, Sayang. Jangan langsung percaya ke orang lain. Kalo bisa kamu obrolin dulu sama Mas, jangan langsung dari orang. Kita bicarain bareng-bareng, cari solusi buat nyelesaiinnya gimana. Kalo ada masalah, bukan hubungannya yang selesai, tapi bang permasalahannya, bukan orangnya. Paham?” Assya mengangguk. Ini yang ia suka dari sosok Shaka, ia tegas dalam hal apa pun, membuatnya sering salah tingkah.

SHAKATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang