... answers!

8.1K 364 44
                                    

Q: Makna dalam menulis cerita bagi seorang 8erdistraksi itu apa?
A: Bagiku pribadi, menulis merupakan salah satu bentuk healing (selain membaca). Lewat menulis, aku bisa ciptakan sesuatu yang bagiku sendiri awalnya nggak mungkin, tapi setelah aku baca tulisanku lagi, jadi kelihatan mungkin dan makes sense. Aku tahu, baik tulisanku dan referensi bacaku masih belum sempurna. Masih banyak yang perlu aku tingkatkan lagi. Masih banyak cela dan koreksi. Tapi, lewat menulis, aku bisa berinteraksi. Lewat menulis pun aku jadi mengenal platform ini dan berkomunikasi dengan pengguna yang lain. Bonus banget bagiku, saat para pembaca merasa terhibur, atau bahkan mengapresiasi. Sesederhana apa pun itu apresiasi kalian, I couldn't be more grafeful.

Q: Dari ketiga karya 8erdistraksi yang udah publish, cerita mana yang paling berkesan?
A: Semuanya berkesan. Dari awal debutku di Wattpad dengan Almost Home, kemudian lanjut ke Pukau, dan yang terakhir 9096 ini, semua punya journey-nya masing-masing. Tapi, kalau aku harus memilih, aku paling enjoy saat menulis "Pukau" karena meskipun salah satu karakternya (Sabrina) punya kepribadian yang sedikit "mendung", bagiku saat menulis "Pukau" itu benar-benar menyenangkan, apalagi kalau udah menulis bagian sudut pandang Parameswara. Jadi hiburan sendiri buatku sih, he he he.

Q: Inspirasi apa yang membuat 8erdistraksi menulis "9096"?
A: Jujur, awalnya, karyaku setelah Pukau itu akan menceritakan tentang kisahnya Arga. Iya, Svarga-nya Arawinda. Tentang sahabat yang ditinggal menikah oleh sahabat yang dicintainya. Ide itu juga nggak tiba-tiba muncul karena aku pun terpacu bikin cerita tentang Arga setelah mendengarkan lagu H-5-nya Juicy Luicy🤣 sedikit plot twist, ya, karena aku benar-benar nggak ada rencana bikin kisah Bumi dan Arawinda. Tapi, karena satu dan lain hal, akhirnya aku memutuskan untuk challenge diri sendiri dengan menulis cerita tentang married couple. Nah, aku berpikir, sosok seperti apa yang membuat seorang sahabat yang udah lama dekat, tinggal jadian saja, tiba-tiba harus berpisah karena salah satunya harus menikah? Dan.. ta-da! Muncul lah karakter "mas Bumi" kalian itu😂

Q: Di 9096, kenapa 8erdistraksi memilih Park Soo-young (Joy Red Velvet) dan Kim Soo-hyun sebagai referensi visual seorang Arawinda dan Bumi?
A: Nggak ada spesifikasi khusus sebenarnya mengenai visualisasi karakter di 9096. Aku memilih Joy karena dia punya tahun lahir yang sama dengan Arawinda (1996). Terlebih, aku salah satu penikmat lagu-lagu Red Velvet dan bagiku, Joy itu salah satu member yang merepresentasikan karakter Arawinda dengan baik; easy going, tapi juga cenderung pemikir, kemudian centil, tapi juga polos. Untuk Bumi sendiri, kenapa Kim Soo-hyun? Well, aku sempat terpikir untuk memvisualisasikan Kim Seon Ho sebagai karakter Bumi. Tapi, setelah aku pikir-pikir, aku pingin Bumi jadi male character yang cuek, tapi juga manis. Rese, tapi juga penyayang. Jutek, tapi juga benar-benar memperhatikan apa yang diucapkannya. Nah, karena bagiku Kim Seon Ho terlalu soft untuk karakter Bumi, alhasil Kim Soo-hyun lah. Di sisi lain karena umur Kim soo-hyun sendiri yang emang udah tergolong mature, aku berpendapat sendiri bahwa Kim soo-hyun tuh Bumi banget. Nggak tahu. Feeling saja. Eh ternyata oke juga kalau aku sandingkan vibe-nya dengan Joy.

Q: Karakter seorang Bumi Adikara itu orang asli atau pure fiksi?
A: Pertanyaan ini banyak banget. Muncul hampir di setiap komen😂 my beloved readers, dengan berat hati, aku harus mengakui bahwa Bumi Adikara itu pure fiksi✨ he he he ya meskipun, jujur, sebenarnya ada satu sosok yang menginspirasiku menciptakan karakter seorang Bumi Adikara. Dari sifat, fisik, pembawaan, aku banyak ambil referensi dari sosok itu. Begitu juga jokes, percakapan, gerak-gerik, sepertinya 90% yang aku alami sendiri di real life, jadi bahanku juga untuk menciptakan dan membangun chemistry antara Arawinda dan Bumi. Aku tetap butuh referensi. So, did I just met the "mas Bumi" in real life? No. Bagiku. Nggak ada yang sesempurna Bumi Adikara. Sekali lagi, aku perjelas, dia hanya fiksi. Bukannya aku mau menghancurkan ekspektasi kalian, tapi percaya deh, masih ada laki-laki baik di luar sana. Dan aku yakin, yang seperti Bumi Adikara juga ada. Semangat kawan-kawan!

Q: Pendapat 8erdistraksi mengenai cerita "9096" dari sudut pandang Bumi?
A: Hmmm.. mengingat sebenarnya "9096" adalah karya yang nggak aku rencanakan, sepertinya menulis POV dari Bumi harus aku pertimbangkan matang-matang. Karena bagiku, karakter Bumi sendiri itu kuat dan cukup membekas. Aku khawatir kalau ada POV dari Bumi, jadi sedikit menggoyahkan atau menghilangkan karakter Bumi itu sendiri. Tapi, bukan berarti nggak mungkin bagiku untuk menulis POV dari seorang Bumi Adikara, ya.

Q: Apakah 8erdistraksi memiliki rencana untuk membuat sequel atau spin-off dari "9096" dengan kisah Gemintang dan Baskara?
A: Banyak juga yang request mereka untuk dijadikan kisah sendiri. Jujur, aku sama sekali nggak keberatan. Kisah di balik sepak terjang Gemintang dan Baskara sampai akhirnya memutuskan untuk menikah juga cukup seru. Cuma.. aku masih belum dapat feel yang benar-benar "click" untuk couple ini. Butuh banyak research dan character development untuk bekalku menulis tentang couple ini. Ditunggu saja kabar baiknya, ya!

Q: Setelah "9096" apa rencana 8erdistraksi selanjutnya?
A: Rencana setelahnya, mungkin aku akan beristirahat. Hiatus mungkin istilahnya. Soal kembali atau tidak, aku pinginnya tetap kembali ke dunia orange penuh inspirasi ini. Terlebih, balik lagi, lewat menulis aku bisa healing. Yang jelas, beberapa bulan ke depan aku akan coba ambil waktu untuk istirahat dan mengorganized sebentar kehidupan di real life, he he he setelah energiku cukup, aku akan siap menulis lagi dan menyapa kalian dengan bacaan baru lagi!

Q: Apakah ada rencana 8erdistraksi merealisasikan karyanya ke dalam bentuk buku?
A: untuk rencana ke depan, pasti ada! Tapi, aku merasa karya-karyaku ini masih jauh dari kata sempurna dan aku juga merasa—aku belum bisa bertanggung jawab penuh dengan karya-karyaku; mendampingi penuh, follow up full tentang kepenulisan. Selain dari segi ilmu, jujur, aku belum punya banyak waktu. Kalian sendiri juga tahu betapa nggak jelasnya jadwal update-ku😣 tapi.. nggak menutup kemungkinan untuk itu! I am looking forward on it. Semoga aku masih diberikan banyak kesempatan di waktu yang akan datang.

Sekian sesi Question and Answer pada chapter ini. Semoga membantu, ya, untuk jawaban-jawabannya.

Dengan ini juga, aku menyatakan bahwa karyaku yang ketiga yaitu "9096" resmi selesai. Untuk ke depannya akan bagaimana, aku harap karya ini akan selalu menghibur kalian. Sekecil apa pun itu, sedikit apa pun itu, aku harap saat kalian ingat Arawinda dan Bumi, nggak ada hal lain selain rasa senang di hati dan tenang di pikiran kalian.

Terima kasih untuk apresiasi dan waktu yang sudah kalian luangkan untuk membaca semua ini.

Jaga kesehatan, ya❤️

Regards,
8erdistraksi

9096 (Complete)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang